Pesona Pantai Siung di Gunung Kidul, Panorama Laut Yang Eksotis Dibalik Tebing Raksasa - WisataHits
wisatahits

Pesona Pantai Siung di Gunung Kidul, Panorama Laut Yang Eksotis Dibalik Tebing Raksasa

Panorama laut yang megah di balik Grande Falaise membuat Pantai Siung sebagaiSaya adalah objek wisata populer di Gunung Kidul.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Siung merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di kawasan Gunung Kidul. Keindahan alam yang disuguhkan pantai ini cukup memesona bagi siapa saja yang melihatnya. Oleh karena itu, ketika Anda datang ke pantai ini, akan sangat cocok jika Anda mengajak keluarga atau teman-teman tercinta. Dijamin, liburan Anda akan semakin seru.

Tidak hanya indah, pemandangan alam pantai ini juga sangat unik. Banyak sekali spot yang tidak ditawarkan oleh tempat wisata lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai yang satu ini mampu membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara ingin berlibur di pantai ini. Dengan demikian, kawasan Gunung Kidul pun semakin dikenal masyarakat.

Bagi pecinta wisata alam, Anda akan merasa rugi jika belum pernah mencoba menghabiskan waktu liburan di pantai ini. Oleh karena itu, segera rencanakan untuk mengunjungi pantai yang satu ini. Namun, sebelum berkunjung, Anda perlu mengetahui berbagai informasi tentang pantai. Berikut berbagai jenis informasi terkait tempat wisata di Pantai Siung.

Atraksi Pantai Siung

Aktivitas Pantai SiungKredit gambar: Google Maps Ilham Nanda

1. Batu Raksasa

Saat menghabiskan waktu di pantai ini, pengunjung akan melihat batu-batu raksasa dan jumlahnya banyak. Lokasi batu raksasa ini tersebar di pesisir timur dan barat. Keberadaan bebatuan tersebut bahkan menjadi ciri khas pantai yang satu ini. Keberadaan batu karang ini juga membawa makna dari asal muasal nama pantai tersebut.

Menurut tokoh setempat, bentuk bongkahan batu raksasa itu mirip dengan gigi monyet atau kera. Oleh karena itu, tempat ini disebut Pantai Siung. Juga, jika Anda beruntung, Anda mungkin melihat monyet ekor panjang berkeliaran di sekitar pantai. Monyet-monyet ini semakin langka dan hanya muncul saat pantai tenang.

2. Habitat Penyu

Pantai ini merupakan habitat satwa yang dilindungi yaitu penyu. Pengunjung dapat melihat dan memberi makan penyu di sini. Namun, pengunjung juga disarankan untuk tidak merusak ekosistem dan habitat penyu. Karena hewan ini sangat dilestarikan.

3. Matahari terbenam

Salah satu atraksi yang wajib dilihat ketika mengunjungi pantai ini adalah pemandangan matahari terbenam. Momen tersebut bisa Anda nikmati di sore hari sebelum pulang ke rumah. Suasana romantis juga akan terasa saat melihat sunset di sini. Oleh karena itu, ajaklah pasangan Anda untuk menikmati momen ini bersama-sama.

4. Pasir pantai

Atraksi Pantai Siung LainnyaKredit gambar: Google Maps Hilda Lesmana

Pasir yang ditawarkan pantai ini adalah pasir putih yang sangat indah. Pasir ini juga sangat menggoda untuk dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan kreativitas dan ide-ide baru. Anda bisa membentuk berbagai replika bangunan dengan pasir putihnya. Juga, jika Anda mengajak anak kecil bermain pasir. Mereka pasti akan sangat senang.

5. Tebing

Tebing yang menjulang tinggi menjadi salah satu keunikan dari tempat wisata Pantai Siung ini. Tebing ini terletak di sisi kiri pantai. Tebing ini pertama kali populer karena sering dijadikan wahana pendakian para pecinta alam di Jepang. Akhirnya, pemerintah setempat mulai menyadari potensi tebing ini.

Oleh karena itu, pemerintah setempat mulai mengembangkan potensi tersebut dengan membangun jalan setapak yang menyerupai jembatan. Jalur ini berguna untuk membawa pengunjung ke puncak tebing. Nah, dari atas tebing kamu bisa menikmati pemandangan pantai di bawahnya yang luar biasa indah.

Alamat dan Petunjuk Menuju Lokasi Pantai Siung

Alamat Pantai SiungKredit gambar: Google Maps Fakhrizal Atma

Lokasi pantai ini cukup bagus dan mudah diakses oleh pengunjung. Pantai Siung terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Khususnya di Duwet, Purwodadi, Tepus. Meski mudah dijangkau, akan selalu ada jalan berliku dan naik turun.

Jika Anda melakukan perjalanan yang dimulai dari pusat kota Yogyakarta km ke timur melalui Jalan Panembahan Senopati, terus lurus ke Jalan Raya Jogja. Setelah itu lurus terus melalui Jalan Kusumanegara. Saat sampai di perempatan, belok ke selatan melalui Jalan Gedong Kuning hingga perempatan berikutnya.

Belok timur di Jalan Wonosari dan terus lurus di sepanjang jalan. Setelah melewati Jalan Jogja-Wonosari, lurus terus sampai perempatan lain dan belok ke selatan menuju Jalan Kyai Legi. Kemudian melewati Jalan Terpus dan Jalan Pantai Sel Jawa. Ikuti jalannya, maka kamu akan sampai di pantai yang satu ini.

