Kawah Ratu, Kawah Unik Indah di Gunung Salak - WisataHits
wisatahits

Kawah Ratu, Kawah Unik Indah di Gunung Salak

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gunung Sari, Kec. Pamijahan, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Jika Anda seorang pendaki pemula, ada satu gunung di kota Bogor yang bisa Anda jelajahi, yaitu Gunung Salak. Selain tidak terlalu tinggi, ada tempat menarik yang menjadi ikon Gunung Salak, yaitu Kawah Ratu yang berada di pos terakhir sebelum puncak puncak. Biasanya orang yang bukan pendaki gunung lebih tertarik untuk singgah di kawah ini daripada mencapai puncak Gunung Salak.

Kawah Ratu menjadi magnet bagi penduduk Bogor dan sekitarnya. Pesona alamnya yang mempesona dan vegetasi yang masih asli akan membuat pengunjung sulit untuk melupakannya.

Kawah yang masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Halimun ini memiliki ketinggian 1.437 mdpl dan sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung yang lebih tinggi. .

Sejarah Singkat Kawah Ratu di Gunung Salak

Sejarah Gunung SalakKredit gambar: Google Maps Panca Eka Putra

Dulu, awal terbentuknya Kawah Ratu merupakan dampak dari letusan freatik yang sering terjadi di Gunung Salak. Sejauh ini Gunung Salak masih berstatus gunung berapi aktif namun masih cukup aman untuk didaki. Kawah Ratu adalah kawah terbesar dan termuda di Gunung Salak. Ada beberapa kawah lain di Gunung Salak tetapi tidak terlalu populer.

Kawah Ratu memiliki pesona tersendiri yang membuat para pendaki atau wisatawan betah berlama-lama berada di kawasan sekitar kawah dengan warna kekuning-kuningan ini. Warna kekuning-kuningan berasal dari endapan belerang khas gunung berapi aktif. Selama perjalanan, Anda akan dimanjakan dengan vegetasi yang masih hijau dan lebat.

Selain itu, di sekitar Kawah Ratu terdapat sungai sepanjang 1 kilometer yang indah dan airnya terlihat hijau. Sungai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berfoto dengan latar pemandangan alam yang eksotis.

Sebagai informasi, Kawah Ratu memiliki ketinggian sekitar 1.437 meter di atas permukaan laut, sedangkan jika ingin melanjutkan pendakian ke puncak harus naik lagi hingga sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Meski tidak terlalu tinggi, jalur pendakian menuju Kawah Ratu cukup sulit, terutama bagi pendaki pemula.

Selain pemandangan hutan yang selalu begitu asri, selama perjalanan menuju Kawah Ratu Anda akan menemukan beberapa mata air. Anda dapat berhenti di sana untuk minum atau hanya mencuci muka. Air yang tersedia sangat segar dan terasa dingin, khas air pegunungan.

Jalur pendakian ke Kawah Ratu

Jalur Pendakian Kawah RatuKredit gambar: Google Maps Fayy Fy

Anda dapat memilih jalur pendakian sesuai dengan keinginan Anda. Ada 3 jalur pendakian menuju Kawah Ratu yang resmi dibuka. Jika ingin mendaki lebih dekat, Anda harus mulai mendaki di mdpl tertinggi.

Jalur pertama yang bisa Anda tempuh adalah Bunder Mountain Campground. Jalur dari kabupaten Pamijahan berjarak sekitar 5 kilometer dari Kawah Ratu. Biasanya dibutuhkan waktu 3-4 jam perjalanan santai untuk mencapai kawah megah ini.

Jalur kedua yang bisa Anda pilih adalah jalur dari Perkemahan Cengkuang. Rute yang terletak di Sukabumi ini memiliki jarak dan waktu tempuh yang hampir sama dengan rute pertama. Namun yang unik dari wisata alam yang populer ini adalah banyaknya kera liar yang berkeliaran di hutan. Meskipun mereka liar, monyet tidak akan mengganggu Anda karena mereka cenderung takut pada manusia.

