Taman Tebing Breksi Prambanan, wisata murah dan indah di Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Taman Tebing Breksi Prambanan, wisata murah dan indah di Jogja

Taman Tebing Breksi JogjaTaman Tebing Breksi

Eksotisjogja.com : Tidak jauh dari kompleks candi Prambanan terdapat tempat yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Bentuk alam Taman Breksi atau Tebing Breksi sangat menarik bagi wisatawan. Kawasan wisata ini terletak di desa Sambirejo, Sleman Yogyakarta.

Karena bentuknya yang unik, Taman Tebing Breksi merupakan salah satu tempat wisata di Sleman Yogyakarta, namun sebelum menjadi tempat wisata, kawasan ini merupakan kawasan pertambangan yang menjadi mata pencaharian warga sekitar.

Warga Sambirejo pernah menambang di kawasan tersebut, kemudian pemerintah setempat melarang mereka melanjutkan penambangan karena ditemukan sejenis tufa yang merupakan hasil endapan vulkanik. Jenis batu ini hanya dapat ditemukan di tebing Breksi dan di sekitar Danau Toba.

Sejak aktivitas pertambangan di desa Sambireno dilarang oleh pemerintah, kawasan tebing breksi akhirnya berubah menjadi tempat wisata. Pengunjung dapat menaiki tangga untuk mencapai puncak tebing dan menikmati pemandangan yang indah. Warga sekitar yang dulunya berprofesi sebagai penambang kini beralih ke bisnis terkait pariwisata yang sudah dibuka.
Taman Tebing BreksiTaman Tebing Breksi

Salah satu spot terbaik yang sering menjadi spot favorit wisatawan adalah tangga yang berfungsi sebagai akses menuju puncak tebing dan taman melingkar di samping tebing. Dengan latar belakang putih kontras yang sering ditampilkan dan berbagai efek warna ditambahkan pada foto, kemudian diposting oleh Instagramer dan pengguna media sosial lainnya. Pemandangan di tebing juga sangat beragam, seperti menghadap ke candi-candi seperti Candi Barong dan Candi Ijo.
Taman BreksiTaman Tebing Breksi

Selain Taman Tebing Breksi, warga pengelola kawasan wisata juga sedang merencanakan pengembangan wisata ini. Seperti pengembangan lahan parkir dan juga penyiapan lokasi camping yang dapat menarik perhatian pengunjung yang menyukai camping. Pengelola wisata juga merencanakan pembangunan kebun padang rumput sebagai wisata tambahan.

Masuk ke kawasan wisata ini gratis, pengunjung hanya membayar parkir kendaraan. Tebing Breksi masuk dalam daftar situs yang dilindungi, kini Taman Tebing Breksi menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta.

Instagram:

[instashow source=”#tebingbreksi” direction=”vertical” popup_deep_linking=”true” popup_easing=”ease-in”]

Posting dilihat: 20

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button