Pantai dengan pusat kota Yogyakarta ini memiliki jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar 72,1 km. Jika Anda mengendarai kendaraan bermotor, Anda dapat menempuh jarak ini dalam waktu sekitar 2 jam 5 menit. Anda juga bisa menggunakan peta navigasi smartphone untuk mengantisipasi kerugian di tengah jalan.

Harga Tiket Masuk Pantai Siung Gunung Kidul

Harga Tiket Pantai SiungKredit gambar: Facebook Sunar Mgt

Untuk bisa menghabiskan liburan yang menyenangkan di pantai ini, pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena harga tiket masuknya tidak akan menguras kantong Anda. Untuk pengunjung, akan dikenakan tiket masuk dengan harga 10.000 rupee.

Harga tersebut juga sudah termasuk biaya retribusi untuk 2 pantai lainnya yaitu Pantai Nglambor dan Pantai Jogan. Selain itu, pengunjung juga harus membayar biaya tambahan untuk parkir jika membawa kendaraan pribadi seperti bus, mobil, dan sepeda motor. Kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.000. Sedangkan untuk mobil Rp 5.000 dan bus Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Siung

Aktivitas di Pantai SiungKredit gambar: Google Maps Yusuf Hmzh

1. Memancing

Di Pantai Siung terdapat beberapa spot yang sangat cocok untuk memancing. Anda bisa bertanya tentang tempat memancing kepada beberapa warga disana. Setelah mengumpulkan ikan, Anda bisa membakar dan memakannya langsung di pantai ini. Ini akan membuat ikan bakar lebih enak.

2. Berenang

Di sini terdapat kolam alami yang dapat digunakan sebagai tempat berenang karena bebas dari karang. Kolam ini terbentuk dari gumpalan air dan karang yang hadir akibat gelombang yang masuk. Kolam ini memiliki kedalaman sekitar 1m dan airnya agak hijau karena banyak lumut yang menempel di karang. Kolam renangnya cukup besar dan bisa menampung sekitar 10 orang.

3. Ambil foto Ria

Keeksotisan alam yang terdapat di pantai ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Oleh karena itu perlu mengabadikan setiap momen yang dihabiskan di pantai ini dengan mengambil foto. Dijamin hasil potret Anda akan sangat estetis. Pengunjung juga diperbolehkan melakukan pemotretan prewedding dengan pemandangan alam yang sangat indah di pantai ini.

4. Perkemahan

Jika Anda ingin merasakan udara malam di pantai yang indah ini, Anda bisa mendirikan tenda di area camping di balik batu karang besar. kehidupan malam di pantai ini tenang dan damai. Apalagi akan lebih santai jika ditemani api unggun untuk menghangatkan tubuh. Siapkan juga makanan untuk menemani kegiatan camping Anda agar lebih menyenangkan.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Akomodasi Dekat PantaiKredit gambar: Twitter tiket.com

1. Akomodasi di Bob’s

Penginapan terdekat dari pantai populer di Gunung Kidul ini adalah Bob Home. Anda bisa menginap di sini dengan membayar mulai dari 226.000 rupee untuk satu malam. Fasilitas yang ditawarkan hostel ini antara lain penyejuk udara, akses pantai, parkir, layanan kamar dan masih banyak lagi. Berbagai jenis fasilitas tentu mampu memanjakan pengunjung di sana.

2. Hotel Kukuh Indah

Saat Anda berwisata ke Pantai Siung, Anda bisa menginap di hotel Kukuh Indah ini. Harganya cukup murah, sekitar 115.000 rupiah untuk satu malam. Fasilitas yang bisa didapatkan antara lain parkir gratis, wifi gratis, akses pantai, AC, room service, dll. Tak heran banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih menginap di hotel ini.

3. Asrama Putra Darma

Selain itu, Anda juga bisa menginap di Putra Darma Inn ini. Fasilitas di sini juga tidak kalah dengan hostel lainnya. Misalnya seperti parkir gratis, akses pantai, AC, resepsionis, room service dan lain-lain. Hewan peliharaan milik pengunjung juga diperbolehkan untuk dibawa ke sini. Harga untuk satu malam mulai dari hanya 240.000 rupee.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Siung Gunung Kidul

Fasilitas Pantai SiungKredit Gambar: Google Maps Silica Akatsuki

Seiring dengan semakin populernya tempat wisata Pantai Siung ini, banyak investor yang menanamkan modal untuk memperluas pembangunan di sana. Oleh karena itu, fasilitas pantai ini juga lebih lengkap dan memadai. Hal ini juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan pengunjung yang berlibur di pantai yang satu ini.

Fasilitas berupa mushola telah dibangun di kawasan pantai ini. Dengan demikian, pengunjung muslim bisa beribadah tanpa harus khawatir mencari tempat yang tepat. Selain itu, fasilitas seperti toilet umum juga disediakan. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan karena toilet umum di pantai ini selalu dijaga dan dikelola dengan baik.

Anda juga dapat menemukan restoran di sekitar pantai. Berbagai jenis kuliner juga dijual dengan harga yang bervariasi. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir membawa bekal dari rumah. Fasilitas lain juga ada di pantai ini, seperti paviliun, tempat parkir dan toko suvenir.

Nah, itulah berbagai informasi yang berkaitan dengan tempat wisata Pantai Siung di Gunung Kidul Yogyakarta. Jika Anda berada di Gunung Kidul, mampirlah untuk menikmati keindahan alam pantai ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button