BMKG prediksi kemarau basah di Bandung bisa menyulitkan air minum - WisataHits
Jawa Barat

BMKG prediksi kemarau basah di Bandung bisa menyulitkan air minum

DESKJABAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan masyarakat di wilayah Kota Bandung perlu mewaspadai musim hujan dan kemarau mulai Juli 2022 karena cuaca menyulitkan perjalanan untuk mendapatkan air minum.

Pemerhati Muda Badan Meteorologi dan Geofisika (PMG) Data BMKG dan Informasi Kota Bandung Yan F. Permadhi Penyebab kekeringan basah ini adalah aktivitas La Nina yang aktif sejak tahun lalu.

Pada musim kemarau dan hujan ini, masyarakat perlu mewaspadai fenomena hidrometeorologi seperti banjir dan angin kencang. Bahkan, bisa terjadi kekeringan di masa depan, sehingga air minum sangat dibutuhkan.

Baca Juga : 2 Destinasi Pangandaran Paling Indah, Eksotis Dan Terpopuler Bagi Wisatawan Asing Yang Merangsang Adrenalin

“Ini yang perlu disiapkan warga,” kata Yan, Rabu di Balai Kota Bandung, Jawa Barat.

Menurutnya, pada hari-hari terakhir seperti 15 dan 16 Juli 2022, Kota Bandung diguyur hujan sepanjang hari seperti yang kita alami pada musim kemarau.

Menurut Yan, fenomena ini disebabkan oleh gelombang suara di Samudera Hindia (IOD) dan gelombang khatulistiwa. Hal ini juga yang menyebabkan kondisi suhu di kota Bandung menjadi lebih dingin dari biasanya.

Dikutip dari Antaranews.com, ia mengatakan: “Di Kota Bandung, dinginnya sekarang 17 derajat Celcius. Bahkan, suhu di Lembang mencapai 14 derajat.

Baca Juga: Sholat Iftitah Terpendek Ini Bisa Dibaca di Sholat Wajib dan Sunnah

Namun, menurut dia, status faktor La Nina sudah mulai melemah. Dia mengatakan perkiraan netralnya adalah untuk September 2022.

Source: deskjabar.pikiran-rakyat.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button