Kemenhub siapkan rekayasa lalu lintas untuk mendukung kelancaran KTT G20 - WisataHits
Jawa Timur

Kemenhub siapkan rekayasa lalu lintas untuk mendukung kelancaran KTT G20

Hari ini kami mengajak para pemangku kepentingan untuk mendukung pelaksanaan MRLL di acara G20 agar semua delegasi dan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik

JAKARTA (ANTARA) – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan dukungan Traffic Engineering Management (MRLL) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat untuk kelancaran penyelenggaraan KTT G20 Bali pada November mendatang.

“Hari ini kami mengajak para pemangku kepentingan untuk mendukung pelaksanaan MRLL di acara G20 agar semua delegasi dan kegiatan masyarakat berjalan dengan baik,” kata Hendro Sugiatno, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, pada Rapat Koordinasi Pelaksanaan KTT G20 Indonesia 2022 di Bali, Selasa .

Dalam pertemuan dua hari pada 12-13 September 2022, Dirjen Hendro mengatakan rencana pengendalian lalu lintas jalan akan diterapkan di 10 ruas jalan mulai dari kawasan bandara, Seminyak, Sanur, Jimbaran, dan Nusa Dua.

Skenario MRLL yang disiapkan Ditjen Bea dan Informasi berupa skema ganjil genap dan pembatasan pengoperasian lalu lintas barang.

Pada kegiatan hari ini, Dirjen Hendro berterima kasih atas masukan dari seluruh pemangku kepentingan yang hadir sehingga dapat memperkaya renungan stafnya dalam menentukan dan mempersiapkan MRLL untuk KTT G20.

“Selain itu, kami akan mencari waktu kapan permainan tanah taktis (TFG) akan dilakukan bersama dengan polisi negara dan kami akan melakukan sosialisasi nanti. Sosialisasi ini agar masyarakat, stakeholders pariwisata di Bali dan di luar Bali mengetahui tentang rekayasa transportasi terkait KTT G20,” ujarnya.

Hendro mengatakan pihaknya menyadari konferensi internasional akan mempengaruhi mobilitas masyarakat lokal dan wisatawan Bali, sehingga ia berharap dengan menyelesaikan persiapan MRLL, mereka dapat menghindari kemacetan lalu lintas di hub transportasi yang akan dilalui delegasi.

30 unit bus listrik kini digunakan untuk mengangkut delegasi ke KTT G20.

Bus listrik ini merupakan hasil penyewaan bus listrik program BTS dari kota Bandung dan Surabaya serta pengadaan Bus Merah Putih bekerjasama dengan Ditjen Data dan Informatika, Ditjen Dikti. Teknologi dan INKA.

“Mudah-mudahan ada titik yang bisa kita selesaikan sehingga bisa kita koordinasikan bersama. Maksud saya pertemuan hari ini adalah memberikan dukungan maksimal agar KTT G20 berjalan dengan baik dari sisi kelancaran arus orang dan barang,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Angkutan Jalan Cucu Mulyana mengatakan, pembatasan pergerakan barang dan pemberlakuan jumlah ganjil akan dilaksanakan mulai 8-19 November 2022 mulai pukul 06.00 hingga 20.00 WITA.

Sementara itu, pembukaan dan penutupan arus lalu lintas direncanakan untuk ruas-ruas jalan sebagai berikut:

1. Simpang Pasenggaran – Hutan Mangrove
2 jl. Pantai yang antusias – Hotel Apurva Kempinski
3. Persimpangan Unud – GWK

“Seminggu sebelum KTT G20 digelar, akan dilakukan uji sistem ganjil genap agar kondisi lalu lintas dan jumlah kendaraan dapat diketahui pada hari penyelenggaraannya,” kata Cucu.

Turut hadir dalam pertemuan ini Karobinops Sops Polri Brigjen Pol. Roma Hutajulu, perwakilan Kemenparekraf, Polda Bali, Dinas Perhubungan Provinsi Bali dan pemangku kepentingan terkait lainnya.

Baca Juga: Polisi Kerahkan 8.000 Staf untuk Amankan KTT G20 di Bali
Baca juga: Menlu: Persiapan KTT G20 Sudah “on the track”
Baca Juga: Penataan Tol Bali Mandara Jelang KTT G20 Capai 100 Persen

Wartawan: Adimas Raditya Fahky P
Penerbit: Biqwanto Situmorang
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: www.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button