Saat Alumni AAU 2002 menjaga keseimbangan ekosistem Sendangtirto - WisataHits
Yogyakarta

Saat Alumni AAU 2002 menjaga keseimbangan ekosistem Sendangtirto

Liputan6.com, Yogyakarta – Embung Sendangtirto merupakan salah satu rekomendasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi secara gratis. Tambak ini terletak di Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman, DIY.

Meski baru diresmikan, akses menuju waduk ini sudah mapan dan mudah ditemukan. Ukuran Waduk Tirto Sedang tidak terlalu besar, tapi juga tidak terlalu kecil.

Waduk ini memiliki kapasitas tampung air sebesar 31.881,34 meter kubik dengan tampungan hidup 27.860,34 meter kubik dan tampungan mati 4.021 meter kubik. Sedang Embung Tirto merupakan kawasan perlindungan air yang mengairi persawahan dan merupakan tempat rekreasi.

Embung Sambiltirto berada di tengah areal persawahan milik warga, sehingga memiliki udara yang segar dan bersih. Pengunjung bisa memanfaatkan waduk sebagai tempat untuk jalur olahraga seperti jogging, skipping, dan lain-lain.

Pengunjung juga bisa melihat dan memberi makan ikan-ikan yang sengaja dilepasliarkan di Bendungan Tirto Sedang. Ikan-ikan di waduk menarik pengunjung sekaligus melestarikan ekosistem waduk.

Baru-baru ini alumni Akademi Angkatan Udara atau AAU melepas 4.000 ekor ikan nila di Embung Sedang pada tahun 2002. Mereka ingin membantu menjaga keseimbangan ekosistem waduk ini sebagai tujuan wisata masyarakat.

Ketua Alumni AAU 2002 Letkol Dwi Agus Ariyanto mengatakan, pembagian ikan nila muda di tambak ini merupakan salah satu kegiatan reuni alumni 2002. Selain membagikan ikan nila muda, para alumni juga memberikan bantuan kepada masyarakat sekitar.

Diharapkan ke depannya dapat menyalurkan ribuan bibit ikan nila untuk memberikan manfaat bagi warga Berbah dan sekitarnya.

“Termasuk menjaga lingkungan dan berharap kolam ini banyak dikunjungi orang,” kata Letkol Penerbangan Dwi Agus Ariyanto, Sabtu (26/11/22).

Ketua Panitia Letkol Iwan Setiawan menambahkan, selain Embung Sendangtirto Berbah, kegiatan sosial seperti rangkaian reuni alumni AAU 2002 juga diisi dengan donor darah di Sahid J-Walk. Para donatur berasal dari TNI AU. “Darah yang terkumpul akan kami distribusikan kepada warga yang membutuhkan melalui PMI,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button