KPID Riau dan Unilak sepakat perkuat konten lokal - WisataHits
Yogyakarta

KPID Riau dan Unilak sepakat perkuat konten lokal

pekanbaru – Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau melakukan kunjungan persahabatan ke Universitas Lancang Kuning Pekanbaru pada Kamis (13/10/2022). Kunjungan langsung dipimpin oleh Ketua KPID Falzan Surahman, Komisaris Besar Mario Abdilllah dan jajarannya. Hadir dari Unilak Rektor Junaidi, Wakil Rektor III Bagio Kadaryanto, Kepala Bidang Promosi Media M. Revnu Ohara.

Kunjungan KPID untuk memperkuat konten siaran lokal dan sinergi untuk memperkuat kinerja KPID di tahun 2023. Di awal pertemuan, Falzan Surahman mengucapkan terima kasih atas sambutan Unilak. Fadlan menyebutkan Unilak merupakan kampus pertama di Riau yang resmi dikunjungi KPID.

Fadlan menjelaskan kampus lain di Riau mungkin memiliki jurusan atau fakultas komunikasi dengan fokus radio/televisi, namun di Riau universitas dengan fakultas budaya hanya ada di Unilak. Artinya, KPID membutuhkan kerjasama dengan Unilak untuk memperkuat konten budaya/lokal/Melayu.

“Saat ini lembaga penyiaran menyediakan ruang budaya/konten lokal dan bisa diisi, artinya lembaga penyiaran bisa mengisi peran itu dengan mahasiswa budaya. KPID membutuhkan kerjasama dengan perguruan tinggi,” kata Falzan.

Ditambahkannya, konten lokal di lembaga penyiaran yang berkualitas tentunya juga akan menguntungkan kinerja KPID. Kami berharap sinergi Unilak dengan KPID semakin erat di tahun 2023, sehingga bisa bersinergi, memberikan motivasi dan kemudian transfer ilmu. Selain itu, salah satu pengurus KPID Mario adalah lulusan Fakultas Hukum Unilak.

“KPID tidak bisa meninggalkan teman-teman kampus karena kampus tempat produksi SDM berkualitas yang melahirkan pemikiran-pemikiran tersebut ada di kampus, saya sangat tertarik bekerja sama dengan fakultas budaya,” kata Fadlan.

Sementara itu, Rektor Unilak Junaidi menyambut baik kunjungan KPID Riau. Dia mengatakan KPID saat ini menghadapi tantangan besar seiring kemajuan teknologi, banyak orang mulai mengurangi televisi dan radio sementara bidang KPID melakukan siaran.

“Kami sepakat dengan Ketua KIPD Riau untuk memperkuat muatan budaya lokal/Riau/Melayu. Hal ini dapat dicapai dengan memperkuat literasi di kalangan siswa dan memberikan pendidikan. Dan saya setuju KPID dan Fakultas Ilmu Budaya bekerja sama,” kata Junaidi.

Hal senada juga dikatakan Wakil Rektor III. Bagio Kadaryanto yang mengajukan nota kesepahaman antara Unilak dengan KPID Riau. Hal ini tentunya akan bermanfaat bagi kampus Unilak. Merah dari berbagai sumber

Source: kpi.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button