Kaliku Kota Malang menggunakan sungai untuk menghasilkan listrik - WisataHits
Jawa Timur

Kaliku Kota Malang menggunakan sungai untuk menghasilkan listrik

Pemkot Kaliku Malang memanfaatkan sungai untuk pembangkit listrik - GenPI.co JATIM

Komunitas Kaliku mengembangkan turbin sebagai energi alternatif (Komunitas Kaliku)

GenPI.co Jawa Timur – Berbagai upaya telah dilakukan untuk memanfaatkan potensi alam, seperti: B. masyarakat Kaliku. Mereka menghasilkan sumber tenaga listrik dengan memanfaatkan aliran sungai di kawasan Desa Pakisaji, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Tokoh masyarakat Kaliku Sugeng Widodo mengatakan pemanfaatan sungai ini muncul dari kerjasama dengan Universitas ITN Malang beberapa waktu lalu.

Komunitas ini menggunakan turbin yang digerakkan oleh arus air dan diubah menjadi energi listrik oleh dinamo yang berputar.

BACA JUGA: Sejumlah komunitas turun gunung ke Pameran Barang Antik Merry Banyuwangi

“Kerjasama dengan program mahasiswa ITN Malang dimulai sekitar setahun yang lalu. Kemudian kita lanjutkan saja,” kata Sugeng kepada GenPI.co Jatim, Selasa (13/9).

Sugeng mengatakan listrik yang dihasilkan turbin hanya sekitar 100 watt. Artinya hanya bisa digunakan untuk menyalakan lampu jalan di kisaran 80 watt.

BACA JUGA: Rider, komunitas riding dari Malang

Meski begitu, dia mengaku punya rencana untuk masa depan. Turbin air dipasang sebagai bagian dari rencana pengembangan pariwisata Kaliku.

“Kami melakukan pengembangan secara bertahap. Karena untuk memproduksi turbin seperti ini butuh biaya hingga sepuluh juta rupiah,” ujarnya.

BACA JUGA: Komunitas Holy Skateboard mengungkapkan bahwa pandangan orang telah berubah

Sebelum semuanya dimulai, Sugeng mengakui pemanfaatan sungai sebagai energi listrik alternatif tidaklah mulus. Masyarakat menghadapi beberapa kendala, salah satunya adalah kesadaran dan dukungan masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari GenPI.co di Google News

Source: jatim.genpi.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button