Kisah Putri Kencana Gua Wonogiri: Pelarian Ratu Kencana Wungu Ditemukan oleh Pencari Batu Bintang - WisataHits
Jawa Tengah

Kisah Putri Kencana Gua Wonogiri: Pelarian Ratu Kencana Wungu Ditemukan oleh Pencari Batu Bintang

Wartawan TribunSolo.com, Erlangga Bima Sakti

TRIBUNSOLO.COM, WONOGIRI – Gua Putri Kencana merupakan salah satu tempat wisata di Wonogiri bagian selatan tepatnya di kabupaten Pracimantoro.

Terletak di Dusun Wonosobo, RT 3 RW 1, Desa Wonodadi, tempat wisata ini tidak hanya menawarkan wisata edukasi tetapi juga wisata yang masih sarat akan spiritualitas.

Goa Putri Kencana sendiri ditemukan pada tahun 1991 oleh warga sekitar yang bekerja sebagai pencari batu bintang.

Warga tersebut bernama Wasino Daryono (68). Semasa muda, Mbah Sino, begitu ia akrab disapa, sering mencari batu bintang sebagai campuran kosmetik dan warna.

“Sebelum di sini (Goa Putri Kencana) lokasi batu bintang, tempatnya masih tutup, nanti saya gali. Tapi saya bermimpi selama beberapa malam bahwa saya bertemu seorang putri,” katanya kepada TribunSolo.com.

Dalam mimpi itu, Mbah Sino mengaku pernah bertemu dengan seorang wanita cantik. Wanita dalam mimpi itu menasihatinya untuk tidak melanjutkan penggalian.

Mbah Sino diminta oleh wanita dalam mimpi untuk membuka lokasi. Akhirnya, Mbah Sino mengabulkan permintaan wanita itu dalam mimpi.

“Saya menemukan lubang kecil di bagian atas, lalu saya merangkak masuk. Dulu ada banyak tanah kering di sana, lalu saya keluar. Tapi saya kurang puas, saya masuk lagi,” kata Mbah Sino.

Baca Juga: Jejak Pangeran Diponegoro di Boyolali, Gua Raja Selo Jadi Saksi Bisu Perjuangan Lawan Belanda

Ketika dia kembali ke dalam, dia menemukan sebuah lubang besar sehingga dia bisa berjalan tanpa merangkak. Saat itu hari sudah gelap gulita.

Source: solo.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button