Karnaval Budaya Padukuhan Karanggede menjadi acara utama penjualan minyak VCO - WisataHits
Yogyakarta

Karnaval Budaya Padukuhan Karanggede menjadi acara utama penjualan minyak VCO

Minyak VCO produksi tim YSI BEM KM UMY bersama Coconut Group dipasarkan pertama kali pada acara kirab budaya yang digelar di Padukuhan Karanggede, Desa Jatimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Pertunjukan Tari pada Upacara Adat Nggumbregi, Karanggede, Jatimulyo, Kulonprogo, Jumat (21/10/2022) Foto oleh YSI BEM KM UMY Media Team

Pada tanggal 21 Oktober 2022, Padukuhan Karanggede, Desa Wisata Jatimulyo mengadakan acara karnaval budaya tradisional. Karnaval ini merupakan acara adat yang dimaksudkan sebagai perayaan hasil bumi, atau melimpahnya rahmat, makanan, dan kesehatan bagi seluruh penduduk desa. Pada acara tersebut, warga menampilkan budaya lokal yaitu Kuda Lumping. Selain itu, berbagai bazar makanan oleh ibu-ibu PKK juga ditampilkan dalam acara ini.

Tim YSI BEM KM UMY memanfaatkan momentum yang ada dan bersama ibu-ibu PKK Mekar Sari mengambil kesempatan untuk pertama kali memperkenalkan minyak VCO kepada seluruh warga Padukuhan Karanggede, Desa Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo. Penjualan pertama VCO Oil berlangsung secara offline dan membuat heboh warga sekitar yang ingin mengetahui lebih jauh apa itu VCO Oil, bagaimana cara pengolahannya, manfaat dan cara mengkonsumsinya.

Stan tim YSI BEM KM UMY dan ibu-ibu PKK Mekar Sari menjual minyak VCO pada upacara adat Nggumbregi, Karanggede, Jatimulyo, Kulonprogo, Jumat (21/10/2022) Foto oleh Tim Media YSI BEM KM UMY

Pada acara tersebut, tim YSI BEM KM UMY bersama ibu-ibu PKK Mekar Sari memasarkan 10 botol minyak VCO dengan harga Rp 20.000,00. Dan di penghujung acara ini, jumlah minyak VCO yang berhasil dijual ke warga sebanyak 4 buah.

Karena minyak VCO diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh, kebutuhan pembeli minyak ini berbeda-beda tergantung cara konsumsinya. Berikut kami informasikan tentang kelebihan minyak VCO :

  • Meningkatkan kesehatan kulit

Minyak kelapa memiliki sifat antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi dan penyembuhan luka. Kadar asam lemak kaprilat dan laurat dalam minyak kelapa murni dapat mengurangi peradangan baik secara internal maupun eksternal.

  • Mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

Minyak kelapa murni kaya akan asam laurat, yang membantu menjaga kesehatan jantung dengan tidak hanya meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh, tetapi juga membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL).

  • Memelihara dan menguatkan rambut

Mengoleskan minyak kelapa murni ke rambut dapat meningkatkan kadar protein dan melindungi batang rambut untuk mencegah kerusakan.

  • Penguatan sistem imun

Minyak kelapa murni mengandung asam laurat (monolaurin), yang telah terbukti melawan bakteri dan virus.

  • Melindungi dari kerusakan gigi

Minyak kelapa murni, yang bersifat antimikroba, dapat membunuh sebagian besar bakteri penyebab kerusakan gigi.

Trigliserida dalam minyak kelapa murni dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa murni juga dapat membantu mengurangi rasa lapar.

Mengkonsumsi minyak extra virgin dapat mengontrol kadar gula darah karena meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh

Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa murni dapat meningkatkan daya ingat

  • menyembuhkan infeksi jamur

Kandungan asam kaprat dan asam laurat dalam minyak kelapa murni digunakan untuk mengobati infeksi jamur dan kandungan asam kaprilat dapat menghancurkan bakteri berbahaya.

Asam lemak dalam minyak kelapa murni dapat meningkatkan metabolisme, yang meningkatkan energi dan merangsang fungsi tiroid. Selain itu, asam laurat membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan meningkatkan kadar estrogen, terutama selama menopause.

Minyak kelapa murni membantu pencernaan dengan menyerap vitamin dan magnesium sekaligus menghilangkan bakteri beracun yang memperburuk pencernaan dan menyebabkan sakit maag.

Bersama UMY bersinergi membangun desa yang menjulang tinggi dan mengakar di hati.

Muhammad Fawwaz Iftikar, mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button