Kebun Raya Batam, tempat kunjungan keluarga dan lembaga pendidikan favorit di Kepulauan Riau - WisataHits
wisatahits

Kebun Raya Batam, tempat kunjungan keluarga dan lembaga pendidikan favorit di Kepulauan Riau

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00–18.00 WIB, Alamat: Jl.Hang Lekiu, Sambau, Kec. Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Kebun Raya Batam yang terletak di Kecamatan Nongsa diresmikan pada tanggal 22 Desember 2018. Kawasan ini memiliki koleksi tanaman yang banyak dan beragam, bahkan jumlah koleksi tanaman yang ada di kebun sebanyak 2.472 tanaman. Dengan banyaknya tanaman, dapat menciptakan udara sejuk di sekitar area kebun raya. Selain segar, udara di sini juga dikenal bersih.

Kebun raya yang memiliki nama lain Kebun Raya Batam ini dikembangkan oleh Divisi Pengembangan Kawasan Konservasi Tumbuhan LIPI. Badan ini juga yang telah mengembangkan beberapa kebun raya di Indonesia. Jadi jangan heran jika Kebun Raya disini terlihat sangat indah dan keren.

Kebun Raya Batam menampilkan berbagai tanaman serta bunga berwarna-warni. Lanskap yang dihadirkan oleh kebun raya ini mampu mendorong siapa saja untuk datang dan menginjakkan kaki di sana. Dengan suasana sejuk dan beragam tanaman yang ada, pengunjung yang betah berlama-lama di sini. Cocok sebagai tempat rekreasi.

Tempat Wisata di Kebun Raya Batam

Kebun Raya BatamKredit Gambar: Facebook Kebun Raya Batam

Seperti namanya, kebun raya ini terletak di kota Batam, tepatnya di kecamatan Nongsa. Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya dari daerah Batam saja, namun ada juga wisatawan yang datang dari luar daerah. Dengan semua pesona yang dia miliki, itu normal Kebun Raya Tempat ini selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah.

1. Dihiasi dengan tanaman warna-warni

Daya tarik utama sekaligus yang paling dicari oleh wisatawan adalah tempatnya yang dihiasi dengan tanaman berwarna-warni. Tempat tumbuhnya tanaman warna-warni ini disebut Taman Warna-warni, letaknya di atas bukit kebun raya. Untuk mengunjunginya, pengunjung diharuskan menaiki tangga yang juga diwarnai.

Setelah menaiki tangga warna-warni, pengunjung akan sampai di halaman yang dipenuhi dedaunan hijau dan tanaman warna-warni tentunya. Di sini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung. Oleh karena itu, kebun raya ini cocok sebagai tempat rekreasi.

2. Ketersediaan jalur jalan kaki

Daya tarik Kebun Raya Batam selanjutnya adalah jalur pejalan kaki. Adanya jalan setapak secara tidak langsung dapat meningkatkan jumlah pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Jalur jalan kaki di sini memiliki beragam jalur yang bisa ditempuh dan akan mengarah ke kawah bukit. Selain itu, bahan dasar pembuatan jalur pejalan kaki ini adalah batu bulat, sehingga nyaman untuk berjalan di atasnya.

Jalan setapak kebun raya dihiasi dengan warna-warna cerah yang tentunya menjadi daya tarik tersendiri. Keberadaan jalur pejalan kaki ini berada di taman yang berwarna-warni, jadi wajar saja jika warna yang diberikan sesuai dengan nama taman ini. Jalur jalan kaki yang penuh warna ini pasti akan disukai anak-anak. Jadi bagi para wisatawan, jangan lupa untuk membawa keluarga Anda.

3. Dilengkapi dengan Wisata Kuliner

Daya tarik lainnya adalah Kebun Raya Batam yang juga dilengkapi dengan wisata kuliner. Ternyata bukan hanya pemandangan dan jalan setapak yang berwarna-warni saja yang menjadi daya tariknya Kebun Raya ini. Berbagai kelezatan kuliner yang dijual di sini mampu memikat hati pengunjung untuk duduk dan bersantap ditemani pemandangan indah kawasan wisata. Sungguh liburan yang sempurna setelah selesai di sini.

Wisatawan yang berkunjung tidak perlu khawatir perut kosong saat sibuk mengamati keindahan kebun raya ini, karena berbagai jajanan tersedia di sini. Aneka jajanan juga membuat kebun raya ini sukses dalam hal wisata kuliner. Dengan wisata kuliner di sini, wisatawan tidak perlu khawatir membawa makanan untuk disantap bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Raya BatamKredit gambar: Google Maps Anita Gracia

Kebun Raya Batam merupakan tempat wisata alam yang populer baik bagi mereka yang ingin merasakan keindahan kebunnya maupun berolahraga di sini. Bahkan, setiap minggu ada lebih dari 800 kunjungan. Lokasi kebun raya ini berjarak 20 km dari pusat kota Batam. Akses jalan menuju lokasi cukup mudah mengingat tempatnya tidak terlalu jauh dari pusat kota.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi objek wisata ini kurang lebih 31 menit dari pusat kota Batam menggunakan kendaraan roda empat. Namun, biasanya saat libur sekolah atau libur kerja, jalan menuju lokasi akan sedikit macet. Suasana segar dan alami yang dihadirkan kebun raya ini menjadi salah satu faktor banyaknya pengunjung yang memilih untuk berekreasi di sini.

