Kemendikbudristek dorong lulusan PKN terus kerjasama - WisataHits
Jawa Timur

Kemendikbudristek dorong lulusan PKN terus kerjasama

JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendorong lulusan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Angkatan VI Tahun 2022 Tingkat II untuk melanjutkan kerjasama.

“Selamat kepada peserta yang telah menyelesaikan seluruh proses PKN Level II Batch VI dengan baik. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan di organisasi masing-masing dan berdampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan organisasi publik Indonesia. Terus bersinergi membangun Indonesia,” kata Suharti, Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Teknologi, di Jakarta, Jumat.

Suharti mengatakan, sebagai Pejabat Tinggi Pratama, peserta PKN Tingkat II berkesempatan untuk berkontribusi secara optimal dalam perumusan strategi peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Oleh karena itu, semangat gotong royong harus lebih digalakkan dan dikembangkan dalam kerangka seluruh pemerintahan.

“Saya mengundang Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Polri, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya memajukan pendidikan di Indonesia secara bersama-sama,” ujarnya.

Adi Suryanto, Kepala Badan Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia, secara resmi mengakhiri PKN Tingkat II Batch VI Tahun 2022 dan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas keberhasilan pelaksanaan PKN Tingkat II Batch VI 2022.

Ari berpesan kepada peserta PKN agar mampu mengartikulasikan dan mendeskripsikan setiap permasalahan yang ada di organisasinya. “Kalau kita punya agenda perubahan, bagaimana ide itu muncul, kemudian diimplementasikan dan diimplementasikan dengan sukses, itu tugas kita sebagai pemimpin,” ujarnya.

– Iklan –

Kepala Pusdiklat Amurwani Dwi Lestariningsih melaporkan, 59 peserta PKN Tingkat II-Tingkat VI berasal dari berbagai kementerian dan lembaga.

Amurwani mengatakan, seluruh peserta PKN Tingkat II mengikuti blended learning yang terdiri dari pembelajaran online asynchronous menggunakan LMS ASN Unggul Lembaga Administrasi Negara dan pembelajaran synchronous menggunakan media Zoom, pembelajaran kelas klasik dan pembelajaran di tempat kerja masing-masing peserta.

Selama pelatihan, peserta aktif mengikuti kunjungan online agenda pembelajaran di PT Paragon Technology and Innovation dan PT Astra Education Foundation.

Selain itu, peserta mengikuti kepemimpinan nasional di 12 fokus lokasi yaitu Taman Siswa, Universitas AMIKOM, Desa Mrican, Desa Wisata Jamu Kiringan, ATMI Surakarta, Desa Panggungharjo, SMA N 5 Surabaya, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Kota Mojokerto, SMA Islam Negeri 1 dan Madrasah Tsanawiyah I Kota Malang, Universitas Kristen Petra dan Kampung Cempluk Malang.

Tema penyelenggaraan PKN Tingkat II Batch VI tahun 2021 adalah “Membangun Ekosistem Pendidikan Berkualitas Partisipatif dan Kolaboratif”. Pada topik tersebut, peserta PKN Tingkat II Angkatan 6 Tahun 2022 menyiapkan policy brief yang berjudul Strategi Peningkatan Kegotongroyongan dan Solidaritas dalam Mengatasi Kehilangan Belajar di Sekolah Dasar.

Setelah mengikuti rangkaian proses pelatihan secara penuh, dari 59 peserta PKN Tingkat II-Tingkat VI, 11 peserta tuntas dengan penilaian sangat memuaskan, 47 orang dengan penilaian memuaskan, dan satu peserta tertunda penyelesaiannya. (*/antaranews.com)

Source: radarmojokerto.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button