Lantamal III Jakarta memimpin pembersihan laut di Pulau Untung Jawa - WisataHits
Jawa Tengah

Lantamal III Jakarta memimpin pembersihan laut di Pulau Untung Jawa

Ini merupakan bagian dari tugas pokok TNI menurut UU No. 34 Tahun 2004

Jakarta (ANTARA) – Markas Besar TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta mengarahkan kegiatan bersih laut melalui Gerakan Nasional Laut Bersih (Gernaslasih) yang fokus pada unsur Pemprov DKI Jakarta, Polda Metro Jaya, masyarakat, dan pemangku kepentingan ekonomi. di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu.

Wakil Komandan Intelijen Lantamal III. Kolonel Marinir (P) Jakarta Ari Aryono mengatakan, kegiatan Gernaslasih ini merupakan bagian dari rangkaian HUT TNI AL ke-77 yang diperingati pada tanggal 10 Laksamana Yudo Margono setiap tahunnya.

“Ini merupakan bagian dari tugas pokok TNI sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004, termasuk operasi militer non-perang, dimana TNI berperan dalam mendukung pemerintah di daerah, mempersiapkan segala potensi nasional dan menjamin kesejahteraan Rakyat,” kata Ari di Pulau Untung, Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu.

Tugas tersebut tidak hanya diserahkan kepada Lantamal III Jakarta oleh Kasal, namun dilakukan secara serentak di 77 wilayah operasi TNI AL.

“Begitulah seluruh komando teritorial TNI Angkatan Laut yang dipusatkan di Kolinlamil dan didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Laut dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,” kata Ari.

Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong royong, menciptakan semangat persatuan dan kesatuan yang kuat dan kokoh, serta semakin mempererat persatuan TNI AL dengan rakyat.

Merupakan tanggung jawab semua pihak untuk menjaga kebersihan laut dan mencegah pencemaran yang meluas. Oleh karena itu, kata Ari, diperlukan kebersamaan dan gotong royong.

Sekitar 200 orang yang terpantau di TKP serentak membantu membersihkan pantai dan perairan Pulau Untung Jawa.

Di daratan, warga, pejabat kecamatan dan pejabat PPSU dari Desa Pulau Untung Jawa berjalan menyusuri pantai dan memungut sampah yang berserakan.

Sampah yang didominasi oleh kemasan makanan berbahan dasar plastik ini kemudian dimasukkan ke dalam karung yang telah disediakan. Hal yang sama dilakukan di laut dengan metode lain juga.
Sekitar 200 orang melakukan pembersihan sekaligus sebagai bagian dari Gerakan Nasional Laut Bersih pada 77 /9). /2022). ANTARA/Abdu Faisal

Upaya pembersihan sampah laut ditopang empat perahu karet dan tiga speedboat Lantamal III, lima perahu nelayan, satu kapal dinas lingkungan dan satu speedboat polisi.

Personil bergerak dari dermaga pemancingan pulau Untung Jawa ke tengah laut dan memastikan puing-puing yang mengapung terangkut.

Sampah laut, yang sebagian besar berupa kemasan plastik untuk makanan atau minuman, dimasukkan ke dalam jaring dan dimuat ke kapal.

Kemudian sampah tersebut diangkut ke dermaga untuk kemudian ditimbang dan dikelola lebih lanjut.

Gernaslasih bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan menjaga kebersihan laut.

Dengan begitu, sumber daya alam laut yang menjadi andalan pariwisata dan potensi ekonomi warga Pulau Untung Jawa juga bisa terpelihara.

“Misalnya kalau laut dan pantai kita bersih, ini juga bisa menjadi daerah yang memiliki potensi pariwisata, akan menarik wisatawan serta potensi lainnya,” kata Ari.

TNI AL sengaja mengajak unsur Polres Kepulauan Seribu dan Pemerintah beserta masyarakat untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong, khususnya dalam menangani masalah sampah.

Karena masalah sampah tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat luas.

“Intinya kita perlu meningkatkan kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya. Kita berharap, misalnya dari kesadaran masyarakat, sampah kita akan menjaga kebersihan, khususnya wilayah laut kita,” kata Ari.
Wakil Komandan Intelijen Lantamal III Jakarta Kolonel Marinir (P) Ari Aryono menyampaikan pidato di Gerakan Nasional Laut Bersih dalam rangka HUT TNI Angkatan Laut ke-77 Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) III Jakarta di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Rabu (09/07). .2022). ANTARA/Abdu Faisal

Dalam kesempatan itu, Ari menyampaikan apresiasi dan terima kasih dari Panglima Lantamal III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Umar Farouq kepada seluruh pihak di Kepulauan Seribu yang turut serta mensukseskan Gerakan Laut Bersih Nasional 2022 di Pulau Untung. Jawa, agar kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan aman dan lancar.

Wartawan: Abdu Faisal
Penerbit: Ganet Aerospace
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button