KALIKUNING PARK Tiket Murah Merapi View - WisataHits
wisatahits

KALIKUNING PARK Tiket Murah Merapi View

KALIKUNING PARK Tiket Murah Merapi View

Harga tiket masuk Taman Kalikuning : Rp 12.000. Jam buka: 08:00 – 17:00. Nomor telepon: -. Alamat/Lokasi: Jl. Bebeng, Pangukrejo, ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55583.

Taman Kalikuning masih dalam satu kawasan dengan tempat wisata Plunyon Kalikuning. Masuk juga bisa dilakukan melalui loket yang sama. Sebuah tempat wisata yang menawarkan panorama alam hijau yang luas. Dengan suasana yang asri dan selalu sangat alami.

Udara segar menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Padahal beberapa tahun lalu tempat ini terkena dampak letusan Gunung Merapi. Beruntung, pepohonan yang sempat hangus diterjang awan panas kini kembali hijau dan rimbun.

Harga Tiket Masuk Taman Kalikuning

Sebelum memasuki kawasan Taman Kalikuning, pengunjung harus membayar tiket masuk. Harga tiketnya pun tidak terlalu mahal, bisa dikatakan terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung bisa berkeliling menikmati alam kawasan Kalikuning sepanjang hari hingga puas. Uniknya, pengunjung bisa mendapatkan tiket terusan untuk masuk ke Tlogo Muncar Kaliurang dan Plunyon.

Harga tiket per orang
Tiket masuk Rp 12.000

Jam Taman Kalikuning

Kawasan wisata alam ini dibuka untuk wisatawan setiap hari. Dari pagi hingga malam. Semakin banyak orang ketika hari libur, jumlah pengunjung akan meningkat. Namun pada hari biasa, tempat ini cukup sepi dan cocok untuk dikunjungi penyembuhan.

Jam buka
Setiap hari 08.00 – 17.00

Atraksi Taman Kalikuning

Taman Kalikuning yang indahSuasana di taman. Foto: google maps/Heru Prabowo

Kawasan Taman Kalikuning terletak di Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan wisata alam yang indah. Pesona alamnya yang sangat alami membuat pengunjung betah berlama-lama. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari selfie, trekking, camping.

Banyak spot foto yang menarik

Pemandangan Gunung Merapi dari Taman KalikuningPemandangan Gunung Merapi. Foto: google maps/Auni Syazana

Destinasi wisata ini terletak di lereng gunung berapi teraktif di Indonesia, yaitu Gunung Merapi. Tak heran jika cuacanya cerah dan tidak berkabut, nilai Gunung Merapi terlihat jelas dari sini. Pemandangan Gunung Merapi yang megah diselimuti hutan lebat yang masih hijau.

Apalagi pengelola juga menyediakan banyak spot foto pendukung. Misalnya, ada tempat menyerupai panggung kayu di pinggir tebing untuk berfoto. Ada juga wahana kursi gantung yang bisa dinaiki pengunjung. Kemudian menjulang seperti sangkar burung raksasa dan masih banyak pernak-pernik lainnya.

Baca: Tiket dan Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat terbaik untuk berburu saat senja

Melihat matahari terbenam di Taman Kalikuning ini memang sangat indah dan menakjubkan. Saat matahari mulai terbenam, warna langit berubah menjadi gradasi jingga, merah, dan ungu yang sangat indah. Menciptakan suasana tenang dan romantis di sekitar taman.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam cantik saat jalan-jalan di taman, duduk di bangku taman atau piknik bersama keluarga atau teman. Keindahan pemandangan saat senja di Taman Kalikuning akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca: Tiket dan Aktivitas Museum Merapi

trekking sehat

Bagi yang suka berolahraga, bisa menjadikan taman ini sebagai tempat lintas alam. Daerah ini memiliki area yang luas untuk dijelajahi. Hiking memungkinkan Anda untuk lebih mengenal kekayaan alamnya. Karena di sana terdapat beragam flora dan fauna, misalnya dari tumbuhan balsam hingga elang jawa yang dilindungi.

Ada jalan setapak yang menghubungkan Taman Kalikuning dengan Plunyon di selatan. Lokasinya masih sama di sisi timur Kali Kuning. Pengunjung juga dapat berjalan kaki di sepanjang sungai yang mengalir melalui taman ini. Selama trekking ringan, udara segar yang sehat akan menemani perjalanan.

Baca: Tiket dan Aktivitas World Landmarks Merapi Park

Mata Air Umbul Lanang dan Umbul Wadon

mata airSumber Taman Kalikuning. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Di dasar lembah ada sungai kecil. Sumber sungai diberi nama dan umbul lanang dan umbul wadon. Untuk mengunjungi umbul ini, pengunjung harus menuruni tangga yang cukup terjal. Airnya sangat menyegarkan dan dingin. Namun bendera wadon lanang ini tidak diperuntukkan untuk berenang.

Kamar Joglo

Pendopo Semar JogloKamar Joglo Semar. Foto: google maps/Trisno Ary Budi

Di Taman Kalikuning terdapat pendopo yang berbentuk rumah joglo. Bangunan tersebut merupakan rumah adat khas Jawa Tengah. Kamar joglo bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Kapasitasnya bisa menampung hingga 50 orang.

Lapangan perkemahan

Bumi Perkemahan Taman KalikuningPerkemahan dengan bangunan bergaya tradisional. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Memang, Taman Kalikuning sering dipilih sebagai tempat berkemah. Lebih seru lagi karena ada rumah kayu berbentuk segitiga yang berfungsi sebagai tenda keluarga. Tenda-tenda tersebut disewakan untuk umum. Kapasitas per tenda bisa menampung hingga 4 orang.

Ada ayunan kayu yang mengelilingi lokasi api unggun. Pada malam hari, suasananya akan sangat damai dan menyenangkan. Menikmati langit malam yang berbintang akan membuat malam semakin indah.

Menara Lava Merapi

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini dapat menikmati merasakan sensasi Lava Tour Merapi. Terletak di dekat Taman Kalikuning. Wisatawan akan disarankan menaiki jeep menyusuri jalan berbatu. Terputusnya aliran sungai yang memaksa wisatawan bersiap-siap basah kuyup. Kegiatan seru ini sangat menantang dan sayang untuk dilewatkan.

Kemudahan

Peralatan yang tersedia cukup lengkap. Pengelola juga sudah menyediakan mushola, toilet untuk pendopo. Selain itu, beberapa bangku taman tersebar sehingga pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman. Tak perlu takut lelah karena tersedia jasa persewaan motor dan skuter untuk warga setempat.

Lokasi Taman Kalikuning

Wisata ini berlokasi di Jl. Bebeng, Pangukrejo, ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo. Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dari kawasan Malioboro di Yogyakarta menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 27 kilometer. Dengan waktu tempuh hingga satu jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button