5 Destinasi Wisata Khas Tapanuli, Sumatera Utara - WisataHits
Yogyakarta

5 Destinasi Wisata Khas Tapanuli, Sumatera Utara

TEMPO.CO, Medan Tapanuli merupakan daerah yang meliputi pantai barat Sumatera Utara hingga pantai Danau Toba dan memiliki beberapa destinasi wisata yang keren. Tapanuli sendiri berasal dari ungkapan “tapian nauli” yang artinya “perairan pemandian yang indah”.

Tapanuli dibatasi oleh dataran Aceh bagian tenggara dan Pegunungan Bukit Barisan yang memisahkannya dari pantai timur Sumatera Utara yang biasa disebut dengan Sumatera Timur.

5 rekomendasi

Mayoritas dihuni oleh orang Batak, berikut sejumlah destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berwisata ke daerah ini:

1. Pemandian air soda Parbubu

Tidak seperti pemandian pada umumnya, Pemandian Air Soda Parbubu memungkinkan pengunjung untuk membenamkan diri di kolam yang airnya mengeluarkan gelembung gas seperti air soda. Selain keunikannya, kandungan air dalam pemandian ini juga dinilai baik untuk kesehatan kulit.

2. Pulau Sibandang

Pulau Sibandang juga dikenal sebagai Pulau Mangga karena di pulau ini banyak terdapat pohon mangga. Namun ada juga yang menduga julukan Pulau Mangga muncul karena bentuk Pulau Sibandang yang menyerupai buah mangga.

Di tempat ini, pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan kain ulos di desa Papende dan menelusuri peninggalan sejarah masyarakat Batak di pulau Sibandang, seperti rumah raja pertama di Sibandang yang berusia sekitar 300 tahun, makam Raja Sorta Uluan, diyakini sebagai raja Pulau Sibandang, di puncak Bukit Sibandang dan situs Partukkoan, diyakini sebagai tempat raja-raja sebelumnya dianugerahkan.

3. Istana Sisingamangaraja XII

Sisingamangaraja XII adalah salah satu raja di tanah Toba yang juga merupakan pahlawan nasional Indonesia atas jasa-jasanya dalam memerangi penjajahan Belanda. Berkunjung ke Tapanuli Utara, wisatawan dapat mengagumi keindahan arsitektur tradisional ala Rumah Bolon atau Rumah Gorga, rumah adat masyarakat Batak, yang juga berisi makam dan informasi sejarah tentang sosok Sisingamangaraja XII.

4. Kawah Sipoholon

Sumatera Utara dikenal memiliki banyak destinasi renang alami. Selain pemandian air soda Parbubu, ada juga Kawah Sipoholon yang terkenal dengan pemandian air panasnya dan keindahan kawahnya yang eksotis yang memanjakan mata dan menyegarkan tubuh.

5. Huta Ginyang

Berada di ketinggian 1.550 meter di atas permukaan laut, Huta Ginjang menjadi destinasi wisata yang tepat bagi pengunjung yang ingin melihat keindahan alam Sumatera Utara dari atas. Di destinasi wisata ini, wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir serta berlatih paralayang.

DELFI ANA HARAHAP

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Keren dan Keren di Magetan, Danau hingga Taman Kota

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button