GUNUNG TELOMOYO: Tiket dan berbagai aktivitas - WisataHits
wisatahits

GUNUNG TELOMOYO: Tiket dan berbagai aktivitas

Harga tiket masuk Gunung Telomoyo : Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat : Karangbawang, Nogosaren, Getasan, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, -.

Mendaki gunung tanpa lelah atau pegal-pegal? Kelihatannya aneh dan tidak mungkin, tapi itu sebenarnya bisa terjadi. Gunung Telomoyo yang berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang dapat mewujudkannya. Salah satu tujuan wisata paling populer.

Di sini, mendaki gunung tidak akan sulit. Karena wisatawan bisa mendaki menggunakan kendaraan. Jalan beraspal yang nyaman membentang dari kaki ke atas. Dengan demikian, pendakian gunung dapat dilakukan oleh semua kalangan.

Tiket masuk Gunung Telomoyo

Wisatawan bisa mendaki dengan membayar tiket yang relatif murah. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi, tersedia persewaan kendaraan. Pengunjung bisa memilih jasa ojek, menyewa sepeda motor atau menggunakan jeep.

Tiket masuk
Tiket masuk Gunung Telomoyo Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Kopeng Treetop Semarang

Jam buka

Sirkuit Pendakian Gunung Telomoyo buka setiap hari selama 24 jam. Pengunjung bebas datang ke sini kapan saja. Terutama bagi pengunjung yang ingin berburu pemandangan alam Matahari terbit atau matahari terbenam.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Wisata Gunung Telomoyo

Lapisan awan menghiasi panorama pagi di atas TelomoyoGunung Telomoyo terletak di antara Kabupaten Magelang dan Semarang di Jawa Tengah. Gunung ini menarik sebagai tujuan wisata karena dapat didaki menggunakan kendaraan – Foto: Google Maps / vania pradipta

Kawasan Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung berapi yang ada di Jawa Tengah. Meski begitu, gunung ini tidak pernah tercatat meletus. Kondisinya relatif aman dan bersahabat untuk pendakian. Dengan demikian, sirkuit pendakian sangat populer di gunung ini.

Dengan ketinggian 1.864 meter, gunung ini membentang di dua kabupaten. Kedua kabupaten tersebut adalah Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Lokasinya dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Sumbing dan Ungaran. Oleh karena itu, pemandangan yang tersaji dari ketinggian membuat takjub setiap orang yang berkunjung.

Baca: UMBUL SIDOMUKTI Semarang: Tiket Masuk dan Aneka Kegiatan

jalur pendakian

Kelap-kelip lampu kota Salatiga terlihat dari atasGunung Telomoyo menyuguhkan panorama alam yang megah baik di pagi maupun sore hari – Foto: Google Maps / ANGEN AJI

Untuk memulai pendakian Gunung Telomoyo, ada dua jalur sebagai titik awal. Jalur pertama menuju Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang. Atau bisa juga menggunakan jalur lain yaitu melalui desa Sepakung, kecamatan Banyubiru, kabupaten Semarang.

Pendakian Gunung Telomoyo sempat viral karena ramainya pengunjung. Hal ini tidak mengherankan, karena gunung ini sangat mudah didaki. Daya tarik pendakian di Telomoyo ada pada infrastrukturnya. Di sini pengunjung memiliki jalan beraspal dari bawah ke atas.

Dengan fasilitas yang ada, pendakian juga bisa menggunakan kendaraan. Kendaraan roda dua atau sepeda motor menjadi pilihan paling banyak diminati. Berbagai jenis sepeda motor sebenarnya bisa melewati jalur Gunung Telomoyo yang cukup terjal. Mulai dari sepeda motor matic hingga trail bisa dicoba untuk dicoba rutenya.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana WATU GAJAH PARK Semarang

Siapkan kendaraan

Pengunjung menikmati Air Terjun TelomoyoAir terjun alami kawasan Gunung Telomoyo menjadi salah satu objek wisata di sini – Foto: Google Maps/Three Murjianto

Meski terlihat mudah, pendaki tetap perlu menyiapkan beberapa hal. Yang terpenting adalah kondisi kendaraan yang layak. Tidak ada SPBU untuk mengisi bahan bakar di jalan, sehingga pengunjung harus memeriksa kecukupan bahan bakar. Jangan biarkan kendaraan kehabisan bensin hingga mencapai puncak.

