Keindahan lanskap wisata alam Sungai Sunti (Gayo Lokop Serbajadi) di pedalaman Kabupaten Aceh Timur - WisataHits
Jawa Timur

Keindahan lanskap wisata alam Sungai Sunti (Gayo Lokop Serbajadi) di pedalaman Kabupaten Aceh Timur

Ditulis oleh: Yurita

Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Sunti adalah salah satu desa di Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur, sebuah desa terpencil yang tidak jauh dari ibu kota Kecamatan Serbajadi di pedalaman Kabupaten Aceh Timur, yang menawarkan wisata alam yaitu Sungai Sunti yang begitu indah namun belum menjadi tempat wisata. objek wisata di Gayo Lokop dikenal

Wisata alam Gayo Lokop Serbajadi adalah keindahan alamnya yang dapat dijadikan objek wisata. Sunti merupakan daerah yang sangat terpencil dan terisolasi. Jaraknya sekitar 100 kilometer dari pusat kota Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur. Hampir 6.000 warga tergabung dalam 11 gampong (desa) di Kabupaten Serbajadi. Untuk sampai ke desa Lokop, Anda perlu menempuh jarak sekitar 80 km dari jalan negara Medan – Banda Aceh. Jalanan yang dilalui juga menjadi ajang wisata selama kita berkendara menuju desa Lokop, seperti hutan-hutan indah yang dapat menggugah hati kita untuk berbaik hati pada alam, sepanjang perjalanan kita bisa melihat keaslian hutan yang masih ada sampai sekarang. dirawat dengan baik.

Sepanjang perjalanan kami bertemu dengan orang-orang yang ramah pada setiap tamu yang datang ke Desa Lokop, masyarakat disini kebanyakan orang Gayo dan Aceh, sebagian orang Jawa adalah pendatang. Kegiatan sehari-hari warga adalah bercocok tanam dan berkebun. Obyek wisata juga disimpan di sini, dikenal sebagai penghasil kakao dan durian terbesar di Aceh Timur, dan juga merupakan pusat pengembangan hortikultura.

Ketika Gubernur Ibrahim Hasan Lokop dimasukkan dalam program pembangunan jalan “Cobweb” yang kemudian dilaksanakan namun belum sempurna, program dilanjutkan oleh Gubernur Abdulah Puteh dengan nama “Gladia Galaska”, yang hingga saat ini belum 100% terlaksana.

Kami berharap pemerintah dapat melanjutkan program ini, karena dengan program ini seluruh masyarakat pedalaman Aceh Timur dapat memperkuat diri ke dunia luar terutama dalam pemasaran hasil pertanian.

Sepanjang perjalanan Gladia Galaska Anda akan menikmati keindahan alam yang masih sangat alami dengan perbukitan tinggi yang dialiri sungai-sungai. Airnya sangat biru. Setelah menikmati keindahan ini anda akan sampai di Lokop di Kecamatan Serjadi, nah disini anda akan bertemu dengan desa Terujak dengan sumber air panas, diantara perbukitan yang masih sangat alami, dengan hamparan hutan hijau yang masih perawan, dengan pemandangan yang sangat bagus lokasi

berhenti sejenak di atas aula tua di tengah lokasi pemandian air panas untuk melepas penat, lalu rasakan kehangatan dengan sejuknya angin pegunungan seperti di dua zona iklim yang berbeda, disana anda akan terkagum-kagum Yakinkan diri betapa indahnya alam, sebuah anugerah ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Di sekitar tempat juga akan terlihat bangunan tua selebar 2,5×2,5 m sebagai tempat ibadah dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, dibangun oleh Pemkot untuk para pengunjung Taman Wisata Air Panas.

Di sekitar kawasan pemandian juga terdapat drainase yang baru dibangun sekitar tahun 2009 sehingga air panas yang muncul dan mengalir juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di kawasan tersebut. Anda juga bisa bersantai di saluran air dan menikmati uap panas untuk menghangatkan tubuh, bentuknya seperti mandi sauna, setelah itu Anda juga bisa mandi langsung di kolam selebar 7×15 m yang tidak terawat dan sangat meragukan dengan air panas suam-suam kuku.

Jika kondisi ini tidak dijaga, maka akan merusak minat pengunjung untuk menikmati objek wisata pemandian air panas yang berfungsi sebagai lokop Desa Terujak, baik untuk pengobatan penyakit tulang dan penyakit kulit sebagai terapi kesehatan alami.

Pemandian air panas Lokop dibuka untuk umum setiap hari. Selain menikmati pemandian air panas, anda juga bisa bersantai menikmati wisata pantai Sungai Lokop yang cukup luas dan memiliki hamparan bebatuan di sepanjang Sungai Lokop yang airnya jernih dan mengalir sangat dingin disekitarnya Ada pemandangan pegunungan tinggi dan kabut yang bisa Anda pegang sebagai pengingat bahwa Anda pernah berbaik hati pada alam.

Sebagai oleh-oleh untuk membawa lokop yang melimpah di kecamatan ini, Anda bisa membeli durian, gula nira, dan petai yang merupakan produk terkenal di daerah tersebut.

“Keindahan alam yang bisa dijadikan objek wisata ini sayang sekali, jika dibiarkan dan tidak dirawat dengan baik maka akan rusak. Kami berharap pemerintah daerah ikut mempromosikan dan mempromosikan wisata alam yang ada di lokop di mata dunia juga berharap kepada para duta wisata aceh semoga wisata GayoLokop Serbajadi atau sumber air panas yang multi guna dari tempat wisata indonesia di kabupaten serbajadi , Desa Sunti , Kabupaten Aceh Timur menjadi populer.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button