Grasstrack dan Motocross Leaders Lombok Tengah Cup 2022, Rider ITN Malang raih 3 nominasi - WisataHits
Jawa Tengah

Grasstrack dan Motocross Leaders Lombok Tengah Cup 2022, Rider ITN Malang raih 3 nominasi

Grasstrack dan Motocross Leaders Lombok Tengah Cup 2022, Rider ITN Malang raih 3 nominasi

WAKTU INDONESIA, MALANG – Abdul Hanif Akbar, mahasiswa S1 Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang), meraih tiga prestasi di Kejurprov Grasstrack dan Motocross Regent Cup Lombok Tengah 2022 di Sirkuit Motorcross Internasional Lantan 459, Kabupaten Lombok Tengah, Desember 2022.

Akbar Gaung yang akrab dipanggil Abdul Hanif Akbar meraih juara 1 kelas Special Engine 125cc, juara 3 kelas Modified Bebek Open 130cc dan juara 5 kelas terbuka Sport & Trail 155 cm³. Prestasi ini menambah daftar prestasinya di motocross sejak 2017.

iklan

Abdul-Hanif-Akbar-2.jpgAbdul Hanif Akbar di podium (FOTO: ITN Malang untuk TIMES Indonesia)

“Kelas special engine merupakan salah satu kelas paling bergengsi di ajang ini. Kelas terbuka, di sisi lain, adalah tentang mendapatkan poin juara terbuka secara keseluruhan. Diperkirakan akan ada 20 pembalap di kelas ini,” tutur mahasiswa angkatan 2019 tersebut.

Akbar Gaung tergabung dalam tim Lantan 459 Lombok Tengah. Di Kejurprov, panitia menyiapkan 16 kelas yang diikuti sekitar 150 peserta. Selain didominasi oleh peserta Kejurprov kabupaten/kota se-NTB, peserta dari beberapa kota di luar NTB juga ikut ambil bagian. Seperti dari Surabaya, Malang, Bali, Yogyakarta dan Makassar.

Abdul-Hanif-Akbar-3.jpg

Untuk menghadapi ajang Kejurprov, ia rutin berolahraga sebulan sebelum pertandingan Akbar Gaung dan diet nasi merah. Diet beras merah dirancang untuk mempertahankan asupan kalori yang rendah namun tetap padat nutrisi. Sehingga bobotnya tetap terjaga. Karena bobot pembalap tidak boleh terlalu ringan atau terlalu berat agar memiliki aerodinamika yang baik.

Pembalap ITN Malang asal Sumbawa yang sarat prestasi

Menjadi pembalap motorcross adalah cita-cita Akbar Gaung sejak kelas 4 SD. Ia mengambil inspirasi dari pembalap internasional yang menurutnya sangat berbakat dan keren. Meski ibunya awalnya melarangnya karena motocross adalah olahraga yang berisiko.

“Karena saya telah memenangkan banyak hal dari waktu ke waktu, saya diberi kebebasan untuk balapan. Orang tua menyarankan untuk tidak balapan liar di jalan raya sampai saat itu,” katanya.

Banyak prestasi yang diraih mahasiswa asal Sumbawa ini. Diantaranya Juara 2 Kejurprov Jatim 2019 (Kelas Modifikasi Bebek), Juara 3 Kejurprov Jatim 2019 (Kelas Khusus Mesin 450cc), Juara 4 dan 5 Kejurda Klaten (Kelas Modifikasi Bebek dan Sport & Trail), dan masih banyak lagi lainnya.

“Selain balapan, bahkan ada yang lupa balapan di mana. Namun yang sering mengikuti balapan di pulau jawa khususnya di jawa tengah. Event paling bergengsi yang pernah saya ikuti adalah di wilayah Jawa Tengah, Indiel Series di Semarang dan Kejurnas di Wilayah 3, serta Pekan Olahraga Provinsi,” jelasnya.

Akbar Gaung berharap kedepannya bisa menjadi pembalap yang menjadi panutan dan idola bagi pembalap lainnya. “Impian ke depan adalah menjadi juara umum di daerah dan tentunya bisa go nasional maupun internasional. Bagi adik-adik ITN Malang yang berminat dan mengikuti perlombaan, jangan mudah menyerah, selalu bekerja keras dan jangan malas berlatih,” ujarnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di dalam Berita Google

Klik tautan ini dan jangan lupa untuk mengikutinya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button