Pantai Tablolong, pantai indah dengan keindahan bawah laut di Kupang - WisataHits
wisatahits

Pantai Tablolong, pantai indah dengan keindahan bawah laut di Kupang

Harga tiket: Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Tablolong, Kec. Kupang Barat, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Salah satu pantai yang sangat direkomendasikan untuk Anda habiskan liburan adalah Pantai Tablolong. Pantai indah ini terletak di sebelah timur Nusa Tenggara, tepatnya di Kupang. Pantai pasir putih ini begitu menarik sehingga menarik banyak wisatawan.

Bahkan, wisatawan yang datang ke tempat ini tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan juga wisatawan mancanegara. Meski terlihat gerah dan gersang, Kupang juga memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, terutama wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Tablolong itu sendiri.

Bagi Anda yang berkunjung ke Kupang, tidak ada salahnya menyempatkan diri untuk mampir ke pantai ini.

Atraksi Pantai Tablolong

Atraksi Pantai TablolongKredit Gambar: Google Maps mengingatkan kehati-hatian

1. Panorama pantai yang sangat bagus

Meski pandemi masih belum berakhir, nyatanya Pantai Tablolong tak pernah sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan daya tarik utama dari pantai ini adalah panoramanya yang begitu indah.

Pantai ini berbatasan dengan Pulau Rote dan Pulau Timor. Pemandangan alam yang bisa Anda temukan di tempat ini sungguh menakjubkan. Pantai membentang dari barat ke timur. Memiliki pasir putih yang begitu halus dan cukup luas. Di pinggirnya, Anda akan menemukan gazebo atau disebut juga dengan lopo-lopo. Anda bisa menggunakan gazebo untuk bersantai.

Karena ombak di pantai ini tidak terlalu besar, maka pantai ini cukup aman untuk berenang. Air lautnya juga terlihat jernih dan biru. Yang membuat banyak wisatawan betah berada di tempat ini adalah angin kencang dan ombak yang begitu menenangkan.

Di sekitar pantai sendiri Anda akan melihat pohon Centigu yang tumbuh subur di sekitar bebatuan. Pohon ini memang unik dan termasuk dalam kelompok semak yang cukup populer dan banyak dicari.

2. Tempat memancing yang nyaman

Daya tarik selanjutnya yang membuat pantai ini begitu populer di kalangan wisatawan adalah di tempat ini Anda bisa berlatih kegiatan memancing. Lokasi Pantai Tablolong memang sangat cocok untuk dijadikan arena memancing.

Bahkan, tidak hanya secara nasional, setiap tahun kegiatan penangkapan ikan berskala internasional kerap digelar. Garis pantai memang terbentang sejauh 10 mil dan termasuk dalam jalur migrasi ikan seperti yang telah disebutkan di atas.

Tidak jarang beberapa spesies ikan ini terjebak dan bersembunyi di bebatuan sepanjang pantai. Selain itu, posisi pantai Tablolong yang berada di depan Pulau Semau menjadikannya sebagai tempat berlindung ikan saat hujan.

Oleh karena itu, sangat wajar jika lokasi pantai ini sering dijadikan sebagai tempat memancing dan sebagai ajang kompetisi mancing internasional dan nasional.

Selain kaya akan keanekaragaman ikan, pantai ini juga dikenal sebagai penghasil rumput laut terbesar di Nusa Tenggara Timur. Untuk itu, jangan heran ketika Anda berkunjung ke tempat ini akan banyak ditemukan rumput laut yang tersebar di sepanjang garis pantai.

Atraksi di Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps Anindita Saktiaji

3. Keindahan Bawah Air

Keindahan bawah laut yang ditawarkan Pantai Tablolong juga mampu memukau siapa saja. Anda yang ingin menyaksikan sendiri keindahan ini, maka Anda bisa snorkeling di pantai ini.

Nantinya Anda akan disambut dengan pemandangan terumbu karang yang begitu eksotis, berwarna-warni dan dengan berbagai jenis ikan. Di pantai ini sendiri setidaknya terdapat 3 spot untuk para wisatawan diving. Tempat-tempat ini termasuk Tabui, Dalam dan Beatri. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari bibir pantai.

4. Keindahan matahari terbenam

Saat Anda berada di Pantai Tablolong, Anda juga bisa melihat indahnya matahari terbenam yang ditawarkan tempat ini. Menyaksikan pergantian hari di pantai ini benar-benar akan membuat Anda merasa takjub dan takjub. Anda bisa melihat warna jingga berapi-api melintas di cakrawala.

Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke pantai ini hanya untuk melihat sunset. Kebanyakan dari mereka datang bersama keluarga atau pasangannya. Karena saat itu moodnya benar-benar romantis.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai TablolongKredit Gambar: Google Maps mengingatkan kehati-hatian

Jalan menuju Pantai Tablolong tidak terlalu sulit. Tempat wisata ini bisa Anda capai dari pusat kota Kupang. Namun perlu Anda ketahui bahwa meski lokasinya tidak jauh dari ibu kota, Anda tetap akan kesulitan menemukan angkutan umum yang mengarah ke pantai.

Oleh karena itu, jika ingin berkunjung ke pantai ini, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Jalan menuju tempat wisata ini sudah cukup bagus. Jadi, Anda bisa memilih menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan membawa kendaraan roda empat.

Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa menyewa kendaraan di Kupang. Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata paling menarik yang bisa Anda temukan di kota Kupang.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps Aprilio Perkasa

Pantai Tablolong buka setiap hari dan Anda dapat mengunjunginya kapan saja karena pantai buka 24 jam sehari. Harga tiketnya sendiri cukup terjangkau. Pantai ini termasuk dalam salah satu wisata murah yang bisa Anda temukan di Kupang.

Biaya masuk hanya Rp 2.000 per orang. Sedangkan untuk kendaraannya sendiri, Anda akan dikenakan biaya parkir. Jika membawa kendaraan roda dua biaya parkir yang harus dibayar adalah Rp 5.000 dan jika membawa kendaraan roda empat yang besar biayanya adalah Rp 10.000.

Bagi Anda yang berniat menggunakan fasilitas MCK di lokasi ini, Anda harus membayar biaya tersendiri. Namun jangan khawatir karena harga yang dikenakan cukup terjangkau.

Ketika Anda telah memutuskan untuk mengunjungi Pantai Tablolong, ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Jangan biasakan membuang sampah sembarangan.

Selain itu, selalu jaga anak-anak Anda saat bermain air di sekitar pantai. Meski ombak di pantai ini tidak terlalu besar, bukan berarti Anda bebas membiarkan anak bermain sesuka hati.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Tablolong

Kegiatan di Pantai TablolongKredit gambar: KLIP BERUNTUNG Google Maps

1. Berenang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ombak yang dimiliki Pantai Tablolong tidak terlalu besar. Hal inilah yang membuat pantai ini cukup aman bagi Anda yang ingin berenang.

Anda bisa mengajak anak-anak Anda ke sana untuk bermain air. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus selalu mengawasi dan mengawasi anak saat bermain di air.

2. Menyelam

Keindahan panorama bawah laut Pantai Tablolong memang sangat terkenal. Maka dari itu, untuk bisa menikmati keindahan ini, Anda bisa melakukan aktivitas menyelam atau diving. Di sinilah Anda bisa menemukan terumbu karang yang begitu indah dan indah. Selain itu, Anda bisa menemukan berbagai jenis ikan.

Aktivitas Seru di Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps Pangeran Supit

3. Santai

Anda juga bisa duduk santai di tepi pantai. Sebuah gazebo telah disediakan untuk Anda dan keluarga menikmati gazebo tersebut untuk berkumpul bersama sambil memandangi pemandangan pantai. Semilir angin yang sejuk dan pemandangan deburan ombak pasti akan membuat pikiran segar seketika.

4. Berburu Foto

Kegiatan liburan tentunya tidak akan menarik jika tidak berburu foto. Mengabadikan momen tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi saat berada di pantai ini. Ada banyak spot foto menarik dan instagramable yang bisa kamu temukan.

Apalagi jika Anda datang menjelang matahari terbenam. Sehingga saat itu Anda bisa melihat keindahan pantai yang bisa memukau siapa saja.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai TablolongKredit gambar: Google Maps

Fasilitas yang tersedia di Pantai Tablolong cukup memadai. Anda bisa menemukan gazebo-gazebo yang banyak digunakan wisatawan untuk bersantai. Selain itu di sekitar pantai juga terdapat warung makan dengan menu yang enak dan harga yang terjangkau.

Untuk fasilitas lain yang bisa ditemui seperti toilet, ruang ganti dan tempat bermain anak. Dengan adanya wahana tersebut tentunya anak-anak Anda akan merasa lebih nyaman saat berlibur di tempat ini.

Bagi Anda yang berencana untuk menginap, di sekitar pantai juga terdapat beberapa penginapan. Anda bisa menginap di vila yang terletak di tepi pantai. Namun karena mayoritas yang menginap adalah wisatawan, maka tarif yang dikenakan memang cukup mahal.

Demikian ulasan lengkap tentang Pantai Tablolong di Kupang yang perlu Anda ketahui. Bagi yang berkunjung ke Kupang, sangat disarankan agar Anda dan keluarga singgah sejenak di pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button