Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan lokakarya di Klaten tentang pengenalan teknologi digital di sektor pendidikan - WisataHits
Jawa Tengah

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan lokakarya di Klaten tentang pengenalan teknologi digital di sektor pendidikan

KLATEN – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar workshop pada Rabu (31.8.2022) melalui Direktorat Ekonomi Digital tentang pengenalan teknologi digital pada sektor pendidikan di Kabupaten Klaten. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grand Tjokro ini diikuti oleh para guru dan tenaga kependidikan dari SMA-SMK se-Kabupaten Klaten.

Dikki Rukmana, Ketua Tim Transformasi Digital Bidang Strategis Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata Direktorat Ekonomi Digital, mengatakan agenda tersebut merupakan salah satu kegiatan Direktorat Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendigitalkan sektor secara strategis, khususnya di bidang pendidikan.

“Direktorat Ekonomi Digital memiliki program untuk mengimplementasikan teknologi digital di 6 sektor strategis, dengan beberapa inisiatif digital di sektor pertanian, transportasi laut, sektor pendidikan, sektor logistik, sektor pariwisata dan sektor kesehatan,” katanya dalam sambutannya.

Menurut dia, workshop ini akan mematangkan pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung pembelajaran di lembaga pendidikan. Pasalnya, modus belajar melalui platform digital sudah berlangsung sejak pandemi Covid-19.

“Transformasi pembelajaran dari tatap muka ke pembelajaran jarak jauh selama pandemi terakhir, ketika kelas tatap muka kembali. Workshop ini memfinalisasi penggunaan platform digital dalam metode pembelajaran saat ini, yaitu kurikulum mandiri. Berdasarkan pengalaman selama pandemi terakhir, guru dan staf pengajar dihimbau untuk lebih memanfaatkan teknologi digital yang ada,” ujarnya.

Workshop ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemendikbudristek, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Klaten (Diskominfo), Amin Mustofa.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Diskoinfo Klaten, Amin Mustofa memberikan apresiasi terhadap workshop pengenalan teknologi digital di bidang pendidikan. Menurutnya, hal ini sejalan dengan tujuan Klaten Smart City yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten.

“Lokakarya pengenalan teknologi digital dalam pendidikan ini merupakan forum yang baik bagi penerapan teknologi pendidikan untuk menjawab permasalahan mendasar pendidikan saat ini secara substantif dan komprehensif. Tantangan pendidikan di Industri 4.0 akan membawa perubahan cara siswa belajar, berpikir dan bertindak untuk mengembangkan inovasi-inovasi kreatif di berbagai bidang,” ujarnya.

Menurutnya, sudah saatnya dunia pendidikan di Klaten memanfaatkan teknologi digital secara maksimal. Sehingga sektor pendidikan terus berkembang ke arah yang lebih progresif.

“Kondisi pandemi menjadi pelajaran bagi kita bahwa manajemen pendidikan harus dijalankan dengan penyesuaian mendasar dan itupun harus dibarengi dengan perbaikan perilaku belajar dan mengajar berbasis teknologi pendidikan yang terus berkembang. Sebagaimana kita ketahui, bidang pendidikan merupakan urusan fundamental yang harus dijalankan oleh pemerintah sebagai bagian dari mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga sudah sepatutnya semua pihak, seluruh elemen negara, memiliki peran penting dalam kontribusinya terhadap pembangunan. potensi setiap generasi bangsa dan mengembangkan kualitas yang tinggi,” jelasnya.

(ang/Kominfo-klt)

baca: 6 kali

Source: klatenkab.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button