Kepulauan Karimunjawa, wisata bahari yang eksotis dengan berbagai wahana air yang seru - WisataHits
wisatahits

Kepulauan Karimunjawa, wisata bahari yang eksotis dengan berbagai wahana air yang seru

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp60.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Karimunjawa, Kab. Jepara, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Ternyata Kepulauan Karimunjawa terletak di Pulau Jawa, lebih tepatnya di Jepara. Untuk luasnya sendiri sekitar 1.500 hektar hanya untuk daratan sedangkan lautnya sekitar 110.000 hektar tidak terlalu luas.

Pulau ini juga terbagi menjadi beberapa wisata lainnya seperti Budidaya Ikan Hiu, Bukit Joko Tuo, Mangrove Tracking dan jangan lupa untuk mencintai perbukitan. Tempat-tempat ini memiliki spot yang sangat menarik dan bisa dijadikan spot foto.

Seperti pemandangan bawah laut yang sangat indah ditemani dengan terumbu karang dan juga ikan-ikan kecil. Oleh karena itu, jika Anda sedang liburan panjang, Anda bisa datang ke Pulau Karimunjawa. Biar makin seru, kamu bisa ajak keluarga atau grup kamu biar makin seru.

Daya Tarik Kepulauan Karimunjawa

Daya Tarik Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Google Maps Naelki Lynx

1. Memiliki warna air kehijauan

Kepulauan Karimunjawa memiliki air yang jernih, bersih dan jika dilihat dari kejauhan akan tampak kehijauan karena pantulan badan alga di bawah perairan. Apalagi jika dibuat untuk berenang, tubuh Anda akan terasa dingin dan juga sejuk.

2. Memiliki banyak pohon

Menariknya, tempat wisata ini memiliki banyak pepohonan sehingga bisa memberikan kesan yang bagus. Dan dapat digunakan sebagai tempat berteduh untuk menghindari panasnya sinar matahari.

3. Udara segar

Pulau eksotis ini sangat cocok untuk pilihan liburan. Karena udara disini sangat segar, sehingga bisa menciptakan suasana liburan yang santai.

4. Banyak spot foto

Daya tarik Kepulauan Karimunjawa yang satu ini sayang untuk dilewatkan. Karena tempatnya yang cantik dan Instagrammable ini banyak diburu oleh para generasi muda dan ibu-ibu modern untuk diabadikan dengan berfoto.

5. Banyak wahana air untuk dicoba

Daya tarik selanjutnya dari pulau ini adalah terdapat banyak wisata air seperti banana boat, snorkeling dan diving yang wajib anda coba. Agar liburanmu lebih berwarna, tidak hambar karena hanya menikmati pemandangan.

Alamat dan rute menuju lokasi pulau

Alamat Pulau KarimunjawaKredit Gambar: Stok Tambahan Google Maps

Siapa sangka letak Kepulauan Karimunjawa berada di Laut Utara, tepatnya di Jawa Tengah dan lebih spesifik lagi di wilayah Jepara. Oleh karena itu, mampirlah ke sini jika Anda sedang berlibur di Jawa Tengah. Sebagai penunjuk arah bisa menggunakan google maps untuk mempermudah atau bahkan hanya mengandalkan rambu-rambu jalan di pinggiran.

Ada dua jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi Karimunjawa yaitu melalui jalur laut dan jalur udara. Kalau lewat jalur laut, memakan waktu sekitar 5-6 jam, buang-buang waktu perjalanan, kan. Dalam hal ini, Anda bisa menyewa kapal muria di pelabuhan Kartini dengan harga yang cukup murah sekitar 60.000.

Sedangkan jika menggunakan kapal ekspres, waktu tempuhnya lebih singkat. Namun, harga yang dikeluarkan agak mahal yakni Rp 150.000.

Yang kedua adalah jalur penerbangan. Melalui rute ini, Anda akan dapat menikmati pemandangan menakjubkan yang disajikan oleh kunjungan dari atas. Namun, waktu tempuh yang digunakan lebih cepat, sekitar 30 menit, sehingga Anda hanya bisa merasakan pemandangan sesaat. Dan biaya yang dikeluarkan juga cukup mahal dibandingkan dengan biaya lewat darat.

