Karnaval budaya menghidupkan acara sedekah bumi di Indramayu - WisataHits
Jawa Barat

Karnaval budaya menghidupkan acara sedekah bumi di Indramayu

TIME INDONESIA, INDRAMAYU – Tradisi almoses merupakan warisan leluhur yang masih dilestarikan di Indramayu, Jawa Barat.

Desa di Indramayu yang masih menganut tradisi bumi hampir sama adalah Desa Sudimampir lor, Kecamatan Balongan, Indramayu. Sedekah Bumi di desa ini berupa karnaval budaya yang merupakan kolaborasi seni dan kearifan lokal.

Tahun ini, karnaval budaya Erdalmen diawali dengan arak-arakan membawa produk dan parade budaya dengan berbagai kesenian.

Tradisi-Almen-Erde-in-Indramayu-2.jpg

Karnaval dimeriahkan dengan penampilan drum band Singa Depok hingga Ogoh-Ogoh, lengkap dengan riasan unik dari para peserta. Mereka berbaris di sekitar jalan desa.

Kepala Desa Sudimampir Lor, Ade Nanto mengungkapkan, tradisi sedekah bumi sudah dilakukan secara turun temurun. Tradisi tersebut dimaksudkan sebagai ungkapan rasa syukur warga atas hasil panen yang melimpah.

“Ini sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas apa yang telah Dia berikan berupa hasil panen yang cukup melimpah bagi warga Desa Sudimampir Lor agar selamat dari kelangkaan pangan,” ujarnya, Sabtu (22/10/2022).

Traditionen-Sedekah-Erde-in-Indramayu-3.jpg

Sementara itu, Ade Nanto mengatakan tujuan diadakannya karnaval dalam rangkaian Upacara Sedekah Bumi ini sendiri adalah untuk semakin mempererat ikatan persatuan dan kesatuan warganya.

“Saya telah menjalankan desa Sudimampir Lor selama lebih dari setahun dan ini adalah momen yang tepat untuk menyatukan kembali warga setelah pemilihan kepala desa. Ini pertama kalinya dalam sejarah desa kami ada karnaval,” ujar Ade Nanto yang berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan diwariskan kepada generasi selanjutnya. .

Ribuan masyarakat desa Sudimampir lor sangat antusias mengikuti karnaval, hampir 17 Rt ikut mengirimkan delegasinya ke karnaval budaya.

“Kami mewajibkan setiap RT untuk mengikuti kegiatan tersebut dan menghasilkan karya untuk dipamerkan pada acara tersebut, baik seni budaya maupun seni budaya, Alhamdulillah sudah terlaksana dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, warga sekitar menyambut baik karnaval tersebut karena sangat menghibur. “Sangat menyenangkan dan membanggakan, semoga bisa berkelanjutan dan menjadi agenda rutin tahunan sebagai destinasi wisata tahunan,” ujar Dewi saat menyaksikan karnaval budaya.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button