Kalau jalan-jalan ke Solo, jangan lupa mampir ke 5 tempat ini ya - WisataHits
Jawa Tengah

Kalau jalan-jalan ke Solo, jangan lupa mampir ke 5 tempat ini ya

2. Benteng Vastenbrug

Benteng Vastenburg adalah bangunan bersejarah dari zaman Belanda. Tempat wisata yang buka setiap hari ini masih berdiri kokoh meski dibangun pada tahun 1745.

Akhirnya, pada 2010, benteng itu dinyatakan sebagai situs cagar budaya dan diperbaiki. Bentuk Benteng Vastenburg adalah persegi dengan dinding bata setinggi enam meter dan sebuah bastion.

Di sekitar tembok benteng terdapat parit dalam yang dihubungkan dengan gerbang dengan jembatan gantung. Namun, jembatan itu sekarang sudah tidak ada dan hanya tersisa parit dangkal.

Ada lapangan yang cukup luas di Benteng Vastenburg yang dulunya digunakan sebagai lokasi apel bendera atau persiapan pasukan. Lokasi lanskap Vastenburg berada di Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta.

3. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan kompleks taman yang menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah Kota Solo. Pembangunan Taman Sriwedari dimulai pada tahun 1899.

Awalnya lokasi Taman Sriwedari adalah taman kota, yang kemudian menjadi tempat rekreasi pada tahun 1901. Taman Sriwedari dibangun di atas tanah yang dibeli oleh Pakubuwono IX dan diberikan kepada Putra Mahkota Pakubuwono X.

Properti yang sekarang menjadi Taman Sriwedari ini awalnya milik seorang Belanda bernama Johannes Busselarr. Sejak tahun 1905 hingga 1917, Taman Sriwedari mengalami serangkaian pemugaran dan perubahan fungsi.

Terdapat sejumlah bangunan wisata di Taman Sriwedari, di antaranya Museum Radya Pustaka, Gedung Wayang Orang, kebun binatang mini, dan rumah wayang kulit. Taman Sriwedari, dahulu bernama Taman Raja, terletak di Jalan Slamet Riyadi, Nomor 275, Kecamatan Laweyan, Kota Surakarta.

Source: www.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button