Pengunjung bisa memulai perjalanan menuju Jalan Engku Putri Utara yang terletak di Batam. Setelah itu, pengunjung dapat menuju Jalan Raja Isa dengan keluar dari bundaran. Kemudian belok kiri ke Jalan Orchard Boulevard lalu belok kiri ke Jalan Abuyaltama. Kemudian lanjutkan ke Jalan Raja M Saleh dan menuju Jalan Hang Lekui hingga sampai di tujuan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Kebun Raya BatamKredit Gambar: Facebook Kebun Raya Batam

Seperti tempat wisata lainnya, ketika ingin berkunjung ke Kebun Raya Batam tentunya harus membayar tiket masuk bagi pengunjung yang ingin merasakan atraksi wisata di tempat tujuan. Begitu pula dengan objek wisata alam yang satu ini. Dengan berbagai atraksi yang disuguhkan, rasanya mengeluarkan uang tidak menjadi masalah. Apalagi harga tiket masuknya juga dikenal terjangkau.

Wisatawan bisa menyiapkan dana Rp 10.000 sebagai tiket masuk. Nominatif ini ramah jika ditukar dengan pemandangan indah yang disajikan khusus untuk pengunjung di sini. Tunggu apalagi, selain menyuguhkan pemandangan alam yang indah, harga tiket masuk ke kebun raya ini juga terjangkau. Datang ke sini dan cium udara segar!

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Kebun Raya Batam

Aktivitas di Kebun Raya BatamKredit gambar: Google Maps Maya Art

1. Ambil selfie dengan latar belakang taman yang berwarna-warni

Obyek wisata alam yang hampir seluruhnya didominasi oleh tanaman hijau ini juga menjadi rumah bagi tanaman berwarna-warni. Keberadaan tanaman warna warni ini dapat ditemukan di taman warna warni dan masih menjadi bagian dari Kebun Raya Batam. Dengan adanya Taman Warna-warni, tempat ini memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan tempat lain Kebun Raya lainnya.

Banyak hal yang bisa dilakukan wisatawan di Taman Warna-warni, salah satunya adalah berfoto selfie. Berfoto selfie adalah kegiatan yang populer bagi orang-orang saat ini. Kecanggihan kamera telah berkembang membuat foto menjadi aktivitas khusus yang harus dilakukan. Wisatawan bisa berfoto di sini dengan latar belakang tanaman berwarna-warni.

2. Joging sore di jalur jalan kaki

Bagi Anda yang merupakan penggiat olahraga tentunya sudah tidak asing lagi dengan kegiatan jogging, bahkan orang yang belum familiar dengan olahraga mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis olahraga yang satu ini. Aktivitas yang mudah dilakukan dan tanpa tambahan peralatan olahraga membuat jogging sangat diminati semua orang. Untuk mematahkan anggapan bahwa “kesehatan harus mahal”.

Jogging bisa dilakukan di mana saja, namun jika Anda mengetahui tempat yang udaranya segar dan jauh dari polusi, sebaiknya Anda menjadikannya sebagai tempat jogging. Seperti kebun raya ini, tanaman yang tumbuh di sini berlimpah, menciptakan udara segar. Apalagi keberadaan walking track menjadikan tempat ini cocok sebagai area jogging.

3. Cicipi beragam masakannya

Setelah jalan-jalan, foto-foto dan capek-capek berolahraga di Kebun Raya Batam, seringkali membuat kita lapar. Rasa lapar yang mendekat akan semakin terasa ketika Anda tahu bahwa Anda belum membawa makanan untuk dimakan. Tentu saja, itu tingkat rasa sakit yang lain. Namun jangan khawatir karena kebun raya ini juga terkenal dengan wisata kulinernya.

Ketenaran wisata kuliner di sini didukung dengan beragam tempat makan yang bisa dicoba wisatawan setelah lelah bersantai. Wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan rasa yang disuguhkan oleh makanan, karena makanan yang disajikan di sini sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda dan keluarga menghabiskan liburan di sini. Besar!

Fasilitas yang tersedia di Kebun Raya Batam

Fasilitas Kebun RayaKredit Gambar: Facebook Kebun Raya Batam

Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari kota membuat fasilitas yang tersedia di kebun raya ini cukup lengkap. Wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada, termasuk fasilitas penunjang atau fasilitas umum. Pasalnya pengelola taman telah menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk menunjang segala aktivitas para wisatawan yang datang.

Berbagai fasilitas tersedia di sini, seperti mushola bagi pengunjung yang ingin menunaikan kewajiban sebagai muslim dan toilet bagi pengunjung yang ingin buang air besar. Selain itu di sini juga ada jalan setapak yang terbuat dari batu bulat, ada juga dapurnya.

Itulah beberapa hal tentang Kebun Raya Batam yang telah dirangkum. Seolah tidak ada habisnya membahas manfaat dari kebun raya ini. Bagi Anda yang berada di Batam, tidak ada salahnya untuk mengunjunginya. Selain mendapatkan ketenangan dengan bersantai, wisatawan juga bisa mendapatkan kesehatan dari jalur jalan kaki yang bisa dijadikan sebagai area jogging.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button