Wisata Religi Pemuda Muhammadiyah - WisataHits
Yogyakarta

Wisata Religi Pemuda Muhammadiyah

PWMJATENG.COM, Jepara – Bentuk implementasi program di bidang dakwah, anggota Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Kalinyamatan menggelar ritual keagamaan dan menelusuri perjuangan dari KH. Ahmad Dahlan dan tokoh Muhammadiyah lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, anggota PCPM Kalinyamatan mengunjungi tiga tempat yaitu Masjid Jogokariyan makam KH. Ahmad Dahlan dan Langgar Kidul Yogyakarta. Minggu 21/8/2022 M, 23 Muharram 1444 H.

Usai sholat subuh di Masjid Jogokariyan, rombongan berangkat ke Jl. Karangkajen, Brontokusuman untuk berziarah ke makam KH. Ahmad Dahlan yang jaraknya tidak terlalu jauh.

Setelah perkenalan awal oleh Ketua PCPM Kalinyamatan, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh Frater Arif.

Dimulai dengan target selanjutnya yaitu Langgar Kidul yang merupakan pusat Dakwah KH. Ahmad Dahlan merumuskan dan mendakwahkan cikal bakal mazhab Muhammadiyah modern.

Di sana rombongan bertemu dengan Ikhwan Ahmad, salah satu tokoh KH. Ahmad Dalan. Dia senang menemaninya sebagai bagian dari jalan setapak di sekitar semua tempat bersejarah.

Baca Juga, Rektor UMS Berikan Sepeda Kepada Peserta PMB GO Masta

Kepala Divisi Dakwah PCPM Kalinyamatan Ikhwan Zidjian Patrick Oriodan (Ian) mengatakan: “Alhamdulillah kami Grup PCPM Kalinyamatan berkesempatan mengunjungi para pendiri Muhammadiyah dan tokoh besar lainnya serta ikut ambil bagian dalam perjuangan untuk dikenang dengan sungguh-sungguh dan dengan kerendahan hati. Semoga bisa menjadi tambahan semangat terkait kepemimpinan Muhammadiyah.”

Andika Fajri Mubarrok juga mengatakan pada kegiatan ini: “Ritual keagamaan ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan dan komitmen terhadap Muhammadiyah. Amalan sunnah ziarah kubur mengingatkan kita semua bahwa kita juga akan mati dengan meneladani kebaikan dan perjuangan para tokoh Muhammadiyah, khususnya KH. Ahmad Dahlan dan mendoakan ahli kubur.”

Andika yang juga Mudir/Direktur SBM Ash Shiddiq SMP Muhammadiyah 5 Kalinyamatan, juga mengaku bersyukur anggota PCPM Kalinyamatan memiliki semangat yang sama untuk mengenal Muhammadiyah lebih jauh.

Kontributor: Zidjian Patrick Oriodan

Source: pwmjateng.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button