Dua kepala desa di Bantul mencatat seleksi calon kepala desa - WisataHits
Yogyakarta

Dua kepala desa di Bantul mencatat seleksi calon kepala desa

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL – Proses seleksi lurah (pilur) di Kabupaten Bantul sedang berlangsung dan saat ini sedang berlangsung dengan proses seleksi calon lurah untuk kecamatan yang pendaftarnya lebih dari lima.

Ada dua kecamatan tempat pemilihan berlangsung, Desa Gadingsari, Kapanewon Sanden dan Desa Bangunharjo, Kapanewon Sewon.

Kepala Dinas Desa Dinas Pemberdayaan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat (DPMK) Bantul Nanang Mujiyanto mengatakan, sesuai aturan, calon kepala desa yang bekerja sama dengan pihak ketiga atau perguruan tinggi harus lebih dari lima orang.

Baca Juga: Pemkab Magelang Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Proses seleksi diberikan kepada masing-masing panitia di masing-masing distrik.

“Seleksi calon lurah akan dilakukan pada 23-24 Agustus. Tempat pemilihan calon lurah menjadi kewenangan masing-masing panitia pilur,” ujarnya, Selasa (23/8/2022).

Setelah proses seleksi selesai, dilanjutkan dengan penetapan calon kepala desa dan dilakukan pengundian nomor urut bersama kepala desa lainnya. Tahap selanjutnya adalah implementasi visi dan misi calon kepala desa dan kampanye calon lurah.

“Proses pemilihan kepala desa akan dilakukan serentak pada 25 September mendatang,” katanya.

Sementara itu, Nova Kristianto, Ketua Panitia Pemilihan Lurah di Desa Bangunharjo, mengatakan tujuh calon Lurah telah resmi mendaftar.

Seleksi calon yang potensial dilakukan dengan mengumpulkan lima orang yang akan diangkat menjadi calon kepala desa.

Proses seleksi akan berlangsung pada 23 Agustus 2022.

Pada hari yang sama, setelah pemilihan calon Lura, pihaknya akan mengumumkan lima calon Lura yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon Lura.

Baca Juga: Pemkab Magelang Gelar Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata

Ada tiga jenis prosedur seleksi, yaitu pembobotan, tes pilihan ganda tertulis, dan tes deskripsi.

“Semua calon Lurah tidak mengetahui lokasi seleksi maupun pihak ketiga yang akan mengujinya sehingga proses seleksi benar-benar akuntabel. Lokasi dan pihak ketiga yang kami tangani dalam menyeleksi calon Lurah merupakan rahasia dari Panitia Pilur,” ujarnya.

Pada hari yang sama, setelah pemilihan calon Lura, pihaknya akan mengumumkan lima calon Lura yang nantinya akan ditetapkan sebagai calon Lura. (n)

Source: jogja.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button