Lalu lintas Puncak Bogor normal pada H-2 Natal - WisataHits
Jawa Tengah

Lalu lintas Puncak Bogor normal pada H-2 Natal

kami menerapkan ganjil-genap untuk mobil dan sepeda motor

Kabupaten Bogor (ANTARA) – Lalu lintas kendaraan baik sepeda motor maupun mobil di jalur Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat dilaporkan normal pada H-2 libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 pada Jumat (23/12/2019). 2023). diamati ) malam.

Nampaknya mobil dari arah pintu tol Jagorawi Simpang Gadog arah Puncak Bogor melintas dengan lancar. Begitu juga dengan sepeda motor yang datang dari arah Ciawi dan menuju arah yang sama.

Berdasarkan dinamika harian akhir pekan dan hari libur secara umum, kepadatan lalu lintas di kawasan Puncak Bogor saat ini masih tergolong normal dengan kecepatan rata-rata 20 hingga 40 kilometer per jam.

Kondisi tersebut didukung dengan kebijakan Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Jawa Barat memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem kendaraan ganjil genap di jalur Puncak, Bogor, selama libur Natal dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: Korlantas Polri Prakirakan Kepadatan Puncak Mulai 23 Desember

Baca Juga: Polres Bogor Kerahkan 175 Personel Atasi Kepadatan Di Puncak

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata di Kabupaten Bogor, Jumat mengatakan, penerapan pelat nomor genap dan ganjil mulai Jumat (23/12) pukul 15.00 WIB hingga Minggu (25/12). 12) Pukul 24.00 WIB pada rute Puncak Operasi Lilin Lodaya 2022.

Kemudian minggu depan pada jam yang sama mulai Jumat 30/12 hingga Minggu 1 Januari 2023.

Dicky mengatakan penerapan sistem ganjil genap di Jalur Puncak diatur dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 84 Tahun 2021.

Namun pantauan ANTARA di Simpang Gadog hingga Jumat (23/12) pukul 22.30 WIB, kendaraan berpelat nomor genap masih melintas di jalur Puncak Bogor. Kendaraan yang paling banyak menimbulkan cedera adalah sepeda motor.

Sementara itu, kendaraan yang keluar dari jalan tol terlihat lebih tertib, di mana sebagian besar pelintas memiliki pelat nomor ganjil.

Baca juga: Kemenhub Antisipasi Kemacetan Lalu Lintas di Kawasan Puncak Bogor

Baca juga: Polres Bogor data kepadatan lalu lintas ke tempat wisata mulai berkurang

Dicky menjelaskan, kebijakan pelat nomor ganjil akan mempertimbangkan kondisi kepadatan kendaraan yang jika cukup membuat antrean panjang, akan menggabungkan penerapan sistem ganjil genap dengan sistem satu arah.

“Kami menerapkan genap-ganjil untuk mobil dan sepeda motor,” katanya.

Sebanyak 2.500 pegawai gabungan Polri, TNI, dan Pemda dikerahkan untuk pengamanan dan transportasi selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2022. Polresta Bogor juga menyiapkan 17 posko dan pengamanan jalan untuk Operasi Lodaya Lilin 2022.

Baca Juga: Pusat Oleh-Oleh yang Macet di Solo

Reporter: Linna Susanti
Penerbit : Budi Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button