Kontribusi BUMN terhadap pemulihan ekonomi, PLN siap menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi - WisataHits
Jawa Barat

Kontribusi BUMN terhadap pemulihan ekonomi, PLN siap menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi kontributor penting bagi pemulihan ekonomi, terutama di masa pandemi COVID-19. Pos BUMN ini merupakan hasil efisiensi dan transformasi Kementerian BUMN dan BUMN itu sendiri dalam beradaptasi dengan tantangan global.

Staf khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menyatakan, kontribusi BUMN misalnya mampu mengentaskan kemiskinan dengan mengurangi jumlah masyarakat kelas bawah.

“Kelas menengah sudah mencapai 232 juta. Artinya kelas bawah menyusut,” kata Arya dalam webinar Lokomotif BUMN Pemulihan Ekonomi Nasional, Rabu, 17 Agustus 2022.

Baca Juga: Sosialisasikan Penggunaan Kompor Induksi, PLN UID Jabar Gelar Lomba Masak Semarakkan HUT Jabar

Arya juga menyatakan bahwa BUMN meningkatkan pendapatannya dari Rp 1.130 triliun menjadi Rp 1.982 triliun di FY2021. Peningkatan pendapatan ini akan meningkatkan pertumbuhan laba secara keseluruhan yang dapat dikantongi oleh BUMN sehingga dapat memberikan kontribusi lebih kepada negara.

Ilustrasi foto - PLN siap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi
Ilustrasi – PLN siap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi (PLN doc)

“Di sisi lain, keuntungan kami naik 40 persen. Jadi ini adalah contoh keberhasilan kami dalam memberikan efisiensi dan transformasi. Laba bersih 10 perusahaan terbesar di Indonesia, tujuh di antaranya BUMN,” kata Arya.

Arya juga menjelaskan, dari pertumbuhan pendapatan 10 perusahaan besar di Indonesia, 7 perusahaan berasal dari BUMN dan salah satu yang terbesar adalah PLN.

Baca Juga: Genjot Sektor Pariwisata, PLN Tambah Infrastruktur Ketenagalistrikan di Pelabuhan Ratu

“Ini menunjukkan bahwa BUMN berada di jalur yang benar. Belum lagi dari sisi perpajakan, dari 10 emiten teratas, 3 emiten adalah BUMN,” kata Arya.

Ilustrasi foto - PLN siap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi
Ilustrasi – PLN siap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi (DOK PLN)

Sementara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan BUMN yang dipimpin Menteri Negara BUMN Erick Thohir dan jajarannya menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dan perlu melakukan upaya tambahan untuk pemulihan ekonomi.

Saat ini PLN telah berinovasi dalam berbagai proses bisnis untuk meningkatkan kebutuhan listrik sekaligus mendukung perekonomian masyarakat.

Ilustrasi foto - PLN siap menjadi mesin pertumbuhan ekonomi
Ilustrasi – PLN siap jadi mesin pertumbuhan ekonomi (doc pln)

Darmawan menjelaskan visi PLN dalam transformasi besar ini, yaitu tidak hanya menyediakan listrik bagi masyarakat, tetapi juga menjaga lingkungan untuk generasi mendatang.

Source: jabar.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button