Lebih dari 500 atlet berpartisipasi dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Terbuka Bondowoso serta promosi pariwisata - WisataHits
Jawa Timur

Lebih dari 500 atlet berpartisipasi dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Terbuka Bondowoso serta promosi pariwisata

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Bulutangkis di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur berkembang sangat positif.

Selain sejumlah atlet bulu tangkis, Kabupaten Bondowoso berhasil meraih sejumlah kejuaraan. Kali ini pertandingan Bondowoso Open 2022 juga akan dimainkan.

Lebih dari 500 atlet dari berbagai kabupaten atau kota di Indonesia telah memastikan keikutsertaannya di Bondowoso Open 2022.

Mereka akan bertanding dalam kategori dari usia dini hingga veteran di Rudy Badminton Hall GOR, Koncer, Bondowoso.

Pertandingan bulu tangkis Open Bondowoso 2022 berlangsung hari ini, Senin (11/7/2022).

Ketua Panitia sekaligus Ketua PBSI Kukuh Rahardjo mengatakan, berdasarkan data yang dimasukkan, peserta Bondowoso Open 2022 berasal dari Jakarta, Sleman, beberapa kota di Jawa Timur, Bali, dan Mataram.

Menurut Kukuh Rahardjo, pada Minggu (11/6/2022) para peserta mengikuti technical meeting untuk validasi dan technical competition di aula Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora).

Anggota DPRD Kabupaten Bondowoso ini juga menyatakan ada 12 kategori yang dilombakan.

“Ini kesempatan bagi para atlet Bondowoso untuk menegaskan diri dan menambah waktu terbang melawan pemain papan atas dari luar daerah,” katanya saat dikonfirmasi.

Menurut Kukuh, PBSI Kabupaten Bondowoso berharap kejuaraan ini dapat terus menggairahkan dunia bulu tangkis khususnya usia kepelatihan khususnya di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

“Kehadiran bulu tangkis dari luar daerah, termasuk luar provinsi, diharapkan dapat memberikan dorongan dan semakin meningkatkan semangat para atlet Bondowoso,” ujar pria yang juga politisi Partai Golkar tersebut.

Menurut Kukuh, tujuan Bondowoso Open 2022 bukan hanya soal olahraga. Namun menurutnya acara ini juga sebagai sarana untuk memperkenalkan pariwisata Kabupaten Bondowoso kepada para peserta yang berasal dari luar kabupaten/kota hingga luar Provinsi Jawa Timur.

“Kami juga merekomendasikan mengunjungi objek wisata utama saat mengikuti kejuaraan bulu tangkis di Kabupaten Bondowoso,” jelasnya.

Kehadiran ratusan peserta juga menjadi angin segar bagi para pengusaha di Bumi Ki Ronggo. Misalnya akomodasi, penjual kuliner dan masyarakat sekitar.

“Ada yang menginap di Bondowoso di hotel-hotel, penginapan di rumah-rumah penduduk sekitar venue kejuaraan,” jelasnya.

Menurut Kukuh Rahardjo, dalam technical meeting tersebut juga disampaikan bahwa Bondowoso Open 2022 akan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 karena pandemi Covid-19 belum hilang dan masih terdapat kasus di sejumlah daerah.

“Kami juga memberikan deklarasi keamanan dan ketertiban untuk mencegah tragedi yang tidak diinginkan seperti tragedi Kanjuruhan Malang,” katanya.

Sementara itu, banyak destinasi wisata di Kabupaten Bondowoso yang bisa menjadi pilihan liburan para atlet bulu tangkis di turnamen Bondowoso Open 2022. Wisata ini terdiri dari wisata alam, wisata buatan dan wisata desa.

Di antara wisata unggulan di Bondowoso adalah yang ada di Kabupaten Ijen yaitu Kawah Ijen. Kawah Ijen menawarkan pemandangan alam yang langka berupa blue fire atau api biru. Pemandangan alam dari atas juga disuguhkan kepada pengunjung.

Ada juga kawah Wurung. Destinasi wisata alam ini berupa padang sabana yang luas dan disebut juga Bukit Teletubbies.

Selain itu, ada wisata alam Batu So’on Solor. Wisata yang satu ini sangat sukses dan instagramable. Batu So’on disebut juga Stonehenge Van Java karena menyerupai Stonehenge Inggris.

Selain itu, ada juga wisata alam Nagasari; Air Terjun Gentongan, Aliran Lahar Plalangan; Pemandian air panas Blawan; dan Niagara Mini.

Selain destinasi tersebut, para atlet bulu tangkis peserta Kejuaraan Bondowoso Open 2022 juga bisa menikmati rangkaian desa wisata Tirta Agung di Desa Sukosari Kidul Kecamatan Sumber Wringin.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button