Kombes Budi Hermanto Jadi Kabag Pemberangkatan Pensiun Anggota Polres Malang Kota - Kabar Malang Com - WisataHits
Jawa Timur

Kombes Budi Hermanto Jadi Kabag Pemberangkatan Pensiun Anggota Polres Malang Kota – Kabar Malang Com

KABARMALANG.COM – Sampah merupakan salah satu masalah lingkungan yang menjadi perhatian bersama dan dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Sebagai salah satu pilar Otsuka Blue Planet, PT Amerta Indah Otsuka membuka fasilitas Bank Sampah di Kejayan – Pasuruan yang menjadi program Otsuka Eco Village.

Pendirian bank sampah ini merupakan wujud nyata komitmen PT Amerta Indah Otsuka untuk mengubah kebiasaan masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan.

Mewujudkan masyarakat yang mampu mengelola sampah domestik dengan baik dan mandiri.

Sudarmadi Widodo, direktur komunikasi perusahaan PT Amerta Indah Otsuka, mengatakan saat ini 200 ton limbah mencemari perairan Pasuruan di Jawa Timur.

Hal ini mendorong pihaknya untuk memperkenalkan Otsuka Eco Village yang bertujuan mengedukasi dan menyediakan tempat pembuangan sampah untuk membantu masyarakat sekitar pabrik.

Adanya bank sampah dapat mengubah perilaku masyarakat agar dapat membuang sampah anorganik, organik dan residu secara mandiri.

Fasilitas bernama Bank Sampah GEMPAR di Kejayan – Pasuruan ini resmi diserahkan kepada masyarakat sekitar oleh PT Amerta Indah Otsuka pada Selasa (13/12/2022), diwakili oleh KSM GEMPAR (Kelompok Gerakan Masyarakat Mandiri Membangun Pacarkeling).

KSM GEMPAR akan mengelola bank sampah bersama masyarakat dan menjadi agen perubahan bagi daerah dengan visi “Membangun Kemitraan”.

“Masyarakat yang ingin menjadi nasabah Bank Sampah GEMPAR dapat mendaftar melalui KSM GEMPAR,” ujar Sudarmadi Widodo.

“Untuk mekanisme pengumpulannya, masyarakat dapat memilah sampah secara mandiri dari rumahnya dan mengambil sampah non-organik yang memiliki nilai jual ke bank sampah GEMPAR,” lanjutnya.

Selain mendirikan fasilitas bank sampah, PT Amerta Indah Otsuka juga memberikan pelatihan pengelolaan sampah rumah tangga yang benar, dimulai dari pemilahan sampah, melalui program Otsuka Eco Village.

Agar masyarakat dapat berperan aktif dalam pelaksanaan program Bank Sampah.

KH Abdul Mujib Imron SH, MH selaku Wakil Bupati Kabupaten Pasuruan mengakui bahwa pengurangan pencemaran dari sampah yang menumpuk dan salah kelola memerlukan upaya dan partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat serta dukungan dari sektor lain.

“Kami sangat mengapresiasi PT Amerta Indah Otsuka yang telah berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat kawasan Kejayan-Pasuruan dan mengaktifkan pembuangan TPA melalui program Otsuka Eco Village,” ujarnya.

Sementara itu Bpk. Takeyama Kenichi, Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya, mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Pacarkeling, Desa Kejayan, Desa Pasuruan dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan atas dukungan, dedikasi dan keterlibatannya dalam mensukseskan Proyek Bank Sampah.

“Semoga program Otsuka Eco Village dapat terus berlanjut bahkan melahirkan perusahaan atau daerah yang mengadopsi program tersebut,” ujarnya.

“Sehingga terus berkembang dan memberikan manfaat bagi kelestarian lingkungan tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga untuk bumi yang lebih baik,” lanjut Mr. Takeyama Kenichi.

Dengan program Otsuka Eco Village dan pendirian Bank Sampah GEMPAR, Sudarmadi Widodo berharap dapat membantu mengurangi sampah yang tertimbun dan tidak dibuang dengan baik.

“Selain itu mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan terutama dalam pembuangan limbah rumah tangga yang benar dan mandiri,” pungkas Sudarmadi Widodo. (centang/cemara)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button