Liburan di Kota Solo, Ini 5 Tempat Wisata yang Bisa Dijelajahi: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Tengah

Liburan di Kota Solo, Ini 5 Tempat Wisata yang Bisa Dijelajahi: Okezone Travel

LIBURAN Akhir tahun adalah momen yang tepat untuk berwisata. Nah, jika Anda ingin menghabiskan liburan bersama orang-orang terdekat, tidak ada salahnya memilih Solo Jawa Tengah sebagai tujuan wisata Anda. Kampung halaman Presiden Jokowi memiliki banyak tempat wisata yang ditawarkan.

Lalu wisata apa saja yang bisa ditempuh di kota Solo, berikut daftarnya

1. Pasar Triwindu

Tidak lengkap rasanya jika ke Solo melewatkan pasar legendaris ini. Dibangun pada tahun 1939, Pasar Triwindu merupakan surga bagi pecinta barang antik.

BACA JUGA:4 Destinasi di Jakarta yang Terkenal Berhantu, Nomor 2 Sebutan Hantu Wanita Cantik Paling Legendaris

Di Jalan Diponegoro, Ngarsopuro, tak jauh dari Candi Mangkunegaraan, Solo, Anda bisa menemukan berbagai topeng, piring antik tahun 1960, keris, batik, alat rumah tangga, radio tua, jam bekas, patung, lampu hias antik bahkan mainan tradisional jaman dahulu. berupa dakon.

ilustrasi

Pasar Triwindu (pariwisatasolo.surakarta.go.id)

Harga barang yang dijual pun sangat bervariasi, mulai dari ribuan hingga jutaan rupiah.

2. Istana Mangkunegaran

Terletak di Jalan Ronggowarsito, Surakarta, Jawa Tengah. Setelah Pasar Triwindu, Anda bisa mengunjungi Istana Mangkunegaran. Tempat ini merupakan istana resmi Kadipaten Praja Mangkunegaran dan tempat tinggal para penguasanya.

BACA JUGA:Indonesia adalah tujuan wisata paling populer bagi warga Australia, mengalahkan Inggris dan Amerika

Untuk melihat lebih dekat Keraton Mangkunegaran yang masih digunakan hingga sekarang ini, wisatawan hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk melihat seluruh isi keraton dan mempelajari sejarah di balik keraton tersebut. Jika beruntung, Anda bisa menyaksikan acara seni dan budaya yang sering berlangsung. Keraton ini terdiri dari dua bangunan yaitu Pendopo Agung, Paringgitan, Agung Dalem dan Bale Warni.

3. Pasar Klever

Selain Pasar Triwindu, wisata kuliner Pasar Klewer wajib dilakukan saat berkunjung ke Solo. Pasar Klewer bukan hanya pasar tekstil terbesar di kota Surakarta dari segi makanan.

Di pasar ini Anda akan menemukan berbagai macam kain dan pakaian. Namun yang paling dikenal adalah jenis kain batik yang berbeda. Diantaranya adalah tie-dye solo tulisan tangan, tie-dye stempel, tie-dye antik istana, tie-dye pantai solo palace, dan tie-dye solo putri. Pasar Klewer terletak di Jalan Supit Urang, Surakarta, Jawa Tengah.

Baca juga: Peduli Pejuang Kanker Donasi Rambut Bersama Lifebuoy x MNC Peduli Sedang Berlangsung!

4. Museum Batik Danar Hadi

Jangan lewatkan wisata edukasi dengan mengunjungi Museum Batik Danar Hadi yang terletak di Jl. Slamet Riyadi, Surakarta, Jawa Tengah berada.

Buka dari pukul 09.00-17.00 WIB, Museum Batik Danar Hadi menyimpan koleksi kain tie-dye yang sudah mencapai 10.000 helai dan telah diakui dan dianugerahi banyak penghargaan sebagai hasil ketekunan, kerja keras dan kecintaan terhadap tie-dye dan pelestariannya. .

ilustrasi

5. Kampoeng Batik Laweyan

Penduduk desa ini diketahui sudah lama menggeluti industri kain. Tepatnya, sejak abad ke-14, warga Desa Laweyan sudah banyak membuat kain berkualitas tinggi.

Jika Anda datang ke sini, Anda bisa mencoba membuat kegiatan seru berupa tie-dye dan mendapat bimbingan langsung dari masyarakat Laweyan yang sudah mengetahui cara membuat tie-dye.

Anda juga bisa membawa beberapa kain yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk kerabat atau teman terdekat Anda. Setelah lelah berkeliling, pengunjung Kampoeng Batik Laweyan juga disuguhi banyak makanan tradisional yang disajikan dalam bentuk buffet.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button