Rute ketiga dan terakhir melewati Pasar Reungit. Jalur ini berada di Kecamatan Pamijahan. Ini adalah cara terpendek untuk sampai ke Kawah Ratu yaitu sekitar 3,5 kilometer. Jika tidak ingin menempuh perjalanan terlalu lama, Anda bisa memilih jalur ini karena biasanya waktu tempuh dari bawah menuju Kawah Ratu hanya sekitar 2-3 jam.

Tips mendaki Gunung Salak

Tips mendaki Gunung SalakKredit gambar: Google Maps Rahayu Putri Utami

Meski gunung ini tidak terlalu tinggi, namun tidak boleh dianggap remeh. Karena alam tidak dapat diprediksi, Anda harus siap dengan semua risiko yang terlibat. Selain itu, Gunung Salak tergolong gunung yang aktif, Anda harus berhati-hati.

Sangat disarankan bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Salak memilih musim kemarau. Mengapa? Karena saat musim hujan trek akan lebih licin dan basah. Ini akan mempersulit Anda jika hujan saat tracking.

Siapkan juga masker sebelum berangkat karena kandungan belerang Kawah Ratu cukup tinggi. Masker ini digunakan untuk melindungi Anda dari efek berbahaya zat belerang beracun. Pastikan juga untuk membawa lebih dari satu masker.

Saat mendaki Gunung Salak, jangan membawa makanan atau barang dalam jumlah berlebihan. Itu bisa membebani kaki Anda. Bawalah barang-barang dan makanan secukupnya saja yang mungkin Anda perlukan nanti saat berada di lantai atas.Setelah makan, ingatlah untuk membawa kembali sampah Anda karena kebersihan harus tetap terjaga.

Persiapkan diri Anda secara fisik sebelum mendaki. Tidak perlu olahraga berat, minimal jogging setiap hari selama seminggu sebelum berangkat ke Kawah Ratu. Hal ini penting karena dapat mencegah otot kaki Anda terguncang selama perjalanan.

Last but not least adalah membawa kotak P3K. Karena Anda berada di alam, segala sesuatu mungkin terjadi. Anda harus waspada terhadap hal-hal yang tidak terduga.

Akses jalan dan fasilitas di Kawah Ratu, Mont Salak

Akses ke Gunung SalakKredit gambar: Google Maps Eko Ajiwibowo

Kawah Ratu terletak di kawasan Gunung Sari kota Bogor. Bagi Anda yang datang dari Jakarta dan menggunakan kendaraan roda 4 bisa melalui Tol Jogorawi yang menuju ke Jawa Barat. Kemudian Anda tinggal di Tol Sentul Selatan.

Setelah keluar, Anda akan menemukan pertigaan di Cibatok. Jangan bingung, Anda bisa belok kiri dan lurus sejauh 18 km hingga menemukan Gerbang Kawah Ratu. Sepanjang jalan Anda akan menemukan banyak air terjun untuk berhenti di ketika Anda lelah mulai menyerang.

Sebuah tempat wisata pasti memiliki banyak fasilitas termasuk Kawah Ratu. Fasilitas wisata Kawah Ratu cukup lengkap dan manfaatnya bisa Anda rasakan saat berkunjung ke tempat ini. Contoh fasilitas yang tersedia adalah area parkir.

Kemudian di sirkuit ini juga dilengkapi dengan beberapa tempat makan sederhana berupa warung atau warung dengan harga murah. Tapi jangan salah, walaupun makanan di sekitar Kawah Ratu murah tapi tetap enak.

Fasilitas lainnya adalah bumi perkemahan atau campsite bagi Anda yang ingin bermalam di sekitar Kawah Ratu. Perkemahan ini telah diukur jaraknya dari lokasi kawah sehingga sangat aman untuk mendirikan tenda.

Informasi yang didapat dari banyak sumber, Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk wisata ini. Bayar saja tiketnya.

Demikian informasi lengkap Kawah Ratu yang terletak di Gunung Salak, Bogor. Meski terkenal dengan pegunungan mistisnya, Wisata Kawah Ratu memiliki keindahan alam yang memukau dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button