Kemajuan terbaru armada AKAP PO TAM, Made Sleeper!! - WisataHits
Jawa Timur

Kemajuan terbaru armada AKAP PO TAM, Made Sleeper!!

Jakarta, Padangkita.com – Calon Raja Bus atau Perusahaan Otobus (PO) dari Pulau Sumatera sebentar lagi akan lahir. Ya, tak lain adalah PO Tunas Antarnusa Muda (TAM) yang notabene dikabarkan akan merilis people carrier pertamanya sejak bulan lalu.

Saat ini dapat dikatakan bahwa bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP) terbaru, PO TAM, saat ini di Body Garage Adiputro Kota Malang, Jawa Timur, sudah lebih dari 85 persen selesai dan dalam proses penyelesaian.

Kabar ini diumumkan langsung oleh Adiputro melalui video YouTube dari akun Bengkel Bus Adiputro yang diunggah pada Selasa pagi (15/11/2022).

Kemunculan dua unit bus terbaru PO TAM tipe Jetbus 3+ New MHD dari Karoseri Adiputro. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Garasi Bus Adiputro]Video yang berdurasi lebih dari 8 menit itu memperlihatkan kondisi bodi baru masih dalam penyempurnaan jok dan berbagai fitur penunjang lainnya.

“TAM PO ini mencakup 10 unit sasis Mercy 1626 AT. Kemarin ada kerusuhan, sebulan yang lalu kalau tidak salah. Nah ini unit yang udah jadi temen,” jelasnya tuan rumah Garasi Bus Adiputro melihat dua buah bus yang terparkir di Gedung Garasi Finishing Utama Adiputro.

Dijelaskannya, dari total 10 unit, saat ini 5 unit sudah jadi alias hampir selesai tubuhmiliknya.

Dua unit bus PO TAM di garasi sepertinya sudah terpasang tubuh MHD baru, satu unit dengan kaca ganda dan unit lain dengan kaca gelas tunggal atau gelas tunggal.

Kedua bus menggunakan pola or livery yang terbaru didominasi warna coklat muda dan silver. Di sampingnya ada syal kecil yang sangat minimalis.

tuasitu sangat sederhana. Nah, kalau scarfnya mengikuti model SDV 3++. Sama seperti PO SAN dan Gunung Harta ya,” ujarnya.

Saat memasuki area kabin, bus ini terlihat bekas Tubuh dek ganda atau bus tingkat yang digunakan sebagai bus persinggahan atau tidur. Tampaknya tidak ada satu kursi pun yang menempel di dek atas, tetapi ada rel besi yang tampaknya digunakan sebagai kelas eksekutif.

Pemandangan dek atas PO TAM tipe terbaru Jetbus 3+ Bus MHD baru dari Karoseri Adiputro. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Garasi Bus Adiputro]Jika dek atas menjadi kelas eksekutif, bisa dipastikan dek bawah akan menjadi kelas nanti kursi tidur. Tentunya kita menunggu kabar resmi dari PO TAM.

Sebelumnya diberitakan, pemilik PT. Tunas Antarnusa Muda (TAM), Taufik berbicara kepada YouTuber bus ternama Indonesia Andriawan Pratikto, mengungkapkan pada Minggu (10/9/2022) telah dipasang 5 unit armada bus baru PO TAM tubuh Jetbus 3+ MHD diproduksi oleh produsen body bus ternama, yaitu Adiputro Body.

Kemunculan bus AKAP terbaru dari PO TAM. [Foto: Tangkapan layar YouTube/Andriawan Pratikto]Armada TAM didukung dan ditenagai oleh sasis dan mesin seri Mercedes Benz OH 1626. Ini adalah seri mesin terbaru dari perusahaan mobil Jerman.

Taufik juga mengungkapkan, 5 bus AKAP ini siap melayani rute Pulau Jawa tepatnya Jakarta – Pekalongan. Rute baru bus TAM AKAP akan dirilis pada awal November 2022.

Sehingga ketika rute baru ini dirilis, besar kemungkinan nantinya bus TAM juga berpeluang membuka rute ke sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, mulai dari Lampung hingga Aceh.

Lima unit armada bus baru PO TAM dilengkapi dengan body Jetbus 3+ MHD yang diproduksi oleh produsen body bus ternama, yaitu Adi Putro Body. [Foto: Tangkapan Layar YouTube/Andriawan Pratikto]Perlu diketahui bahwa TAM pada awalnya lebih dikenal dengan nama TAM Cargo, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang atau cargo melalui jalur darat dengan tujuan di Sumatera, Jawa, Bali dan Mataram.

Berdiri pada tahun 2011 dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, perusahaan ini telah berpengalaman dalam menjaga keamanan barang dari pengambilan hingga keberangkatan hingga pengiriman ke tujuan dengan pelayanan terbaik untuk ketepatan waktu.

Baca Juga: PO TAM Travel: Perusahaan Angkutan Pekanbaru Ekspansi Garap Angkutan Pariwisata Tahun Ini Layani Penumpang Bus AKAP

Seiring berjalannya waktu, TAM sebenarnya berkembang menjadi Perusahaan Otobus (PO) beberapa tahun yang lalu, namun hanya melayani angkutan wisata dan berkantor pusat di Kota Pekanbaru. Bus wisata TAM yang semula terdiri dari 2 unit, akhirnya bertambah menjadi 8 unit (6 unit tipe Big Bus) pada tahun 2019. [isr]

*) BACA informasi terpilih lainnya dari Padangkita di Google News

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button