Keindahan Gunung Telomoyo, Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Jawa Tengah - WisataHits
Jawa Tengah

Keindahan Gunung Telomoyo, Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Jawa Tengah

Wisata Gunung Telomoyo yang berada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang ini menyuguhkan daya tarik panorama alamnya yang menakjubkan. Tidak hanya menarik untuk didaki ke puncaknya saja, namun ada juga beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke trek gunung ini.

Meningkatnya minat terhadap wisata alam membuat kawasan di sekitar Gunung Telomoyo saat ini memiliki banyak tempat wisata di kaki gunung. Dengan panorama gunung yang indah dan suasana yang sejuk, beberapa spot wisata di kaki Gunung Telomoyo ramai dikunjungi wisatawan sebagai spot refreshing.

Baca juga: Kota Tua, 3 Destinasi Wisata Bersejarah Bergaya Eropa Klasik di Surabaya

Tempat wisata Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo

Di jalur pendakian gunung ini terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi tempat liburan terbaik bagi yang ingin menikmati panorama alam yang masih alami dan masih asri, seperti:

1. Awan Telomoyo

Tempat wisata pertama yang bisa dikunjungi wisatawan adalah Awang-awang Telomoyo. Bisa dibilang Awang-awang Telomoyo adalah tempat yang tepat untuk melihat panorama alam yang indah dan spot foto kekinian.

Sudut pandang di Awang-awang Telomoyo terdiri dari dek kaca transparan. Hal ini membuat perasaan melihat pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Andong dan Gunung Merbabu dari tempat ini semakin menantang.

Bagi yang tertarik mencoba nuansa gardu pandang kaca tembus pandang di Awang-awang Telomoyo, Anda bisa mengunjungi Desa Keditan milik Kecamatan Ngablak, Magelang.

Tempat Wisata Telomoyo Awang-awang buka mulai pukul 07.00 hingga 19.30. Bagi yang tidak ingin mendaki Gunung Telomoyo tetapi ingin menikmati pemandangan gunung yang indah.

Berkunjung ke Awang-awang Telomoyo adalah pilihan yang tepat. Untuk akses, jalan menuju Awang-awang Telomoyo sudah beraspal mulus untuk menuju puncak, namun hanya sepeda motor yang diperbolehkan menuju puncak.

Tiket masuk Awang-awang Telomoyo dikenakan biaya Rp 10.000 per orang, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Bagi yang ingin berfoto di Awang-awang Telomoyo Viewpoint akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 15.000 per orang.

2. Taman Langit Telomoyo

Mirip dengan Awang-Awang Sky View, Taman Langit Telomoyo memungkinkan wisatawan untuk menikmati pemandangan dari sudut pandang yang menjulang ke langit seperti teras atau balkon. Namun bedanya dek di tempat ini terbuat dari kayu, jadi sensasi di dek tidak seseram yang ada di Awang-Awang Sky View.

Di Telomoyo Sky Park, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan beberapa gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Ungaran, Gunung Prau, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro.

Jadi, berkunjung ke Telomoyo Sky Park bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh dan pikiran Anda. Kabarnya akan dibangun sebuah kafe di kawasan Telomoyo Sky Park, yang bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul yang asyik sambil menikmati indahnya pemandangan pegunungan.

3. perkemahan

Wisatawan yang datang ke trek gunung ini dapat menikmati suasana tenang dan damai di kawasan wisata ini sambil berkemah. Perkemahan ini terletak di bagian timur puncak Gunung Telomoyo. Untuk mengunjungi perkemahan ini, wisatawan harus berjalan kaki dari tempat parkir.

4. Puncak Gunung Telomoyo

Puncak Gunung Telomoyo berbeda dari puncak gunung lainnya karena puncak gunung ini dapat dicapai dengan sepeda motor sedangkan yang menggunakan mobil hanya diperbolehkan menuju loket masuk.

Suasana dan pemandangan di puncak gunung sangat indah, apalagi saat cuaca cerah dan tidak tertutup kabut. Wisatawan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan mempesona dari beberapa gunung di Jawa Tengah.

Alamat dan arah ke situs

Gunung Telomoyo

Lokasi tempat wisata gunung ini berada di Kabupaten Semarang Jawa Tengah yang berbatasan dengan Magelang tepatnya di Kecamatan Ngablak di Dusun Karangbawang Desa Pandean.

Untuk menuju gunung ini dari pusat kota Semarang jarak tempuhnya sekitar 63,5 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Jika berangkat dari pusat kota Magelang, jaraknya kurang lebih 38,6 km dan perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam 15 menit.

Untuk menuju puncak gunung ada 2 jalur yang bisa dilalui yaitu melalui Ambarawa – Attitudeung dan Salatiga/Magelang – Kopeng. Kedua jalur menuju tempat ini sudah berada di jalan aspal atau beton mulus, namun masih terdapat tanjakan yang cukup terjal.

Source: intrik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button