Wali Kota Surabaya Raih Penghargaan Pengelola Food Center Terbaik dari Kementerian Kesehatan - WisataHits
Jawa Timur

Wali Kota Surabaya Raih Penghargaan Pengelola Food Center Terbaik dari Kementerian Kesehatan

SURABAYA (ANTARA) — Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menerima Penghargaan Pembina Terbaik Bidang Kesehatan untuk pusat makanan jajanan/kantin yang menerapkan higiene makanan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI ini berkaitan dengan kantin dan sekitarnya. Surabaya menjadi juara umum dan satu-satunya yang menjadi pelatih terbaik dalam hal (pelaksanaan higiene dan higienitas) makanan,” kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi kepada Balai Kota Surabaya, Kamis.

Penghargaan tersebut diterima Walikota Eri Cahyadi pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 pada Rabu (23/11) malam di Jakarta.

Kegiatan ini ditujukan untuk seluruh Tempat Pengelola Pangan (TPP) di Indonesia. Surabaya dinilai menerapkan higiene makanan sesuai Permenkes No 14 Tahun 2021.

Penghargaan diberikan kepada Pusat Wisata Kuliner (SWK) Jambangan, SWK Convention Hall, Kantin SMPN 42 Kota Surabaya sebagai kantin sehat dengan inovasi pembayaran menggunakan aplikasi Kate Pay, dan Kantin Pusat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (kantin sehat). dengan inovasi KHAS/halal, aman dan sehat).

Karena itu, kata dia, Kota Surabaya merupakan satu-satunya penyedia terbaik untuk pusat jajanan/kantin yang menerapkan higiene sanitasi makanan.

Menurutnya, keempat penghargaan tersebut dapat menjadi contoh bagi Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) dan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya untuk segera mensosialisasikan penerapan higiene sanitasi makanan kepada SWK dan masyarakat umum lainnya. sekolah.

“Kemarin dalam prosesnya saya menang di SMP Negeri 42 dan SWK Jambangan dan SWK Convention Hall. Tempat ini sukses dan akan segera diimplementasikan di tempat lain, semoga sukses untuk semuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengatakan Wali Kota Eri Cahyadi tidak hanya mendapat penghargaan sebagai pembina terbaik program kesehatan pangan tingkat kabupaten/kota tahun 2022, tetapi juga meraih sejumlah penghargaan lainnya, yakni Food Center Jajan/ harga kantin yang menerapkan higienitas sanitasi, makanan disajikan

“SWK Jambangan meraih First Best Award dan SWK Convention Hall meraih 2nd Best Snack Food Center/Canteen Center kategori Instansi Pemerintah Daerah atas pencapaiannya sebagai Snack Food Center/Canteen Meeting persyaratan tahun 2022 memenuhi standar higiene sanitasi,” kata Nanik.

Nanik menjelaskan, SWK Jambangan dan SWK Convention Hall juga menawarkan jajanan yang memenuhi persyaratan sanitasi dan higienis, masing-masing dengan inovasi yang unik. Salah satu inovasi di SWK Jambangan adalah adanya kegiatan sosial Jum’at Berkah, dimana para pedagang SWK berbagi sembako kepada warga kurang mampu di Kabupaten Jambangan setiap hari Jum’at.

Hal baru dari SWK Kongresshalle adalah terdapat 47 orang penyandang disabilitas yang secara artistik didukung dan dilatih oleh SWK Kongresshalle.

“Berikutnya adalah Kantin SMP Negeri 42 Kota Surabaya sebagai Pusat Jajan Kantin Terbaik Pertama kategori Lembaga Pendidikan SMP atas pencapaiannya sebagai pusat jajanan/kantin yang memenuhi syarat higiene sanitasi pada tahun 2022,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button