LIBUR di pantai barat daya jawa ada gempa, khawatir tsunami apa yang harus dilakukan, ini dia tipsnya - WisataHits
Jawa Barat

LIBUR di pantai barat daya jawa ada gempa, khawatir tsunami apa yang harus dilakukan, ini dia tipsnya

DESKJABAR – Pantai Jawa Barat Selatan menawarkan tempat wisata alam yang eksotik untuk dikunjungi saat berlibur.

Maka tak heran jika terdapat berbagai macam destinasi wisata pantai di pesisir selatan Jawa Barat yaitu Pangandaran, Cipatujah, Karang Pawulang, Batu Karas, Santolo, Ranca Buaya, Jayanti, Palabuhanratu dan Ciletuh.

Namun tidak dipungkiri bahwa pantai selatan Jawa merupakan daerah rawan gempa karena letaknya di Lempeng Eurasia dan subduksi Lempeng Indo-Australia yang merupakan patahan aktif.

Jadi jika anda sedang berlibur di pantai selatan Jawa Barat kemudian terjadi gempa dan anda khawatir dengan gelombang tsunami, apa yang harus anda lakukan? Ada tips yang bisa Anda ikuti.

Baca Juga: Polres Bogor Tutup Kasus Pemerkosaan Staf Kemenkop yang Kewalahan, Mahfud MD Putuskan Lanjutkan Kasus

BMKG dalam laporannya menyatakan bahwa sebagian besar tsunami di Indonesia merupakan tsunami lokal yang disebabkan oleh gempa bumi tektonik.

Sehingga masyarakat di daerah rawan gempa khususnya daerah pesisir memiliki peringatan dini alami tsunami yaitu gempa tektonik.

BMKG mengatakan, ketika warga setempat merasakan gempa kuat atau gempa yang bergetar lemah namun dalam waktu yang lama, masyarakat harus segera mengungsi sendiri, tanpa menunggu peringatan dini tsunami atau perintah evakuasi dari pihak berwenang.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut tips sederhana yang bisa dilakukan jika Anda sedang berlibur di pesisir selatan Jawa Barat dan terjadi gempa bumi serta khawatir akan gelombang tsunami.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Kuliner Legendaris Bandung, Mie Kocok H Amsar, Kuah dan Kikil Aslinya Enak

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button