Sedangkan jalur menuju gunung sebenarnya cukup aman bagi pengendara. Namun, ada beberapa waypoint yang cukup rusak. Untuk menghindari masalah, tidak disarankan menggunakan mobil pribadi ke atas.

Bagi yang datang berombongan bisa menyewa jeep disini. Pengunjung cukup memarkir kendaraannya di area parkir yang tersedia. Pilihan ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba sensasi mendaki yang sedikit berbeda.

Baca: Taman Wisata KOPENG Semarang: Tiket Masuk dan Kegiatannya

panorama alam

Pengunjung mengambil foto saat matahari terbitWisata pendakian Gunung Telomoyo dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Tak lagi sulit mengamati matahari terbit bersama keluarga dari puncak gunung – Foto: Google Maps / Yetty Roheety

Selama pendakian, pengunjung akan mengikuti jalan berkelok-kelok menuju puncak. Dari Dalangan, jaraknya sekitar 6,5 kilometer. Sedangkan Jalan Sepakung memiliki panjang sekitar 8 kilometer. Jalur Sepakung diutamakan karena kondisi jalan yang benar-benar mulus.

Baca: 40 Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Sepanjang jalan, pengunjung bisa menikmati panorama di sekitar Gunung Telomoyo. Pada hari yang cerah, gunung-gunung yang mengelilingi Telomoyo dapat terlihat. Jalur ini juga melewati air terjun alami. Wisatawan bisa berhenti sejenak untuk menikmati segarnya air.

Jika Anda terutama ingin menikmati pemandangan, mengendarai jip adalah pilihan yang tepat. Untuk mencapai puncak gunung membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan mobil jenis ini. Perjalanannya lambat dan tenang cocok untuk pengunjung kalangan lanjut usia dan lanjut usia.

Baca: AYANAZ GEDONGSONGO Semarang: Tiket Masuk dan Tempat Selfie

di atas awan

Pegiat gantole meluncur dari lapangan terbang TelomoyoMenyaksikan para penggiat gantole dan paralayang meluncur adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan- Foto: Google Maps/taufik adi

Daya tarik lain dari kawasan wisata pegunungan ini adalah panorama pegunungan di sekitarnya. Di hari yang cerah, pengunjung bisa melihat kemegahan beberapa gunung sekaligus. Gunung Sumbing, Sindoro dan Prau terlihat berjejer di sebelah barat. Di pagi hari, lapisan awan akan membuat gunung-gunung ini terlihat seperti mengambang.

Gunung Telomoyo juga merupakan tempat populer untuk paralayang. Beberapa kejuaraan paralayang dan layang gantung diadakan di sini. Lintasannya merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat para penggiat olahraga ini lalu lalang di sekitar gunung.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CANDI BOROBUDUR

Memasang Gunung Telomoyo

Fasilitas umum yang tersedia sangat terbatas. Sarana dan prasarana yang ada terbatas pada prasarana jalan, pos keamanan dan persewaan jeep. Tidak ada warung atau toilet umum di jalan. Untuk itu, pengunjung disarankan untuk mengemas perbekalan sendiri saat berwisata ke sini.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas di Punchuk Setumbu

Lokasi Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo menempati dua kabupaten, yaitu Magelang dan Semarang. Rute Magelang dimulai dari Jalan Dalangan, Desa Pandean, Kecamatan Ngablak. Jalan ini dapat diakses dari Jalan Magelang-Salatiga. Jalan Dalangan adalah tempat persewaan jeep.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button