Gibran: Taman Pracima Sudah Lengkap dan Siap Jadi Destinasi Wisata Baru di Solo - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Gibran: Taman Pracima Sudah Lengkap dan Siap Jadi Destinasi Wisata Baru di Solo – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Taman Pracima atau Pracima Tuin di Candi Mangkunegaran Solo. Foto diambil pada Selasa (12/6/2022). (Solopos/Putut Hartanto)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan proyek pembangunan Taman Pracima atau Pracima Tuin di kompleks candi Mangkunegaran telah rampung. Taman Pracima siap menjadi tujuan wisata baru.

Rencananya, Pracima Park akan dibuka untuk umum pada 21 Januari 2023. Taman yang dibangun di atas lahan bekas lapangan tenis di sebelah barat daya Kompleks Candi Mangkunegaran ini direncanakan menjadi destinasi wisata heritage di Kota Solo.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Taman Pracima menawarkan sensasi seni, budaya, dan kuliner. Nantinya, taman yang dikelilingi bangunan dengan konsep akulturasi Jawa dan Eropa ini akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau (RTH).

“Sudah jadi [pengerjaan pembangunan Taman Pracima]. Tunggu nanti 21 Januari 2023,” kata Gibran usai panggilan pengamanan Operasi Lilin Candi 2022 di Mapolres Solo, Kamis (22/12/2022).

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu mengatakan, Taman Pracima di Kompleks Candi Mangkunegaran akan menjadi destinasi wisata baru bagi warga Kota Solo dan sekitarnya tahun depan.

Baca juga: Muat Liburan di Mangkunegaran Solo, Ada Kelas Menari di Foto Baju Adat Lo

Bangunan-bangunan di Taman Pracima dengan gaya arsitektur Jawa dan Eropa menjadi magnet tersendiri bagi pengunjung. Namun, Gibran enggan membeberkan aturan dan harga tiket pengunjung Taman Pracima.

“Nanti, ya, nanti. Kanjeng Gusti bisa menyampaikan itu [KGPAA Mangkunagoro X]. Aturan utamanya adalah membayar restoran,” katanya.

Makan malam kerajaan

Pembangunan Taman Pracima di Candi Mangkunegaran merupakan salah satu proyek prioritas di Kota Solo. Kini Pracima Park siap menyambut masyarakat sebagai ruang publik dan sebagai wadah pengembangan seni dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Solo.

Baca Juga: Bikin Penasaran, Buku Wali Kota Gibran, Karbitan Besok Diterbitkan di Taman Pracima

Ada tiga bangunan di kawasan taman yaitu Pracimasana, Pracimaloka dan Pracimawisik. Pracimaloka berada di sisi barat dan Pracimawisik di sisi timur taman. Sedangkan Pracimasana merupakan bangunan utama taman yang terletak di tengah taman.

Sebelumnya, KGPAA Mangkunagoro X mengumumkan soft opening Pracima Park akan dilaksanakan pada 21 Januari 2023. Nantinya akan ada restoran yang menawarkan berbagai menu kuliner khas Mangkunegaran.

Pengunjung Taman Pracima dapat mencicipi kuliner khas Mangkunegaran saat sarapan atau makan malam kerajaan di Kompleks Candi Mangkunegaran Solo. Jamuan Makan Kerajaan Jawa merupakan salah satu paket wisata yang menarik bagi pengunjung.

Baca Juga: Seru! Pasar malam kembali hadir di Ngarsapura Solo pada malam tahun baru 2023

Terkait aturan pengunjung dan harga, KGPAA Mangkunagoro X mengatakan masih dalam tahap pembahasan. “Ini perlahan-lahan terbuka untuk umum dari sini. Saya berharap para pengunjung mendapatkan pengalaman yang positif dan menyenangkan,” ujarnya.

Mangkunagoro X menambahkan, Taman Pracima akan dibuka setiap hari. “Sistemnya seperti apa, tarifnya bagaimana,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button