Menparekraf luncurkan KEN 2023 untuk menghasilkan event daerah berkualitas - WisataHits
Yogyakarta

Menparekraf luncurkan KEN 2023 untuk menghasilkan event daerah berkualitas

Menparekraf luncurkan KEN 2023 untuk menghasilkan event daerah berkualitas

JAKARTA (Floresku.com) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno membuka acara “Karisma Event Nusantara (KEN) 2023” di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada Sabtu (28/ 1 ) dalam upaya menggairahkan perekonomian dengan menghadirkan event-event daerah yang berkualitas.

Di tahun ketiganya, Karisma Event Nusantara kembali menyusun 110 event unggulan yang dikurasi dari 291 event yang diusulkan oleh dinas pariwisata provinsi di seluruh Indonesia.

Proses kurasi KEN 2023 dilakukan pada November hingga Desember 2022 dalam tiga tahapan utama, yakni seleksi administrasi, konsep dan wawancara.
Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 didasarkan pada lima area evaluasi yaitu area pariwisata dan industri kreatif, area inovasi dan kreativitas, area event management, area strategi komunikasi dan bidang pengembangan bisnis dan pemasaran.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, di bawah arahan Presiden Joko Widodo, penyelenggaraan event bisa menjadi lokomotif atau penggerak perekonomian daerah dan revitalisasi pariwisata Indonesia.

“KEN 2023 memiliki kemampuan untuk mendorong revitalisasi daerah, saya melihat setiap event dari Sabang sampai Merauke semuanya memiliki kemampuan untuk menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, event olah raga hingga event terkait festival. Saya juga melihat, jika kegiatan ini dilakukan dengan kualitas yang lebih tinggi, kita dapat menciptakan kunci pemulihan ekonomi,” kata Menparekraf Sandiaga.

Launching KEN 2023 bertajuk Karisma Event Nusantara Festival menghadirkan event festival yang dibuka untuk umum di Keong Mas Plaza.

Ada enam area aktivasi interaktif, hasil kolaborasi dengan daerah, asosiasi dan komunitas, menawarkan pengalaman tak terlupakan kepada pengunjung melalui instalasi artistik, galeri seni dan foto 110 KEN 2023, pertunjukan seni dan budaya, “acara mini” pengalaman dan lokakarya kerajinan dan memasak demonstrasi, karya daur ulang, pameran produk UMKM (Pangan, Kerajinan, Wastra) dan berbagai inspirasi penyelenggaraan acara di berbagai daerah lainnya.

KEN Festival 2023 dimeriahkan oleh sederet artis mulai dari penggiat seni hingga seniman musik dari daerah masing-masing, antara lain Festival Kuliner Aceh, Festival Sasirangan Banjarmasin, Bogor Street Festival/Cap Go Meh, Festival Bakuung, Festival Bunga dan Buah, Festival Pacu Jalan , Festival Rujak Uleg, Festival Tabut, Festival Tenun Ulos & Fashion, Jember Fashion Carnaval, Jogja Violin Fest, Alam Music Fest, Samosir Music International dan Tomohon International Flower Festival.

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, menjadi tuan rumah acara daerah juga menguntungkan UMKM. Sebagai contoh, pada tahun 2022, program KEN mencatat penyelenggaraan event daerah berdampak pada lebih dari 3.000.000 pergerakan wisatawan yang melibatkan lebih dari 11.000 UMKM.

Dalam pelaksanaannya, KEN juga telah menciptakan lapangan kerja dan menjadi tuan rumah bagi 55.000 seniman/acara, 11.000 pekerja, dan 250 asosiasi/komunitas. Kolaborasi dan ketahanan yang harus dihargai oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, komunitas, dan pemangku kepentingan lainnya di industri acara.

“Oleh karena itu, saya mengajak federasi untuk jemput bola, datang ke daerah, kabupaten, kota, dan provinsi untuk menawarkan event yang berkualitas. Kalau event-event ini bisa dilakukan, jangan dilakukan semua di akhir tahun tapi lakukan semuanya di awal tahun karena kalau kita pindahkan awal tahun ini akan terlihat efek yang lebih baik,” kata Menparekraf.

Selain peluncuran KEN 2023, Menparekraf Sandiaga juga meluncurkan “Sportive 2023” yaitu olah raga, musik, dan acara kreatif.

“Olahraga itu banyak, karena event olahraga atau sport tourism menjadi daya tarik. Misalnya, kami akan menjadi tuan rumah World Beach Games 2023. Sehingga akan semakin banyak event seperti ini tidak hanya di Jakarta dan Bali tapi juga di daerah lain yang akan membantu meningkatkan pariwisata,” kata Menparekraf.

Presiden Joko Widodo dalam keterangannya mengatakan bahwa pemerintah baru saja mencanangkan gerakan nasional “Bangga Bepergian di Indonesia Aja” untuk mengajak lebih banyak orang berwisata di dalam negeri di Indonesia dan pertumbuhan wisatawan domestik hingga berlipat ganda.

Karena itu, ia mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, pemerintah kota, dan pemangku kepentingan industri event untuk bersinergi dan bersinergi meningkatkan kualitas destinasi dan menambah jumlah atraksi event yang atraktif.

“Tahun 2023 akan ada 110 event Karisma Nusantara dan 65 event olahraga musik dan kreatif, menjadi magnet penarik wisatawan lokal dan mancanegara untuk menikmati wisata Indonesia. Event unik dengan semangat lestari ini akan menjadi publisitas yang baik untuk meningkatkan citra pariwisata ini di mata wisatawan lokal maupun mancanegara,” kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga meyakini pariwisata dan industri kreatif akan meningkat lebih tajam dan pulih dengan perbaikan sarana dan prasarana pariwisata, kemudahan transportasi, konektivitas, ketersediaan SDM dan akomodasi.

Didampingi Menparekraf, Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Event) Kemenparekraf Rizki Handayani dan sejumlah pejabat Kemenparekraf.

Turut hadir Deputi Koordinator Pariwisata dan Industri Kreatif, Kemenkomarvest Oddo RM Manuhutu; Komisioner Kebudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta; Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Gutmen Nainggolan, Deputi Bidang Usaha Mikro, Novieta; dan Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Rusdy Mastura.

kurator KEN 2023 Bagus Utama (Loket.com); Icu Surtini Marwati (Traveloka); Galih Sedayu (ICCN); Renitasari Adrian (Yayasan Djarum Bhakti); Debora Sharon (Di Belakang Panggung); Vera Damayanti (Pendidikan Ve); Dewi Ghonta (Produksi Java Festival); dan Yoris Sebastian (Penasihat OMG).

Perwakilan asosiasi dan industri, Ketua IVENDO, Mulkan Kamaludin; Ketua Umum Backstagers, Sofyan Nasution; Ketua KORMINAS, Hayono Isman; dan Ketua KOI Raja Sapta Oktahari. (SP/Silvia). ***

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button