Untuk menuju tempat ini anda bisa menggunakan mobil, motor, bus atau bahkan dari jauh anda bisa menggunakan pesawat terbang. Jalan yang harus dilalui juga tidak begitu sulit sehingga dapat dilintasi dengan mudah oleh beberapa kendaraan tersebut.

Perkiraan biaya perjalanan ke pulau

Perkiraan biaya perjalanan ke pulauKredit gambar: Google Maps Adhitiya Indrawijaya

Jika ingin berkunjung ke objek wisata ini, perhatikan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan di bawah ini. Pertama-tama, jika Anda datang dari luar kota atau bahkan dari luar negeri, sebagian dari Anda akan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil sebagai gantinya.

Oleh karena itu, disediakan juga tempat parkir di sekitar lokasi. Dengan harga yang cukup terjangkau untuk sepeda motor, Anda akan dikenakan biaya Rs 2000 sedangkan untuk mobil Anda hanya akan menghabiskan Rs 5000. Namun harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.

Setelah itu, untuk sampai ke tempat tujuan, Anda membutuhkan jasa maritim yang melewati pelabuhan, seperti kapal feri dan kapal ekspres. Harganya juga berkisar antara 60.000 hingga 150.000 rupee.

Saat anda tiba di Kepulauan Karimunjawa, jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi tentunya anda harus menyewa sepeda motor dari persewaan, agar memudahkan perjalanan anda. Harganya sekitar Rp100.000 per hari.

Untuk masuk ke beberapa spot di pulau-pulau tersebut, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 150.000. Cukup murah bukan, karena dengan harga tersebut Anda sudah bisa leluasa menikmati keindahan pulau tersebut.

Apalagi jika ingin bermalam di sini, Anda juga bisa menyewa hostel yang terletak tidak jauh dari tempat wisata tersebut.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Karimunjawa

Aktivitas Seru untuk Kepulauan KarimunjawaKredit gambar: Google Maps Evy Lorini

1. Menyelam

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan di tempat ini adalah menyelam. Kegiatan ini bertujuan agar Anda dapat melihat keindahan pemandangan bawah laut menggunakan peralatan snorkel lengkap agar lebih aman. Karena kegiatan ini berlangsung di perairan Kepulauan Karimunjawa yang lebih dalam.

2. Memancing

Kegiatan selanjutnya adalah memancing. Di tempat wisata ini, Anda tidak perlu repot membawa alat pancing dari hostel atau dari rumah. Karena disini sudah ada tempat untuk menyewa kebutuhan tersebut jadi lebih mudah.

3. Main banana boat

Aktivitas selanjutnya lebih sulit, salah satunya naik banana boat ini. Permainan ini bisa menguji nyali Anda, karena Anda akan berada di atas papan yang bentuknya seperti pisang kemudian ditarik oleh perahu motor.

Kalaupun diambil di tengah laut cukup aman ya. Karena keamanan akan diberikan kepada Anda berupa pelampung yang menempel di tubuh Anda. Dan jangan khawatir karena game ini bisa menampung lebih dari 2 orang agar lebih seru.

4. Ambil gambar

Aktivitas seru yang wajib kamu lakukan di tempat wisata Kepulauan Karimunjawa ini adalah berfoto. Mengapa karena pulau ini memiliki banyak sekali pemandangan yang indah seperti bukit cinta. Karena datang ke sini Anda bisa melihat pantai, tanaman hijau dan lembah.

5. Menikmati matahari terbenam

Sebaiknya datang ke pulau ini pada pagi hari agar Anda bisa mencoba mengunjungi tempat-tempat pulau tersebut dengan puas. Selain itu, jika Anda berada di sini hingga sore hari, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbenam yang sangat indah. Penyebabnya karena munculnya cahaya jingga yang dipancarkan.

