Tiket dan Aktivitas Curug PUTRI KENCANA - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas Curug PUTRI KENCANA

Harga tiket masuk Curug Putri Kencana: Rp25.000

Air Terjun Putri Kencana merupakan salah satu air terjun Bogor. Air terjun ini ditayangkan di saluran TV swasta sebagai destinasi wisata alam yang menarik. Lumayan, karena objek wisata ini menawarkan keindahan alam serta beragam aktivitas outdoor yang menantang.

Tiket Masuk Air Terjun Putri Kencana

Tiket masuk kawasan wisata air terjun untuk anak-anak dan dewasa tidak dibedakan. Begitu juga harga tiket di hari biasa dan akhir pekan. Balita tidak membayar tiket masuk.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp25.000

Baca: Tiket Masuk CURUG LEUWI HEJO dan Kegiatannya

Jam operasional

Kawasan wisata air terjun ini buka setiap hari. Tidak disarankan berkunjung ke sini saat musim hujan karena akses trekking menuju air terjun terlalu licin dan berbahaya, serta arus air yang terlalu kuat. Sebaiknya datang pada musim kemarau agar lebih aman.

Jam buka
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Objek wisata air terjun Putri Kencana

Gerbang utama air terjun Putri KencanaPintu Masuk Wana Wisata Curug Putri Kencana – Foto: Google Maps/ranny run.away 0809

Air Terjun Putri Kencana terletak di kawasan wisata Gunung Pancar. Saat musim kemarau, airnya bersih dan jernih, memungkinkan wisatawan untuk melihat dengan jelas dasar sungai di atas permukaan air. Suasana alam sekitar yang masih asri sangat menyejukkan.

Air terjun ini diberi nama Putri Kencana karena terkait dengan mitos yang berkembang di sana. Menurut warga sekitar, sering terjadi penampakan wanita cantik bak putri dan kereta emas pada Jumat malam. Air terjun ini memang lekat dengan sejarah mistis, namun hal ini tidak menyurutkan kunjungan wisatawan yang penasaran dengan keindahannya.

Pesona Air Terjun Putri Kencana

Pemandangan air terjun Putri KencanaAir Terjun Putri Kencana diapit oleh tebing berbatu dan memiliki aliran air yang jernih – Foto: Google Maps/nhazz mad

Curug Putri Kencana merupakan air terjun dengan ketinggian sekitar 7 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh dinding batu yang tinggi dan hutan liar. Airnya terkenal dengan warna biru kehijauan dan sangat jernih. Suara berbagai satwa liar seperti kicauan burung menghiasi kawasan ini, membuat semua yang datang merasa menyatu dengan alam.

Baca: Tiket Masuk CURUG CIPAMINGKIS dan Ragam Kegiatan Seru

Sungai yang mengalir dari air terjun ini hanya sedalam mata kaki. Aliran airnya yang jernih membuat pengunjung bisa melihat permukaan dengan jelas. Namun, danau di dekatnya bisa mencapai kedalaman 4-6 meter. Perenang pemula harus berhati-hati agar tidak terlalu dekat dengan air terjun.

Hal yang Dapat Dilakukan di Curug Putri Kencana

Pengunjung bisa menyewa pelampung di Curug Putri KencanaMenikmati keindahan area sekitar air terjun dan bersantai menggunakan pelampung – Foto: Google Maps/muchtarom Ridho

Tebing berbatu yang mengapit air terjun sangat cocok untuk pengunjung yang menikmati lompat tebing. Untuk mencapai tebing tertinggi di samping air terjun, pengunjung harus berjalan sedikit menapaki jalan setapak menuju jembatan. Jika nyali Anda masih belum kuat, lebih baik memilih batu-batu besar di sekitar danau sebagai titik dukungan untuk lompat tebing.

Jika tidak menyukai aktivitas yang berat, pengunjung bisa bersantai di danau atau bermain di sungai. Ada persewaan pelampung di sekitar air terjun yang menawarkan berbagai bentuk pelampung dengan harga yang bervariasi. Arus air yang tenang, serta alam terbuka di sekitarnya, akan menghanyutkan penat dan menggantikannya dengan rasa nyaman di hati.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG BIDADARI

Ingin kegiatan yang lebih menarik? Pengunjung dapat menyewa kendaraan hias dan mencoba aktivitas arung jeram. Menuruni sungai secara perlahan sambil menikmati segarnya air tentunya menantang sekaligus menyenangkan.

Jika ingin bermalam, ada camping ground di sini yang bisa disewa. Ada juga berbagai akomodasi dengan biaya yang bervariasi.

Rangkaian air terjun dan Leuwi

Pengunjung menyukai Curug CintaAir terjun berbentuk hati di Curug Cinta – Foto; Google Maps/AL_VI SQUY

Wana Wisata Curug Putri Kencana tidak hanya terdiri dari air terjun. Jika mengikuti jalur trekking menuju air terjun ini, pengunjung akan disuguhi berbagai air terjun dan sungai lainnya. Air terjun dan sungai juga pasti menjadi tempat rekreasi hanya untuk bermain air. Rangkaian terdiri dari Leuwi Pariuk, Leuwi Demang, Leuwi Baliung, sampai air terjun cinta spesial.

Leuwi Pariuk adalah sungai kecil dengan air terjun yang tinggi. Sungai ini dihiasi dengan batu-batu besar yang tersebar di sekitar air terjun. Ketinggian air hanya satu kaki. Tempat ini sangat cocok untuk berfoto bersama kerabat atau rekan kerja.

Leuwi Demang dan Leuwi Baliung semakin luas. Leuwi Demang memiliki air terjun kecil dan sungai setinggi setengah betis untuk orang dewasa. Bagi yang suka bermain air dan berenang, tempat ini sangat aman dan bisa menjadi pilihan.

Baca: Tempat Wisata CURUG HORDENG Sentul

Seri terakhir adalah air terjun cinta yang berjarak sekitar 30 menit berjalan kaki dari air terjun ini. Disebut “Cinta” karena air terjunnya dibelah oleh batu di tengahnya, sehingga membentuk hati. Airnya tidak kalah jernih dari air terjun ini. Pengunjung bisa bermain air sepuasnya di sini.

Meredakan

Fasilitas di sini adalah tempat parkir mobil, toilet, mushola, warung makan dan persewaan pelampung. Ada juga area camping, hostel dan kabin atau gazebo yang bisa disewa untuk istirahat dan relaksasi.

Lokasi Curug Putri Kencana

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi dapat ditempuh sekitar 1 jam dari Jakarta. Jalurnya searah dengan jalur menuju tempat wisata Jungle Land dan Hutan Pinus Gunung Pancar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button