Pemkab Purworejo mengembangkan sektor pariwisata di 3 titik dan menyambut jalan tol Yogya-Cilacap - WisataHits
Jawa Tengah

Pemkab Purworejo mengembangkan sektor pariwisata di 3 titik dan menyambut jalan tol Yogya-Cilacap

Laporan reporter Jogja Tribune, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO – Pemerintah Kabupaten Purworejo sudah mulai menggariskan upaya peningkatan fasilitas dan pelayanan di segala sektor termasuk pariwisata.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purworejo Stephanus Aan mengatakan, upaya pembenahan itu dilakukan untuk menyambut lonjakan kunjungan wisatawan karena rangkaian Proyek Strategis Nasional (PSN) yang bekerja sama dengan Kabupaten Purworejo tumpang tindih.

Beberapa PSN yang dirujuk antara lain Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) yang saat ini sudah beroperasi.

Kawasan Prioritas Strategi Pariwisata (KSPS) Badan Otorita Borobudur (BOB), Bendungan Bener dan Proyek Jalan Tol Yogya-Cilacap yang akan dimulai secara bertahap dalam beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: Pemkab Purworejo pastikan pasokan pangan aman jelang Natal dan Tahun Baru

Aan memperkirakan keberadaan PSN akan berdampak besar bagi perekonomian dan pariwisata di Kabupaten Purworejo.

Secara khusus, keberadaan tol Yogya-Cilacap yang diharapkan menghubungkan tiga provinsi, yakni DI Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Sebab nantinya Tol Yogya-Cilacap akan memiliki 2 pintu keluar tol di sisi barat dan timur Kabupaten Purworejo.

Untuk sisi barat, pintu keluar tol Yogya-Cilacap terletak di Kecamatan Kutoarjo, sedangkan pintu keluar tol sisi timur direncanakan berada di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

“Untuk itu, kami bersiap mendukung sektor pariwisata di dua pintu keluar tol tersebut. Yang pertama adalah konsep pembangunan terpadu untuk wilayah selatan. Karena selain terhubung dengan bandara (YIA), kawasan selatan atau pesisir juga memiliki lokasi yang strategis sebagai sektor koneksi balik) untuk mendukung bandara dan kebutuhan pengguna Tol Yogya-Cilacap,” kata Aan, Sabtu ( 17/12/2022 ).

Titik utama yang dikembangkannya adalah Pantai Dewaruci, Jatimalang.

Baca Juga: Jelang Nataru, Pemkab Purworejo Pastikan Bapokting Holding Aman

Fasilitas wisata tersebut akan berganti nama menjadi pusat kuliner dan pusat event di tingkat nasional dan internasional.

Menurutnya, pantai-pantai lain juga akan diintegrasikan ke dalam Pantai Dewaruci Jatimalang secara berkelanjutan dari segi event organizer, kuliner, dan kapasitas pendukung pariwisata.

“Yang jelas branding kawasan pesisir adalah food and event, maka dua hal itu akan terus kami promosikan. Apalagi untuk acara-acara yang diselenggarakan oleh pemerintah kota seperti memancing, lari, pantai berpasir. Kemudian event-event nasional dan internasional, seperti memancing, festival layang-layang,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button