Kampung Pasir Kunci menjadi destinasi wisata baru di kaki Gunung Manglayang - WisataHits
Jawa Barat

Kampung Pasir Kunci menjadi destinasi wisata baru di kaki Gunung Manglayang

Pemkot Bandung Buka Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Jumlah desa wisata kreatif di Kota Bandung kembali bertambah, kali ini di kaki Gunung Manglayang di Desa Pasir Jati Kecamatan Ujungberung. Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci ini menempati urutan keenam setelah Desa Wisata Kreatif Braga, Desa Wisata Kreatif Cigadung, Desa Wisata Kreatif Binong Jati, Desa Wisata Kreatif Cinambo dan Desa Wisata Kreatif Cigondewah.

“Hari ini kita bisa mengaktifkan keenam dari delapan desa wisata kreatif yang akan diaktifkan,” kata Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meresmikan pengaktifan Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci, Senin (24/10/2022).

Di Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci ini, pengunjung bisa melihat kota Bandung ditemani keindahan budaya warganya. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Bandung dari ketinggian sekitar 800 meter di atas permukaan laut. Selain itu, udara sejuk dan pemandangan pegunungan yang unik dijamin bisa menyegarkan pikiran dari kesibukan sehari-hari.

Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci dinilai menjadi salah satu prospek bisnis kreatif di bidang pariwisata yang diyakini mampu mendongkrak perekonomian. Yana mengatakan, sektor pariwisata berperan penting dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Bandung. Ia mengimbau secara konsisten menggunakan aktivasi ini untuk pengembangan potensi seni dan budaya guna mendorong wisatawan untuk berpartisipasi.

“Saya berharap tidak hanya dididik dan dirahasiakan, kita dorong aktivasinya, potensi seni budaya di daerah ini luar biasa, tinggal bagaimana kita mengaktifkannya di sini secara tematis dan yang terpenting konsisten,” ujarnya.

Dia memerintahkan semua ini orang yang tertarik Pertahankan Kampung Kreatif Wisata Pasir Kunci Ujungberung untuk menarik lebih banyak pengunjung. Ia berharap keberadaan Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci dapat mendorong pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Arief Syaifudin mengatakan, pengaktifan Kampung Wisata Kreatif Pasir Kunci merupakan turunan dari RPJMD Kota Bandung. Salah satunya adalah pengembangan desa wisata di kota Bandung hingga mencapai 8 desa wisata.

“Dulu ada 5 desa wisata kreatif yakni Braga, Cigadung, Binong Jati, Cigodewah, Cinambo dan yang terbaru adalah Pasir Kunci, Kecamatan Ujungberung,” katanya.

Dikatakannya, Desa Wisata Kreatif Pasir Kunci akan fokus pada pengembangan budaya dan pusat bermain anak. Area kreatif ini berfokus pada pengembangan budaya untuk permainan anak-anak. Salah satunya adalah seni reaksi. Hal ini untuk mewujudkan Bandung melalui seni dan budaya kreatif melalui kerjasama dan kerjasama dengan berbagai pihak Orang yang tertarik.

Untuk sisa dua desa wisata kreatif lainnya, rencananya akan diaktifkan pada tahun 2023, yakni Desa Wisata Kreatif Gedebage dan Desa Wisata Kreatif Cibaduyut.

Ketua Komunitas Pasir Kunci Wawan berharap ada kelanjutan program pengembangan seni budaya khususnya di wilayah Pasir Kunci.

“Kami sangat bangga dengan mulai Ini. Kami ingin ini berkelanjutan. Karena potensi yang ada, ada pemandangan Gunung Manglayang di sebelah kiri kita, di bawah pemandangan kota. Itu yang harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button