Kementerian PUPR - WisataHits
Jawa Barat

Kementerian PUPR




Purwakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres pembangunan Jalan Tol Jakarta Selatan-Cikampek (Japek) II yang menghubungkan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 1, JORR 2 dan Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) Jalan tol di Jawa Barat, Selasa (20/9/2022). Pembangunan Tol Japek II Selatan dimaksudkan untuk mendukung pengembangan kawasan industri, pemukiman dan wisata di sepanjang jalan tol tersebut. Selain itu juga menjadi jalur alternatif bagi masyarakat Jakarta-Bandung atau sebaliknya.

Dalam tinjauannya, Menteri Basuki menginstruksikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk mempercepat penyelesaian konstruksi secara bertahap, khususnya di Seksi 3 Taman Mekar – Sadang sepanjang 27,85 km. “Sadang-Kutanagara seksi 9 Km akan kami selesaikan terlebih dahulu pada Desember 2022 untuk mendukung libur Nataru. Kita akan melihat bahwa masalahnya adalah masalah keuangan. Saya sudah menghubungi Wakil Menteri BUMN untuk mendorong PT Jasa Marga mempercepat penyelesaian pekerjaan konstruksi yang sudah mencapai 67 persen,” kata Menteri Basuki.

Dengan mekanisme tersebut, Menteri Basuki berharap PT Waskita Karya (Persero) sebagai operator konstruksi dapat fokus menyelesaikan pengerjaan Tol Japek II Selatan. Tol Japek II Selatan merupakan Proyek Strategis Nasional yang dibangun melalui pendanaan dari APBN/APBD, BUMN dan swasta bekerjasama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga dan PT Wiranusantara Bumi.

“Kita upayakan selesai pada 2024. Untuk Idul Fitri 2023 kita upayakan masuk Gerbang Sukabungah sedangkan 2024 selesai Gerbang Jati Asih 2024,” kata Menteri Basuki.

Jalan Tol Jakarta Selatan – Cikampek II membentang sepanjang 64 kilometer (km) dengan biaya modal Rp 14,69 triliun selama masa konsesi 35 tahun. Pembangunan jalan tol ini terbagi menjadi 3 (tiga) seksi yaitu Seksi 1 Jatiasih – Setu sepanjang 9,3 km, Seksi 2 Setu – Taman Mekar sepanjang 24,85 km dan Seksi 3 Taman Mekar – Sadang sepanjang 27,85 kilometer. Secara konstruksi, jalan tol ini akan memiliki 7 (tujuh) pintu tol, yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara dan GT Sadang.

Mendampingi Menteri Basuki, Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Teknologi, Perindustrian dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Bina Marga Ditjen Bina Marga Budi Harimawan Semihardjo, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol PUPR Kementerian Danang Parikesit dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jakarta-Jawa Barat Wilan Oktavian. (Tiga)



Apakah informasi di atas cukup membantu?




Kantor Komunikasi Publik Kementerian PUPR
Facebook: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Twitter: @kemenpu
Instagram: Kemenpupr
Youtube: Kemenpu

#SigapBuildingCountry



Source: pu.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button