Kuliner Khas Garut yang wajib kamu coba - WisataHits
Jawa Tengah

Kuliner Khas Garut yang wajib kamu coba

JAKARTA – Siapa yang pernah liburan ke Garut dan menjajaki wisata kuliner di sana? Di Garut, Anda pasti akan dihadapkan pada pilihan sulit untuk mencicipi kuliner yang dulu begitu kaya dan lezat. Ya, Garut memang terkenal dengan wisata “mencicipi” yang menggugah selera.

Garut merupakan salah satu daerah di Jawa Barat yang terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Nah, ini dia beberapa rekomendasi kuliner yang bisa kamu coba selama liburan di Garut, Jawa Barat seperti dilansir foodnesia.net.

Chocodot Khas Garut
Dodol khas garut saat ini semakin terkenal berkat penampilannya yang kekinian dan teknologi pengemasan yang semakin menarik, dan kini berkembang menjadi tren di kalangan anak muda. Inovasi warga Garut untuk menaikkan derajat kuliner khas Garut patut mendapat pengakuan.

Bukan lagi sekadar makanan garut biasa, dodol sudah dipadukan dengan bahan lain seperti chocodot, cokelat isi dodol. Nama Chocodot adalah hasil dari penggabungan Dodol dan coklat untuk menciptakan makanan baru yang lezat dan kekinian.

Hingga saat ini, ada beberapa varian Chocodot yang populer dan sering dijadikan oleh-oleh, seperti: B. Dodol, yang terbuat dari campuran kacang-kacangan, buah-buahan, bahkan cabai.

Nasi hidup
Tidak hanya di Solo, Garut juga memiliki Nasi Liwet yang memiliki tampilan dan penyajian yang berbeda. Nasi liwet disajikan langsung dari panci yang ditaburi cabai.

Nasi Liwet enak disantap dengan lauk ayam, tahu, tempe, sambal dan lalapan. rm Asep Strawberry merupakan rekomendasi resto yang populer bagi para pendatang baru yang sedang berlibur atau singgah dalam perjalanan ke Garut.

Garut
Pernahkah Anda mendengar tentang Dorokdok Garut? Ya, namanya agak aneh neraka di telinga publik. Dorokdok adalah kerupuk khas garut.

Dorokdok diolah dari kulit sapi kemudian dilapisi dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang enak dan gurih. Makanan ini berasal dari daerah Sukagalih Tarogong Kidul namun banyak dijual di toko-toko di daerah Garut.

Kemasannya terbuat dari plastik transparan dengan berbagai ukuran dan sangat praktis sebagai oleh-oleh setelah liburan dari Garut.

Soto Ayam Garut
Garut juga memiliki makanan khas berupa soto Kamu tahu. Perbedaan Soto Garut dengan daerah lain terletak pada kuahnya yang cenderung asin dan gurih karena dibuat dari santan dan bumbu.

Soto ayam garut memiliki kuah kuning kental, tidak seperti soto kebanyakan yang kuahnya bening. Nikmati sop ayam garut dengan tambahan taburan kacang kedelai di atasnya. EitsJangan lewatkan bawang goreng untuk menambah cita rasa yang lezat.

Sop ayam garut adalah bukti kelezatan makanan sunda yang sulit disiapkan Lanjutkan.

Sambal Cibiuk Garut
Ada sambal yang enak, masakan khas garut yang bernama Cabe Cibiuk. Nama tersebut sesuai dengan daerah asal sambal yaitu Cibiuk, Garut. Menurut masyarakat sekitar, resep sambal ini berasal dari tanah Arab.

Perbedaan sambal ini terletak pada bahannya yang terdiri dari tomat hijau, cabai hijau, serawung dan bumbu khas lainnya. Sambal Cibiuk tidak membuat perut panas, meski pedas di lidah.

Pecinta makanan pedas wajib mencoba sambal cibiuk asal Garut ini.

pagi
Moring adalah singkatan dari cimol kering. Jajanan Garut ini sebenarnya terbuat dari cimol yang dipotong tipis-tipis lalu digoreng.

Moring yang termasuk dalam kategori keripik ini terbuat dari tapioka atau tepung kanji yang dibumbui dengan resep rahasia. Agar terlihat kekinian, moring dihadirkan dengan berbagai rasa seperti BBQ, keju dan lainnya.

Moring cocok sebagai oleh-oleh bagi penikmatnya camilan menemani waktu belajar, menonton TV dan kegiatan santai lainnya.

Dodol Garut
Liburan di Garut kurang menyenangkan jika belum mencoba Dodol Garut. Makanan khas Sunda ini sudah menjadi ikon dan identitas garut yang tidak bisa dipisahkan.

Kalau bicara tentang Garut, pasti ingat Dodol. Hingga saat ini, makanan khas Garut ini belum tergantikan oleh waktu. Bahkan, makanan tradisional ini juga telah disulap dengan berbagai rasa yang tak kalah enak dari versi aslinya.

Dodol merupakan masakan Garut yang tidak ada duanya. Tidak Perdebatan!

Itulah beberapa rekomendasi kuliner khas untuk liburan Anda di Garut. Jangan lupa berbelanja untuk kepentingan memajukan UMKM Indonesia.

Source: www.validnews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button