Curug Maribaya, Wisata Alam Bandung yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

Curug Maribaya, Wisata Alam Bandung yang Wajib Dikunjungi

Perjalanan VIVA – Curug Maribaya merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Bandung yang memiliki pesona luar biasa. Curug Maribaya memiliki air terjun yang deras dan menjadi tujuan para wisatawan untuk bersantai untuk memulihkan kestabilan mental atau istilah saat ini Obat.

objek wisata air terjun maribaya

Air Terjun Maribaya

– Pemandangan air terjun yang menakjubkan

Di Curug Maribaya, di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Anda dapat menemukan dua sungai yaitu Sungai Cikawari dan Sungai Cigulung. Dari dua sungai yang ada di kawasan ini, Anda bisa menemukan 3 air terjun atau riam yaitu Curug Cikoleang, Curug Cigulung dan Curug Cikawari.

Air terjun yang paling populer di kalangan wisatawan adalah Curug Cikawari. Karena di air terjun ini wisatawan bisa berenang dan turun ke lokasi air terjun. Sedangkan untuk Curug Cigulung dan Curug Cikoleang, wisatawan tidak diperbolehkan berenang di kedua air terjun tersebut.

Di kawasan Air Terjun Maribaya, wisatawan bisa mandi atau berenang di kolam kanopi di depan air terjun. Sehingga wisatawan bisa menikmati kesegaran curug di Maribaya dengan lebih aman. Air terjun yang indah di Lembang ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, sehingga airnya bisa menerpa tubuh Anda saat berada di dekat air terjun.

Di sekitar Air Terjun Curug Maribaya terdapat bebatuan dengan ukuran yang berbeda-beda. Anda bisa berfoto dengan latar belakang air terjun yang indah dan pemandangan alam sekitar. Rekaman dijamin bagus.

– Pemandian air panas

Jika Anda berkunjung ke kawasan Maribaya, Anda juga bisa menikmati pemandian air panas di dekat air terjun. Anda harus pergi ke resor yang mengelola sumber air panas di sini. Anda dapat menikmati berbagai jenis pemandian air panas yang ditawarkan oleh resor, yaitu kamar mandi pribadi, Kolam renang VIP, kolam renang mewahdan pedikur.

Anda juga dapat memesan hot tub pribadi atau berenang di kolam air panas umum resor. Pemandian air panas di sini mengandung belerang dan karenanya cocok untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Jika Anda ingin mengunjungi sumber air panas ini, Anda harus datang kepada kami Resor Pemandian Air Panas yang berada di dekat Curug Maribaya.

– Taman hutan besar

Selain air terjun di kawasan Maribaya, Anda juga bisa mengunjungi Taman Hutan Raya Juanda. Anda bisa mencoba track dengan berjalan kaki untuk menikmati pemandangan yang sangat indah dan masih asri di sekitar resort. Di jalur trekking ini, Anda akan dikelilingi oleh pepohonan yang menjulang tinggi, memberikan perasaan sejuk dan menyegarkan.

Bahkan jika Anda melakukan tracking dengan berjalan kaki ke kawasan Taman Hutan Raya Juanda dengan banyaknya pepohonan yang alami dan rindang, Anda tidak akan merasa lelah dan lelah. Ditambah lagi udaranya yang masih segar dan sejuk dijamin membuat hati dan pikiran lebih tenang, rileks, dan bahagia.

Harga tiket, jam buka, dan lokasi

Air Terjun Maribaya

Ingin berkunjung ke Curug Maribaya? Harga tiket masuk ini sekarang berbeda tergantung pada hari kunjungan Anda. Biasanya, harga tiket naik pada akhir pekan atau hari libur nasional. Sedangkan pada hari biasa harga tiketnya lebih murah dan Anda bisa menikmati liburan dengan leluasa karena pengunjungnya tidak banyak.

Harga tiket yang ditetapkan pengelola pada hari biasa sekitar Rp 35.000. Sedangkan di akhir pekan, harganya naik menjadi Rp 45.000. Harga tiket masuk wisata air terjun belum termasuk biaya taman. Biaya parkir kendaraan juga dihitung berdasarkan kendaraan yang Anda bawa.

Kendaraan roda dua akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000 sedangkan kendaraan roda empat akan dikenakan biaya sekitar Rp 20.000. Harga tiket dan parkir dapat berubah sewaktu-waktu. Beberapa wahana yang ditawarkan juga dapat dikenakan biaya tambahan.

Jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 22.00 WIB. Sebaiknya datang pada musim kemarau karena airnya tidak terlalu deras dan juga sangat jernih.

Itinerary Air Terjun Maribaya

Air Terjun Maribaya

Curug Maribaya terletak sekitar 6 kilometer dari kawasan pasar Lembang. Berikut beberapa rute yang bisa Anda ambil.

1. Melalui Rute Dago Atas

Cara pertama menuju Curug Maribaya adalah melalui Dago Atas. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau mobil. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus dan angkutan umum. Di Terminal Dago Anda akan menemukan pertigaan jalan, dari situ arahkan kendaraan belok kiri menuju Dago Giri.

Setelah itu cukup lurus saja sampai bertemu kawasan Lembang lalu Maribaya. Tidak perlu bingung dan khawatir, begitu sampai di tempat ini, pengunjung akan disuguhkan papan penunjuk arah menuju Curug Maribaya. Jadi ikuti saja petunjuknya dan pengunjung akan sampai di tempat tujuan.

2. Melalui rute Setia Budi

Untuk cara kedua, Anda bisa menempuh jalan kesetiaan. Dari Kecamatan Dago langsung menuju Jalan Setia Budi yang dekat dengan kawasan Ledeng dan UPI. Dari sini, pengunjung bisa langsung menuju Lembang lalu ke kawasan Maribaya. Untuk transit, pengunjung juga bisa menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi demi kenyamanan.

3. Melalui jalur Dago-Ciumbeleuit

Untuk mencapai Wisata Curug Maribaya, pengunjung juga dapat melewati jalur Dago Ciumbeleuit. Setelah sampai di kawasan Dago Ciumbeleuit, arahkan kendaraan Anda ke arah Punclut. Dari tempat ini ikuti saja petunjuk arah menuju Lembang. Anda tidak perlu bingung lagi karena perjalanan hanya lurus dan akan sampai di Maribaya.

Demikian ulasan tentang wisata alam Curug Maribaya. Semoga artikel ini dapat menambah informasi Anda dan bermanfaat. Selamat berlibur.

Source: www.viva.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button