Kodim Sukabumi meningkatkan perekonomian warga dan membantu UMKM kompor biomassa untuk mengembangkan produk lokal - WisataHits
Jawa Barat

Kodim Sukabumi meningkatkan perekonomian warga dan membantu UMKM kompor biomassa untuk mengembangkan produk lokal

Tribunjabar.id Laporan Kontributor Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI – Pasca Covid-19, perekonomian masyarakat kecil dan menengah masih belum normal. Covid-19 telah memukul ekonomi dengan keras.

Menyikapi hal tersebut, TNI Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, melakukan upaya pemulihan dengan menggandeng pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo mengatakan, Kodim 0622 berupaya mendorong dan memberdayakan warga binaan.

Khususnya bagi UKM dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi warga.

Serta mendukung pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Untuk itu Kodim dan Koramil mendukung dan memberdayakan warga binaannya dalam berwirausaha dengan mengembangkan produk lokal untuk merevitalisasi perekonomian masyarakat yang dipicu oleh peran kelompok UMKM,” ujarnya di Koramil 0622-13/ Jampangkulon usai mendukung pelaku UMKM, Sabtu (12/11/2022).

Baca Juga: Pemkot Bandung Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas Desain Produknya Untuk Mendongkrak Pembeli

Letkol Inf Anjar mengatakan, Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi mendukung beberapa pelaku UMKM berupa tungku biomassa sebagai salah satu langkah nyata untuk meningkatkan produksi UMKM.

Dukungan tungku ini dimaksudkan untuk meningkatkan produksi dengan biaya rendah.

Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo memberikan bantuan kompor biomassa dan mendampingi para pelaku UMKM di Koramil 0622-13/Jampangkulon pada Sabtu (11/12/2022).Dandim 0622/Kabupaten Sukabumi, Letkol Inf Anjar Ari Wibowo memberikan bantuan kompor biomassa dan dukungan kepada pelaku UMKM di Koramil 0622-13/Jampangkulon pada Sabtu (11/12/2022). (TRIBUNJABAR.ID/M RIZAL JALALUDIN)

“Selain itu, kami juga aktif bekerja sama dengan UMKM untuk mengikuti beberapa event pameran UMKM di kota Bandung dan Jakarta untuk menampilkan produk lokal dari Kabupaten Sukabumi,” kata Letkol. Kol.Inf.Anjar.

“Potensi Kabupaten Sukabumi sudah kita lihat dari awal, salah satunya banyak produk UMKM yang bisa dikembangkan, makanya kami selalu berusaha meningkatkan dan memberdayakan pelaku UMKM melalui dukungan dan pemberdayaan,” ujarnya.

Anjar menjelaskan, tidak hanya dibawa dalam setiap event, produk lokal juga akan dipasarkan oleh para pelaku UMKM di setiap destinasi wisata.

Hal ini dikarenakan Kabupaten Sukabumi merupakan salah satu daerah dengan destinasi wisata yang cukup luas.

Kondisi ini membuka peluang bagi produk UMKM untuk lebih dikenal dan dapat meningkatkan perekonomian.

Baca juga: GudangAda menginformasikan pentingnya kompetensi digital bagi UMKM dan membuka akses pasar hingga penjualan meningkat

“Oleh karena itu Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi berkomitmen untuk lebih memberdayakan UMKM. Kami juga mengajak Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sukabumi untuk terus mendukung para pelaku UMKM di desa binaan agar lebih semangat dalam mengembangkan usahanya,” ujar Anjar.

Silahkan baca berita terbaru Tribunjabar.id di GoogleNews

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button