Kisah hutan keramat di Papua yang didiami oleh arwah leluhur - WisataHits
Jawa Barat

Kisah hutan keramat di Papua yang didiami oleh arwah leluhur

Jumat, 9 September 2022 – 20:11 WIB

PITA – Beberapa wilayah di hutan Papua dianggap memiliki nilai spiritual, sehingga disebut sebagai hutan keramat dan “dimurnikan” oleh orang Papua karena banyak penduduk setempat yang percaya bahwa arwah nenek moyang mereka mendiami hutan tersebut.

Kepercayaan ini sudah lama dipercaya dan diturunkan dari generasi ke generasi. Oleh karena itu, kelestarian dan keberadaan hutan keramat benar-benar sangat dijaga.

Tak terkecuali PT Tunas Sawa Erma (PT TSE), menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

Hal ini dibuktikan dengan kegiatan pemantauan dan pengawasan untuk melindungi alam, juga menargetkan hutan keramat. Sebagai bagian dari kegiatan ini, Perusahaan memasang Panel Konservasi yang diadakan minggu lalu di tepi hutan di Divisi 8, Distrik Jair, Kabupaten Boven Digoel, Papua.

Kegiatan menjaga hutan keramat ini melibatkan keterlibatan perusahaan dan masyarakat sekitar. Dalam kegiatan ini, mereka bersama-sama memasang plakat konservasi dengan tujuan untuk melindungi tempat-tempat keramat di luar wilayah operasi perusahaan.

“Kegiatan pemasangan rambu peringatan ini melindungi hutan keramat kita, jadi kami sangat berterima kasih kepada perusahaan yang selalu menjaga perlindungan hutan di Papua,” kata Karlois Mahuse, perwakilan masyarakat setempat.

Pelestarian Lingkungan merupakan salah satu program Corporate Social Contribution (CSC) PT Tunas Sawa Erma yang bertujuan untuk melindungi ekosistem ekologis yang memiliki nilai konservasi tinggi di hutan lindung di Papua.(dra)

Source: bandung.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button