KEN 2023 resmi diluncurkan, ada 110 event unggulan! - WisataHits
wisatahits

KEN 2023 resmi diluncurkan, ada 110 event unggulan!

KEN 2023 resmi diluncurkan, ada 110 event unggulan!

Piknikdong.com – Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan program “Karisma Event Nusantara (KEN) 2023” di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada Sabtu (28/1/2023) dengan tujuan meningkatkan perekonomian dengan menghadirkan kualitas zona acara.

Di tahun ketiganya, Karisma Event Nusantara kembali merangkum 110 event besar yang diselenggarakan dari 291 event yang ditawarkan oleh dinas pariwisata provinsi di seluruh Indonesia.

KEN 2023 resmi diluncurkan, ada 110 event unggulan!KEN 2023 resmi diluncurkan, ada 110 event unggulan! foto: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Proses kurasi KEN 2023 berlangsung pada November-Desember 2022 melalui tiga tahapan utama yaitu seleksi administrasi, konsep dan wawancara.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kurasi KEN 2023 didasarkan pada lima bidang penilaian, yaitu Bidang Pariwisata dan Kreatif, Bidang Inovasi dan Kreativitas, Bidang Event Management, bidang strategi komunikasi, dan bidang pengembangan bisnis dan pemasaran.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, penyelenggaraan event bisa menjadi lokomotif atau motor penggerak perekonomian daerah dan kebangkitan pariwisata Indonesia.

“KEN 2023 mampu mendorong kebangkitan daerah, saya melihat dari setiap event dari Sabang sampai Merauke, semuanya mampu menggerakkan perekonomian daerah, mulai dari event budaya, olahraga, hingga festival. Saya juga melihat kita bisa mengadakan kunci pemulihan ekonomi jika acara ini dilakukan dengan kualitas unggul,”

ujar Menparekraf Sandiaga.

Bertajuk Karisma Event Nusantara Festival, peluncuran KEN 2023 menampilkan event festival yang dapat dikunjungi oleh masyarakat luas di Plaza Keong Mas.

Terdapat enam zona aktivasi interaktif hasil kerjasama dengan daerah, asosiasi dan komunitas yang akan memberikan pengalaman berkesan bagi pengunjung melalui instalasi seni, galeri seni dan foto 110 KEN 2023, pertunjukan pengalaman seni dan budaya, “mini event”, workshop kerajinan dan demo masak, karya daur ulang, pameran produk UMKM (pangan, kerajinan, wastra) dan berbagai inspirasi penyelenggaraan event di berbagai daerah lainnya.

KEN Festival 2023 dipandu oleh sejumlah artis mulai dari penggiat seni hingga seniman musik dari daerah masing-masing, antara lain Festival Kuliner Aceh, Festival Sasirangan Banjarmasin, Festival Jalan Bogor/Cap Go Meh, Festival Bakuung, Festival Bunga dan Buah, Festival Jalan Pacu , Festival Rujak Uleg, Festival Bahtera, Festival Tenun Ulos & Fashion, Jember Fashion Carnival, Jogja Violin Fest, Alam Music Fest, Samosir Music International dan Tomohon International Flower Festival.

Menparekraf Sandiaga, menjelaskan penyelenggaraan event daerah juga memberikan manfaat bagi UMKM.

Misalnya pada tahun 2022, melalui program KEN, tercatat penyelenggaraan event daerah telah berdampak pada lebih dari 3.000.000 pergerakan wisatawan yang melibatkan lebih dari 11.000 UMKM.

Dalam pelaksanaannya, KEN juga membuka lapangan kerja dan menyerap 55.000 seniman/event, 11.000 tenaga kerja dan 250 asosiasi/komunitas.

Sebuah kolaborasi dan ketangguhan yang patut diapresiasi oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, komunitas dan pelaku lainnya di industri event.

“Oleh karena itu, saya mengajak asosiasi-asosiasi untuk mengangkat obor, datang ke daerah, kabupaten, kota dan provinsi untuk menawarkan event yang berkualitas.

Kalau event-event ini bisa dilakukan, jangan dilakukan semua di akhir tahun, tapi di awal tahun, karena dengan memindahkannya ke awal tahun, kita akan melihat dampak yang lebih baik”,

kata Menparekraf.

Selain peluncuran KEN 2023, Menparekraf Sandiaga juga mencanangkan “Sportive 2023” yaitu acara olah raga, musik dan kreatif.

“Olahraga banyak sekali, karena event olahraga atau wisata olahraga itu menjadi daya tarik. Seperti, kita akan adakan World Beach Games 2023.

Jadi, akan semakin banyak event seperti ini, tidak hanya di Jakarta dan Bali, tapi juga di daerah lain, yang juga akan meningkatkan pariwisata,”

kata Menparekraf.

Presiden Joko Widodo dalam keterangannya mengatakan bahwa pemerintah baru saja mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Berwisata ke Indonesia aja untuk mengajak lebih banyak orang berwisata ke Indonesia di dalam negeri dan merangsang pertumbuhan wisatawan domestik hingga dua kali lipat. .

Oleh karena itu, mendorong pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, komunitas, dan pelaku industri event untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas destinasi, guna meningkatkan jumlah atraksi event yang atraktif.

“Tahun 2023 akan ada 110 event Karisma Nusantara dan 65 event olah raga dan musik kreatif yang akan menjadi magnet untuk menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk menikmati pariwisata Indonesia.

Event-event unik dengan semangat lestari ini akan menjadi promosi yang baik untuk meningkatkan citra pariwisata ini di mata wisatawan nasional dan juga mancanegara.

kata Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga meyakini dengan perbaikan sarana dan prasarana pariwisata, kemudahan transportasi, konektivitas, kesiapan SDM dan akomodasi, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan mengalami pertumbuhan dan pemulihan yang lebih kuat.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button