Libur Nataru, ribuan turis datang ke Kaliurang - WisataHits
Yogyakarta

Libur Nataru, ribuan turis datang ke Kaliurang

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN – Ribuan orang tercatat sebagai wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Kaliurang, Kabupaten Sleman pada Sabtu (24/12/2022).

Kunjungan didominasi oleh wisatawan keluarga, padahal sebelumnya mayoritas pengunjung adalah rombongan besar yang menggunakan bus.

“Ada 3.840 (wisatawan) yang terdaftar di Kaliurang. Menurut laporan di pintu gerbang, wisatawan keluarga lebih dominan,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid, Sabtu.

Pada libur Natal dan Tahun Baru 2023, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengerahkan puluhan pegawai untuk memantau pergerakan arus wisatawan di beberapa objek wisata.

Baca Juga: Polda DIY Sterilisasi 26 Gereja di Sleman dan Gunungkidul Jelang Natal

Menurut Ishadi, sebaran wisatawan di Sleman masih didominasi di Sleman Timur, yakni Taman Wisata Tebing Breksi dan Candi Prambanan.

Kemudian Sleman Utara mengitari lereng Merapi.

Berisi Tlogoputri Kaliurang, Suraloka, Gardu Pandang, dan Kaliadem.

Sedangkan untuk target di wilayah Sleman Barat dikatakan belum ada peningkatan yang signifikan.

“Wisatawan masih menumpuk di Sleman Utara dan Timur. Sleman Barat tidak mengalami peningkatan yang signifikan. Baru ke depan kami akan mencoba melakukan hal yang sama di Sleman Barat,” kata Ishadi.

Menurutnya, Sleman Barat sebenarnya memiliki potensi wisata yang tak kalah bagus.

Misalnya primadona Sanggar Alam Gamplong, Desa Wisata Gamplong.

Kemudian Watu Jagal di Candi Banyurejo dan Wana Rahayu di Sumberrahayu Moyudan.

“Banyak wisata alam di Sleman Barat yang bisa dikembangkan. Saya kira bisa menjadi wisata alternatif yang memungkinkan nanti, misalnya kalau masyarakat bisa, maka akan kita kembangkan bersama-sama,” kata Ishadi.

Baca Juga: H-2 Natal 2022 Jalur Wisata Kaliurang di Sleman Dicermati Kendaraan Berlebihan

Selain itu, eks Panewu Prambanan itu menunjukkan bahwa situasi pariwisata di Sleman relatif terkendali. Meski wisatawan kini mulai menghuni sejumlah objek wisata.

Tersedia tempat parkir yang cukup dan belum dilaksanakan dalam hal lalu lintas.

Wisata jeep lereng Merapi laris manis

Dardiri, Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) untuk wilayah barat, mengatakan wisatawan yang berkunjung ke Kaliurang pada Sabtu ini sedikit demi sedikit didominasi oleh wisatawan keluarga.

Wisatawan dengan rombongan besar relatif jarang menggunakan armada bus. Kamu masih bahagia. Pasalnya, mayoritas orang yang berlibur di Kaliurang menyewa jeep wisata untuk menikmati keindahan lereng Gunung Merapi.

“Kebanyakan naik jeep. Hampir 90 persen naik jeep. Rombongannya agak sepi, tapi kebanyakan turis keluarga. Mereka sudah berdatangan sejak kemarin,” katanya (Tribunjogja.com).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button