Rumah Budaya Kratonan Destinasi Wisata Bersejarah Kontemporer Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Rumah Budaya Kratonan Destinasi Wisata Bersejarah Kontemporer Solo

Frase.id – Rumah Budaya Kratonan Solo adalah ruang kreatif dan tujuan bersejarah yang dikemas dengan minat terutama bagi kaum muda. Oleh karena itu, destinasi ini bisa dikatakan sangat modern.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno juga mengakui keberadaan destinasi wisata yang tidak hanya diminati kalangan muda tetapi juga masyarakat luas.

Rumah Budaya Kratonan (RBK) terletak di Jalan Manduro 6, Gang Kartotiyasan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah. Dengan luas 17.800 meter persegi, pusat budaya ini telah diresmikan sejak tahun 2016.

Menparekrafa Sandiaga Uno mengunjungi Rumah Budaya Keratonan. (Foto: Dok. Kemenparekraf)

RBK merupakan ruang pameran yang menyajikan berbagai informasi dan sejarah politik Indonesia termasuk kota Solo dari awal kedatangan serikat VOC hingga revolusi, yang dapat ditemukan di Galeri Sejarah Surakarta.

Selain ruang untuk mengumpulkan dan mempelajari sejarah, RBK juga merupakan ruang bagi komunitas yang dilengkapi dengan Bale Panggung, Kantin Lara, perpustakaan mini RBKM termasuk Galeri Sejarah Surakarta, yang dapat digunakan untuk acara yang lebih eksklusif.

RBK juga menawarkan berbagai kegiatan seru mulai dari talk show hingga kelas diskusi. Sebelumnya, acara komunitas yang sebelumnya diadakan di RBK, seperti B. Kegiatan diskusi kelompok terfokus, pembelajaran kolaboratif dan bermain.

Rumah Budaya Kratonanlatihan menari. (Foto: Instagram/rumah_kultur_kratonan)

Selain itu, ada juga kegiatan lain berupa latihan tari, latihan gamelan, latihan bahasa Jawa, latihan bahasa Inggris, dan diskusi budaya melalui buku dan film.

Tentu saja, Rumah Budaya Keratonan merupakan ruang multifungsi dan bisa digunakan untuk berbagai acara. Pemkot juga menyewakan RBK dengan harga mulai Rp 150.000 per jam untuk menyewa joglo. Untuk sewa taman, harganya mulai Rp 200.000 per jam.

Di tempat yang bagus dan sejuk, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas yang ditawarkan. Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan untuk menghabiskan akhir pekan di Rumah Budaya Kratonan adalah membaca buku di perpustakaan mini sambil menikmati keindahan tempat tersebut. [Syifaa]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button