6. Snorkeling

Aktivitas Seru di Kepulauan KarimunjawaKredit Gambar: Google Maps WHd Story

Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling di sini. Kegiatan ini hampir mirip dengan menyelam, namun perbedaannya hanya pada kedalaman airnya saja. Jika menyelam lebih dalam, snorkeling memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan dasar laut dengan kedalaman air yang cukup dangkal sehingga lebih aman, terutama untuk pemula, akan sangat cocok.

7. Sandplay

Pasir Kepulauan Karimunjawa sangat halus dan berwarna putih serta memiliki tekstur yang lembut. Jadi bisa juga digunakan untuk bermain seperti membangun istana pasir atau yang lainnya.

8. Berjemur

Wisatawan yang datang dari luar negeri sangat menyukai kegiatan ini. itu bertujuan agar kulit mereka menjadi eksotis seperti orang Asia. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang datang dari luar negeri untuk berjemur di pulau-pulau tersebut.

9. Menikmati matahari terbit

Jika anda berkunjung ke wisata Kepulauan Karimunjawa ini, anda juga bisa bermalam untuk menikmati sunrise di pagi hari. Panorama ini sangat mempesona dan jarang ditemukan jika Anda berada di perkotaan, sehingga Anda harus mengabadikannya. Apalagi bagi pecinta petualang, tentunya akan berburu panorama.

10. Pemantauan mangrove

Pulau ini memiliki kawasan mangrove yang cukup luas dengan jalan kayu yang memanjang. Di tempat wisata ini, Anda akan menemukan banyak spesies hewan dan tumbuhan yang indah. Tetapi ada banyak nyamuk di daerah ini, jadi akan lebih baik jika Anda datang ke sini dengan obat nyamuk.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi murah terdekatKredit gambar: Google Maps Bpk. Arief Rahman Halim

1. Asta Homestay

Hostel pertama yang dekat dengan objek wisata Kepulauan Karimunjawa adalah Asta Homestay. Anda bisa menyewa tempat ini dengan biaya yang cukup murah yaitu sekitar 150.000 saja. Selain itu fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap seperti kamar yang luas dilengkapi dengan kamar mandi pribadi dan AC, wifi, TV dan juga tempat parkir yang cukup luas.

2. Guest House E2

Desain tempat ini cukup menarik seperti Jawa kuno dan setiap unit dibangun memanjang dan berdampingan. Fasilitas yang terdapat didalamnya adalah jumbo bed sehingga bisa menampung 3-4 orang. Untuk harganya sendiri, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 200.000 saja.

3. Leyeh-Leyeh Hostel Karimunjawa

Anda bisa bermalam disini dengan harga yang terjangkau hanya dengan biaya 125.000. Fasilitas yang ditawarkan juga nyaman seperti tempat tidur besar yang dilengkapi dengan kursi, meja dan lemari serta tersedia juga sarapan pagi. Selain itu, desain yang dimiliki juga sangat keren karena di depan asrama terdapat banyak tanaman hijau.

Fasilitas yang tersedia di Kepulauan Karimunjawa

Fasilitas Kepulauan KarimunjawaKredit Gambar: Stok Tambahan Google Maps

Fasilitas pertama di Kepulauan Karimunjawa tentunya adalah tempat parkir. Karena tempat ini sangat penting bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua.

Setelah itu ada kamar mandi, fasilitas ini wajib ada di setiap objek wisata, kenapa karena sangat penting dan bisa memenuhi kebutuhan pengunjungnya agar nyaman.

Yang tidak boleh Anda lewatkan adalah perahunya. Karena perahu ini dapat berfungsi sebagai penghubung antara dua pulau untuk mencapai tujuan Anda. Ada juga gazebo yang bisa Anda gunakan sebagai tempat berteduh.

Fasilitas terbaru dari tempat ini adalah banyaknya permainan air yang seru dan menantang. Oleh karena itu sangat cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal baru dan belum pernah melakukannya sebelumnya.

Berikut beberapa informasi tentang Kepulauan Karimunjawa mulai dari rute yang harus ditempuh hingga biaya yang harus dikeluarkan, yang semuanya telah terangkum dalam pembahasan di atas. Ini akan membuat perencanaan liburan Anda lebih mudah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button