Kawasan Empat Kapanewon Utara menjadi fokus pembangunan Bupati Sunaryanta - WisataHits
Yogyakarta

Kawasan Empat Kapanewon Utara menjadi fokus pembangunan Bupati Sunaryanta

Kawasan Empat Kapanewon Utara menjadi fokus pembangunan Bupati Sunaryanta

BDG


Wonosari, (pidjar.com) – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul mulai memfokuskan pembangunan di wilayah utara Gunungkidul. Hal ini memungkinkan pembangunan di Gunungkidul tersebar merata dan tidak hanya terkonsentrasi di wilayah tengah dan selatan.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengumumkan wilayah utara yang akan menjadi fokus pembangunan adalah Kapanewon Ngawen, Kapanewon Nglipar, Kapanewon Gedangsari dan Kapanewon Patuk. Menurut dia, rencana intervensi pembangunan di wilayah utara sudah dikomunikasikan kepada gubernur. Rencana tersebut membayangkan Kabupaten Gunungkidul melaksanakan intervensi pembangunan mulai tahun 2024.

“Nanti salah satunya akan menggunakan Privileges Fund. Sehingga pembangunan tidak hanya merata di wilayah selatan dan tengah, tetapi dapat berkembang secara bersama-sama dengan lancar,” ujar Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

Dengan intervensi pembangunan yang akan dilakukan, diharapkan keempat Kapanewon dapat segera terintegrasi. Menurutnya, setiap daerah memiliki potensi dan karakter daerah masing-masing, sehingga pengelolaannya juga berbeda, sehingga dalam melakukan perencanaan perlu disesuaikan dengan potensi dan karakter daerah.

“Pembangunan baik infrastruktur maupun SDM bisa setara dengan zona tengah dan selatan,” lanjutnya.

Sementara itu, Panewu Ngawen, Sugito mengatakan, pihaknya memiliki sejumlah program prioritas, seperti mengembangkan kawasan wisata gunung berbasis religi budaya lokal dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ia berharap intervensi di wilayah utara dapat mendukung program yang akan ia selenggarakan ke depan.

“Kami fokus pada infrastruktur pengembangan kawasan wisata pegunungan, pengentasan kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat berbasis potensi lokal dan UMKM,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan Panewu Nglipar, Muh Setyawan Indriyanto. Pihaknya saat ini fokus mengembangkan usaha desa (Bumkal) dengan perkebunan kopi. Ia berharap pembangunan infrastruktur jalan di sektor utara dapat terus mendukung mobilisasi warga dan wisatawan di sana.

“Kami juga fokus meningkatkan SDM dengan menawarkan paket bagi mereka yang putus sekolah,” pungkasnya.


Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button