Sampak Tegalan, Upaya KST Menegakkan Tujuan Kelestarian Seni Budaya Tegal – Panturapost.com - WisataHits
Jawa Tengah

Sampak Tegalan, Upaya KST Menegakkan Tujuan Kelestarian Seni Budaya Tegal – Panturapost.com

TEGAL – Kampung Seni Tegal (KST) terus bergerak di bidang teater, seni rupa, musik, sastra dan diskusi budaya sejak didirikan pada tahun 2009.

Ketua KST Seful Mu’min berharap Kampung Seni yang bermarkas di Sanggar Kampung Seni Kompleks Objek Wisata (PAI) Pantai Alam Indah ini dapat terus membantu menjaga kelestarian seni budaya.

“Kami berharap kampung seni dapat membantu menegakkan cita-cita seni dan budaya Tegal menjadi pusat pengembangan seni dan budaya Tegal,” kata Seful, Selasa (1/11/2022).

Sebelumnya Kampung Seni Tegal menampilkan Sampak Tegalan bertajuk “Dobolan” karya Seful Mu’min di Sanggar Kampung Seni, Minggu (30/10/2022).

Sampak Tegalan adalah pertunjukan drama berbahasa Tegal yang dikolaborasikan dengan lagu-lagu Tegal dan mengangkat isu sosial sehari-hari masyarakat Tegal.

Dalam kesempatan itu, anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Umar Utoyo mengatakan, kegiatan kesenian di Kota Tegal ke depan bisa lebih besar lagi.

“Kami berharap DPRD dapat berpartisipasi agar lebih banyak lagi kegiatan seperti ini yang akan membuat kesenian Tegal semakin maju,” kata Umar.

Direktur Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tegal Sri Hartari berharap kegiatan di Kampung Seni yang terletak di kompleks Pantai Alam Indah ini dapat dilanjutkan dengan pentas seni lainnya.

“Dalam upaya untuk terus meramaikan Kampung Seni dan memperkaya khazanah dunia seni di Kota Tegal. Sehingga ramainya acara seni di Art Village dapat membantu menarik lebih banyak wisatawan ke PAI,” kata Sri.

Selain pertunjukan Sampak Tegalan, juga ada pertunjukan tari tradisional Balo-Balo dan Kerawitan yang menambah semarak dan semaraknya suasana Kampung Seni yang berlangsung secara online dan offline.

Penerbit : Muhammad Abduh

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button