Layak mendapat pengakuan, Desa Wisata Bangsring memamerkan pendidikan dan wisata berbasis konservasi - WisataHits
Jawa Timur

Layak mendapat pengakuan, Desa Wisata Bangsring memamerkan pendidikan dan wisata berbasis konservasi

Jumat 30 Desember 2022 | 11:17 WIB

| penulis :

Buku catatan : beruntung s

banyuwangi, InfoPublik – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberadaan Desa Wisata Bangsring (Bangsring Underwater) di Banyuwangi, Jawa Timur yang merupakan objek wisata berbasis edukasi dan konservasi serta dikelola sepenuhnya oleh pemerintah kota.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau Desa Wisata Bangsring di Kabupaten Banyuwangi, Kamis (29/11/2022). Menparekraf melihat langsung daya tarik desa wisata yang memiliki pantai pasir hitam dan pemandangan Selat Bali.

Menparekraf Sandiaga juga berkesempatan menuju rumah terapung tempat wisatawan bisa memberi makan ikan di laut. Menparekraf juga menanam terumbu karang untuk meningkatkan kelestarian lingkungan.

Bangsring Underwater (Bunder) merupakan objek wisata bahari berbasis edukasi dan konservasi seperti : Seperti penanaman terumbu karang, perlindungan pantai, penanaman mangrove dan pembuatan terumbu karang buatan. Diharapkan semua kegiatan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik, sehingga berdampak pada perekonomian masyarakat sekitar Desa Wisata Bangsring.

“Di sini terlihat transformasi nelayan yang kini beralih menjadi pelaku wisata selam dan sudah memiliki sertifikat. Ini akan kita atasi dengan lebih banyak pelatihan pendampingan yang bermitra dengan masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan mendukung pariwisata di Desa Wisata Bangsring melalui program dukungan pengembangan desa wisata melalui program BetiDewi (Beli Desa Wisata Kreatif) dan ADWI (Penghargaan Desa Wisata Indonesia), serta mendukung ekonomi kreatif, mempromosikan pelaku kreatif, pemajuan kekayaan intelektual, AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia), planogram dan orientasi aktor kreatif juga marketplace.

“Kami berharap Desa Wisata Bangsring ini menjadi juara sehingga kami berharap masyarakat semakin termotivasi. Inilah esensi dari hadirnya sektor yang membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan harapannya dengan kerjasama kita, Desa Wisata Bangaringini akan mendukung desa wisata yang berwawasan pendidikan dan konservasi,” kata Sandiaga.

Hadir pula Menparekraf Sandiaga, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Erwita Dianti, Direktur Pemasaran Wisata Nusantara Kemenparekraf Kemenparekraf, Dwi Marhen Yono, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Biro Kebudayaan , M. Yanuar Bramudya.

Foto: Istimewa/kantor komunikasi

Anda dapat mengirim ulang, menulis ulang, dan/atau menyalin konten ini asalkan sumbernya disebutkan InfoPublik.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button